Dampak Pemanfaatan Laptop sebagai Media Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa

- Editor

Sabtu, 18 Juni 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Media pembelajaran– Pendidikan menjadi bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Manusia memerlukan pendidikan untuk mengembangkan diri dan memberi arah hidup yang tepat. Pendidikan yang tepat dapat melahirkan individu yang memiliki kemampuan, mental yang kuat, dan karakter yang baik. Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan.

Laptop dapat digunakan untuk mencari sumber belajar lain untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Prestasi mahasiswa dicapai dengan media pembelajaran yang efektif dan metode yang tepat. Media pembelajaran dapat memengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Beberapa temuan menyatakan laptop dapat mendukung pembelajaran yang lebih menyenangkan seperti menggunakan audio untuk mata kuliah Bahasa Inggris sehingga lebih mudah dipahami (Ratminingsih, 2016). Selain itu penggunaan laptop juga memungkinkan penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran yang lebih interaktif dan dapat membantu memahami konsep abstrak (Mustaqim, 2016).

Jika ditinjau melalui prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi tanpa menggunakan laptop terlihat bahwa IPK terendah yang dicapai adalah 2,25 dan IPK tertinggi 3.81. Ketika mahasiswa menggunakan laptop dengan sangat aktif mendapatkan IPK tertinggi 3,61 dan IPK terendah 3,11. Hal ini menunjukan bahwa tingkat keaktifan pemanfaatan laptop yang tinggi membuat IPK rata-rata tinggi dibanding dengan yang tidak aktif dalam pemanfaatan laptop.

Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media laptop terhadap prestasi belajar mahasiswa. Untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, perlu dilakukan dengan melengkapi sarana yang dimiliki oleh mahasiswa berupa laptop. Mahasiswa yang tidak memiliki laptop tentu akan pergi rental (sewa) ke warung internet. Pada saat di warung internet, mahasiswa akan antri, atau mendapatkan komputer yang tidak representatif. Bisa jadi komputer yang ada mayoritas sudah terinveksi dengan virus. Hal ini menyebabkan keamanan data mahasiswa menjadi berkurang. Manakala data mahasiswa terinveksi virus, besar kemungkinan mahasiswa akan frustrasi dan stress karena harus membuat file tugas baru dengan cara mengetik ulang. Hal itulah yang menyebabkan konsentrasi belajar mahasiswa menjadi terganggu, sehingga prestasi belajarnya menurun. Prestasi belajar menurun disebabkan karena mahasiswa hingga larut malam berada di warung internet, kondisi itulah yang menyebabkan kondisi kesehatan mahasiswa menjadi menurun, dan bahkan bisa terserang berbagai penyakit. Jika kondisi mahasiswa sakit, maka mahasiswa tidak akan mampu belajar dengan baik, sehingga prestasi belajarnya menurun. Apabila warung internet ramai, maka mahasiswa harus antri (menunggu) ada komputer yang siap untuk digunakan. Waktu menunggu yang tidak menentu sampai mendapat antrian komputer, hal ini akan menyebabkan waktu mahasiswa terbuang habis. Hal ini juga menyebabkan waktu belajar mahasiswa berkurang, sehingga prestasi belajar mereka menurun.

Lain halnya mahasiswa yang memiliki komputer, akan dengan cepat mengerjakan seluruh tugas dari dosen dengan baik. Banyak waktu tersisa yang bisa digunakan untuk belajar. Hal itulah yang menyebabkan prestasi belajar mahasiswa yang mempunyai komputer jauh lebih baik dibandingkan mahasiswa yang tidak mempunyai komputer.

Ketika sarana yang melingkupinya lengkap, maka prestasi belajar siswa akan naik, dan sebaliknya, Ketika sarana belajar siswa kurang, maka prestasi belajarnya juga akan berkurang. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, perlu dukungan dari sarana dan prasaranya yang dimilikinya. Prestasi mahasiswa dicapai dengan media pembelajaran yang efektif dan metode yang tepat (Fakhrurrazi, 2018). Media pembelajaran dapat memengaruhi prestasi belajar mahasiswa (Suprianto et al., 2018).

Berdasarkan pembahasan, laptop mampu mempercepat proses pengerjaan tugas, mampu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam mengerjakan tugas, mempersingkat proses pengerjaan tugas dari dosen, serta mampu meningkatkan kualitas hasil pengerjaan tugas, dan mampu meningkatkan prestasi hasil belajar mahasiswa. Media laptop dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Mahasiswa yang tidak mempunyai laptop akan menurun prestasi belajarnya karena waktu belajar mereka tersita untuk pergi ke tempat rental, menunggu giliran hingga mendapatkan komputer yang siap digunakan, dan waktu banyak terbuang karena tingkat kecepatan komputer di tempat sewa mayoritas lambat.

Bergabunglah bersama dengan menjadi member e-Guru.id untuk meningkatkan skill dan pengetahuan Anda agar menjadi pendidik yang hebat dan dapatkan berbagai macam pelatihan gratis dan bonus lainnya. Daftarkan diri Anda sekarang juga!

07. (revisi2) MATEMATIKA ASIK Super Mudah Menemukan Jawaban Soal Pilihan Ganda _ Essai-02

 

Penulis : WDS

Berita Terkait

Saran Kemendikbud soal Pelatihan di PMM: Daripada Menjadi Beban Administratif, Lebih Baik Pilih yang Cocok
5 Pilihan untuk Memudahkan Membuat Bahan Ajar dengan Bantuan AI
Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK
Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini
Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024
Tampilan LMS PPG Daljab dan Modul PPG Daljab 2024 Bagi yang Diundang sebagai Peserta 
Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan
Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024
Berita ini 150 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 29 Mei 2024 - 02:34 WIB

Saran Kemendikbud soal Pelatihan di PMM: Daripada Menjadi Beban Administratif, Lebih Baik Pilih yang Cocok

Rabu, 29 Mei 2024 - 01:49 WIB

5 Pilihan untuk Memudahkan Membuat Bahan Ajar dengan Bantuan AI

Senin, 27 Mei 2024 - 17:53 WIB

Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK

Senin, 27 Mei 2024 - 10:54 WIB

Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini

Senin, 27 Mei 2024 - 10:52 WIB

Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024

Senin, 27 Mei 2024 - 09:27 WIB

Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:19 WIB

Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Berita Terbaru

Keluarga Besar SD Negeri 001 Tanjung Perepat, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1444 H / 2023.

News

Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK

Senin, 27 Mei 2024 - 17:53 WIB