Daftar Sekarang Juga! Diklat Gratis 32 JP “Guru Bisa Menulis, Naik Pangkat Jadi Mudah” Disini

- Editor

Minggu, 20 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Diklat Gratis 32JP– Menjadi seorang guru PNS merupakan sebuah karir yang menjadi idaman bagi banyak guru dan calon guru. Dengan menyandang status sebagai guru PNS kesejahteraan dan jaminan hari tua tidak lagi yang harus dikhawatirkan.

Akan tetapi jabatan seorang guru PNS memilki adanya jenjang pangkat dan golongan maka dari itu setiap guru yang sudah menjadi PNS pasti menginginkan untuk naik pangkat dan juga golongan. Kenaikan pangkat dan golongan guru PNS merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan prestasi sekaligus kesejahteraan guru.

Hal utama yang diinginkan oleh seorang guru agar dapat naik pangkat adalah karena gaji dan tunjangan yang diterima oleh guru yang berstatus PNS didasarkan pada pangkat dan jabatannya. Semakin tinggi golongan guru PNS semakin besar gaji pokok dan tunjangan yang diperoleh.

Untuk menaikkan pangkat guru ada berbagai persyaratan dan serangkaian prosedur yang harus dipenuhi. Syarat dan prosedur itu sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar guru dapat naik pangkat salah satunya yakni dengan menulis. Menulis dapat mempermudah untuk naik pangkat karena dengan menulis guru bisa mendapatkan pelatihan untuk menunjang skll dan sertifikat untuk mendapatkan angka kredit yang dapat digunakan untuk kenaikan pangkat.

Diklat gratis 32JP “Guru Bisa Menulis, Naik Pangkat Jadi Mudah” yang diselenggarakan oleh media pers naikpangkat.com merupakan sebuah solusi bagi guru yang ingin mendapatkan ilmu serta sertifikat kredit 32JP. Diklat ini diselenggarakan pada tanggal 28-31 Maret 2022 Pukul 19.30 WIB.

Menulis meruapakan sebuah cara untuk mengasah kemampuan linguistik, menambah wawasan serta menambah poin tersendiri bagi kenaikan pangkat guru. Untuk mewujudkan keinginan menulis tersebut tidaklah mudah perlu waktu dan proses agar dapat berkembang dengan baik.

Sebagai sebuah keterampilan kemampuan menulis seseorang berada pada tingkat paling tinggi dari kemampuan berbahasa. Maka dari itu tidak semua orang berbakat untuk menulis.

Akan tetapi sebagai sebuah keterampilan kemampuan menulis dapat dilatih sehingga setiap guru baru akan dijadikan sebagai guru yang berkualitas apabila guru tersebut sudah pernah menulis.

Berbagai hal yang menjadi kendala bagi guru dalam menulis yaitu keterbatasan kemampuan menulis dan berkurangnya kesempatan untuk menulis. Ada dua fungsi menulis bagi guru yakni

Pertama fungsi pengembangan yakni sebagai seorang guru kegiatan menulis berfungsi sebagai sarana pengembangan materi pembelajaran karena guru wajib untuk membuat diktat pelajaran ataupun bahan ajar.

Dengan membuat bahan ajar tersebut materi pembelajaran yang akan disampaikan dapat diperluas tidak hanya sekadar apa yang ada pada buku sumber akan tetapi disesuaikan dengan materi yang bersifat kontekstual yang disesuaikan dengan pengalaman keseharian siswa sehingga materi pembelajaran menjadi dekat dengan kehidupan siswa.

Selain fungsi pengembangan materi pelajaran fungsi menulis bagi guru yakni digunakan sebagai unsur kegiatan pengembangan profesi yang berarti guru yang melakukan kegiatan menulis tidak akan mengalami kendala ketika akan mengajukan kenaikan pangkat.

Jenis tulisan yang dapat dibuat guru dalam kegiatan menulis diantaranya menulis artikel ilmiah populer yang dapat diterbitkan di media massa, membuat diktat pembelajaran dan bahan ajar, membuat makalah ilmiah yang diterbitkan pada jurnal atau buletin, membuat penelitian tindakan kelas (PTK) yang dapat didokumentasikan oleh sekolah.

Kedua fungsi intelektualitas yakni kegiatan menulis dapat menjadi media untuk menuangkan ide atau gagasan tentang suatu pokok permasalahan. Melalui kegiatan menulis  guru dapat menunjukkan kreatifitas serta kemampuan berpikirnya terhadap sebuah permasalahan serta kemampuan dalam memecahkan permasalahan sesuai dengan fungsi dan tugasnya pada lembaga pendidikan.

Selain kedua fungsi tersebut ada berbagai manfaat menulis bagi guru yaitu:

Pertama dapat menyampaikan ide dan gagasan bermanfaat yakni fungsi menulis bagi guru pertama yakni guru dapat menyampaikan ide dan gagasannya kepada orang lain dalam waktu singkat dan praktis. Ide serta gagasan tersebut bertujuan untuk memberikan manfaat dan mempengaruhi pola pikir orang lain yang positif.

Kedua mengasah serta mempertajam daya ingat guru yakni apabila guru telah menulis dan mempublikasikannya melalui media tertentu membuat daya pikir dan daya ingat guru menjadi lebih tajam.

Hal tersebut dapat menguntungkan bagi guru untuk mengajar siswanya di ruang kelas. Pengetahuan dan wawasan guru akan menjadi lebih luas sehingga mempengaruhi cara guru mengajar agar lebih lancar dan luwes.

Ketiga mempermudah proses kegiatan penelitian yakni guru merupakan seorang peneliti terutama peneliti internal yang berkaitan dengan tugas keguruan. Penelitian yang dapat dilakukan oleh guru dikenal dengan penelitian tindakan kelas (PTK).

Penelitian ini perlu didokumentasikan dalam bentuk makalah serta laporan kegiatan ilmiah lainnya. Dengan kebiasaan menulis tersebut guru akan mudah melakukan kegiatan PTK dan menulis laporannya.

Keempat menjadi syarat untuk mendapatkan angka kredit yang dapat digunakan untuk kenaikan pangkat yakni apabila tulisan guru dipublikasikan melalui media cetak (surat kabar, majalah, tabloid, dan lain-lain) maka tulisan tersebut akan memberikan nilai kredit yang dapat digunakan sebagai syarat untuk kenaikan pangkat..

Kelima dapat mendapatkan kepuasan batin yakni guru yang sudah menulis dan dapat mempublikasikannya melalui media akan mendapatkan kepuasan batin tersendiri yang mana guru tersebut akan mendapatkan nilai aktualisasi diri, kebanggaan serta rasa kepercayaan diri yang tinggi.

Karya tulis yang dibuat oleh guru tersebut akan menjadi dokumen tertulis yang akan dijadikan sebagai sebuah bukti fisik atas kelayakan intelektualitas guru. Apabila dokumen tersebut dibaca oleh orang lain dalam hal ini siswa, rekan sesama guru, kepala sekolah dan sebagainya maka akan menjadi sebuah investasi bagi guru untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Sebagai pendidik guru dapat memilih berbagai jenis tulisan atau artikel yang dapat digunakan sebagai karya tulis serta syarat agar dapat memenuhi angka kredit dari unsur kegiatan pengembangan profesi.

Karya ilmiah tersebut tidak hanya sekedar ditulis menjadi dokumen pribadi tetapi juga harus disebarkan melalui media massa seperti surat kabar, majalah, tabloid, jurnal dan sebagainya.

Maka dari itu diklat gratis 32JP “Guru Bisa Menulis, Naik Pangkat Jadi Mudah” yang diselenggarakan oleh media pers naikpangkat.com menjadi sebuah solusi bagi guru yang ingin mendapatkan ilmu serta sertifikat kredit 32JP. Diklat ini 100% gratis tanpa biaya pendaftaran.

Diklat ini menghadirkan pemateri spesial yaitu Moh.Haris Suhud, S.S yang merupakan pimpinan redaksi media pers Naikpangkat.com.

Fasilitas yang diberikan pada diklat gratis 32JP “Guru Bisa Menulis, Naik Pangkat Jadi Mudah” ini yakni sertifikat bernama 32JP, Materi Diklat, Undangan dan Rekap Daftar Hadir, Akses Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube.

Adapun syarat pendaftaran dari diklat ini yaitu:

1️. Join Channel Telegram Belajar Era Digital https://t.me/belajareradigital

2️. Join Channel Telegram Naikpangkat.com https://t.me/naikpangkatdotcom

3️. Subscribe Channel Youtube Belajar Era Digital https://www.youtube.com/c/BelajarEraDigital

4️. Share ke 3 grup WA/Telegram

5️. Mengisi link pendaftaran:

https://bit.ly/DiklatGuruMenulis

6️. Gabung grup untuk informasi pelaksanaan diklat:

https://t.me/freediklatartikelpopuler

Untuk informasi lebih lanjut hubungi 085865988163 (Lawu)

Berita Terkait

Siapkan Dirimu, Indonesia IoT Career Fair 2024 by Indobot Academy akan Hadir Kembali
Tips Mengisi Esai PPG Prajabatan 2024: Contoh Soal dan Jawabannya
Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran
Khusus Guru Informasi baik Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi, Jangan Lewatkan Agenda Penting Ini Tanggal 16 April
Semua Guru Tanpa Terkecuali Wajib Bersiap pada 21 Maret 2024, Ada Agenda Kemdikbud!
Wajib Dicatat, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Diberikan Kesempatan Hanya Sampai Tanggal 18 Maret 
Batas Hanya Sampai 8 Februari, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Jangan Sampai Terlewat!
Mewujudkan Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah: Bergabunglah dengan e-Guru.id Diklat Nasional!
Berita ini 11 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 5 Juni 2024 - 14:56 WIB

Siapkan Dirimu, Indonesia IoT Career Fair 2024 by Indobot Academy akan Hadir Kembali

Kamis, 30 Mei 2024 - 18:07 WIB

Tips Mengisi Esai PPG Prajabatan 2024: Contoh Soal dan Jawabannya

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Sabtu, 13 April 2024 - 17:50 WIB

Khusus Guru Informasi baik Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi, Jangan Lewatkan Agenda Penting Ini Tanggal 16 April

Sabtu, 16 Maret 2024 - 12:21 WIB

Semua Guru Tanpa Terkecuali Wajib Bersiap pada 21 Maret 2024, Ada Agenda Kemdikbud!

Jumat, 15 Maret 2024 - 10:41 WIB

Wajib Dicatat, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Diberikan Kesempatan Hanya Sampai Tanggal 18 Maret 

Senin, 5 Februari 2024 - 10:25 WIB

Batas Hanya Sampai 8 Februari, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Jangan Sampai Terlewat!

Sabtu, 3 Februari 2024 - 11:36 WIB

Mewujudkan Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah: Bergabunglah dengan e-Guru.id Diklat Nasional!

Berita Terbaru