Contoh Format Karya Inovatif Guru di Bidang Karya Seni untuk Kenaikan Pangkat

- Editor

Senin, 8 November 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Karya Inovatif Guru – Sesuai dengan amanat PermenPAN RB Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, proses Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan  (PKB) menjadi unsur utama  dalam pemberian angka kredit guru untuk bisa mendapatkan kenaikan pangkat. 


Kegiatan pengembangan keprofesian bagi guru ini terdapat tiga jenis yakni: (1) Pengembangan Diri, (2) Publikasi Ilmiah, serta (3) Karya Inovatif. 


Dalam artikel berikut ini akan dijelaskan tentang pengembangan profesi guru melalui karya inovatif guru.


Karya inovatif memiliki pengertian sebuah karya yang bersifat pengembangan, modifikasi atau bisa juga berupa penemuan baru. Karya inovatif juga menjadi sumbangsih guru khususnya dalam kualitas pembelajaran di sekolah yang bentuknya bisa berupa ilmu pengetahuan, teknologi maupun seni. 


Karya inovatif memang berbeda dengan dua jenis pengembangan diri lainnya karena karya inovatif lebih menitikberatkan pada material atau benda. Sedangkan jenis lampiran yang digunakan pada karya inovatif bisa berupa foto dokumentasi, video, dan penjelasan.

Menciptakan Karya Inovatif di Bidang Seni

Karya seni merupakan hasil budaya dari proses cipta, rasa dan karsa manusia yang merefleksikan nilai-nilai dan gagasan manusia yang diekspresikan secara estetika dalam berbagai medium seperti rupa, gerak, bunyi, serta kata yang memberikan makna dan manfaat pendidikan bagi individu dan masyarakatnya di sekitarnya.


Karya seni yang diakui oleh publik merupakan karya seni yang ditampilkan atau dipublikasikan kepada masyarakat umum.

Kaitannya untuk penilaian angka kredit, hasil karya seni bisa berupa sastra (cerpen, novel, antologi puisi,  seni teater), seni rupa (lukisan, gerabah, pahat), desain grafis (poster, banner, fotografi), dan seni musik.


Karya seni juga bisa merupakan hasil dari karya seni individual yang diciptakan oleh perorangan, misalnya; seni lukis dan seni sastra serta karya seni yang bersifat kolektif yang dibuat secara bersama-sama seperti seni teater.

Laporan Karya Seni untuk Kenaikan Pangkat Guru PNS


Karya seni yang hendak dijadikan sebagai lampiran untuk memperoleh angka kredit wajib dilampirkan dengan portofolio. Berikut format isi laporan portofolio dalam penyampaian karya seni: 

  • Sampul depan portofolio : berisi judul, nama pencipta karya seni, NIP, serta nama sekolah.
  • Kata pengantar dari pencipta karya seni.
  • Daftar isi.
  • Pendahuluan (menjelaskan tentang latar belakang penciptaan karya seni serta tujuan dari karya seni). Dilanjurtkan bagian kedua (menjelasan proses kreatif dan juga menjelaskan tentang bahan yang digunakan, alat penunjang, ukuran, lama proses pengerjaan, dan deskripsi dari sebelum pembuatan sampai selesai pembuatan karya kreatif dengan melampirkan dokumentasi foto, dan penjelasan tentang kegiatan publikasi atau pertunjukan disertai katalog. Dan bagian terakhir adalah penutup.
  • Referensi atau Daftar Pustaka (jika ada)
  • Lampiran:
    a.       Biodata singkat dari pencipta karya seni
    b.      Surat pernyataan dari kepala sekolah tentang keaslian kepemilikan karya seni sebagai tanda jika hasil karya seni itu belum pernah diajukan untuk kenaikan pangkat sebelumnya
    c.       Bukti rekomendasi misalnya dari dewan kesenian daerah atau organisasi profesi yang terkait dengan kesenian yang memiliki hubungan secara langsung dengan hasil karya seni yang dibuat
    d.      Bukti lain atau bukti pendukung, misalnya dokumen dari media massa cetak, bukti penghargaan dalam memenangkan lomba karya seni, dan lainnya.

Bukti Fisik dan Besaran Angka Kredit Karya Seni

Karya seni yang bukti fisiknya harus dilampirkan wajib disertai dengan bukti tertulis yang terdiri dari: (a) keterangan identitas pencipta disahkan oleh kepala sekolah, (b) kebenaran kesahihan dan kepemilikan asli dari karya seni yang belum pernah diajukan untuk angka kredit sebelumnya dari kepala sekolah, dan (c) telah dipamerkan atau dipublikasikan atau berhasil memenangkan suatu perlombaan baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional.

Sedangkan untuk karya seni yang fisiknya tidak dapat dilampirkan langsung dilakukan dalam bentuk naskah lengkap deskripsi dari hasil karya seni yang berbentuk Laporan Portofolio Hasil Penciptaan Karya Seni. Laporan tersebut diketik di kertas jenis HVS 80 gram berukuran kuarto serta diproses jilid dengan menggunakan sampul berwarna putih.


Bukti formal yang perlu dilampirkan dalam Laporan Portofolio Penciptaan Karya Seni adalah bukti tertulis tentang kepemilikan, keaslian, dan belum pernah diusulkan untuk kenaikan pangkat sebelumnya dari kepala sekolah/madrasah.


Karya inovatif dibuat tidak sekadar untuk mendapatkan angka kredit kenaikan pangkat/jabatan guru, tetapi juga bermanfaat bagi kemajuan pendidikan dan atau masyarakat. Oleh karena itu, guru yang mau dan mampu menciptakan karya inovatif akan memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan peserta didiknya, sekolah, dunia pendidikan, dan juga masyarakat luas.

 

Ayo, temukan seminar atau diklat tentang kenaikan pangkat guru PNS secara gratis dengan cara menjadi anggota e-Guru.id. Klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

Berita Terkait

Pengumuman Resmi Ditjen GTK, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi di Semua Jenjang Jangan Lewatkan 28 Februari 2024
BKN Bersama KemenPANRB dan LAN Bahas Aturan Baru, Berikut Isi Pembahasannya!
BKN Luncurkan 2 Fitur Baru, Berikut Sederet Manfaatnya bagi Guru
Terbaru, Keterangan Dirjen GTK Terkait Pengelolaan Kinerja dan Tantangan Guru
Ternyata Masih Banyak Guru dan Kepala Sekolah Belum Pernah Cek Data Penting Ini!, Simak Selengkapnya
Gaji Guru dan Pensiunan Naik, BKN Sosialisasikan Peraturan BKN Tahun 2024
Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024
MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah
Berita ini 673 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 11:08 WIB

Pengumuman Resmi Ditjen GTK, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi di Semua Jenjang Jangan Lewatkan 28 Februari 2024

Selasa, 27 Februari 2024 - 10:25 WIB

BKN Bersama KemenPANRB dan LAN Bahas Aturan Baru, Berikut Isi Pembahasannya!

Senin, 26 Februari 2024 - 11:39 WIB

BKN Luncurkan 2 Fitur Baru, Berikut Sederet Manfaatnya bagi Guru

Senin, 26 Februari 2024 - 11:26 WIB

Terbaru, Keterangan Dirjen GTK Terkait Pengelolaan Kinerja dan Tantangan Guru

Senin, 26 Februari 2024 - 10:50 WIB

Ternyata Masih Banyak Guru dan Kepala Sekolah Belum Pernah Cek Data Penting Ini!, Simak Selengkapnya

Sabtu, 24 Februari 2024 - 11:32 WIB

Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 10:43 WIB

MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah

Jumat, 23 Februari 2024 - 17:02 WIB

PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?

Berita Terbaru