- Khan Academy Kids
Game ini bertema game aktivitas dan kegiatan interaktif. Ditujukan khusus untuk anak balita, pra sekolah dan taman kanak-kanak dengan konsep permainan yang sederhana, inetraktif, namun bermakna dengan mengusung konsep cerita dan aktivitas keseharian.
Selain bisa dimainkan secara online melalui platform mobile, guru juga bisa mengatur mode game ini untuk dimainkan secara offline dan bahkan bisa juga untuk dicetak sehingga dapat dijadikan portfolio hasil belajar siswa.
Guru bisa mengatur jadwal pembelajaran untuk siswanya dan mengorganisasikan pembelajaran jarak jauh dengan tool yang tersedia secara efektif.
- Baamboozle
Merupakan game edukasi berbasis web aplikasi yang menyediakan beragam game interaktif dan menarik. Keuntungan game ini adalah siswa tidak perlu melakukan registrasi dahulu untuk memainkan game nya.
Untuk guru, apabila ingin membuat game sendiri dapat melakukan registrasi terlebih dahulu dan kemudian dapat berkreasi sesuai kreatifitas. Guru dapat membuat game untuk satu sampai beberapa tim dan mengatur jumlah dan aturan game lainnnya, setelah itu guru dapat membagikan tautan game yang dibuat ke grup kelas.
Contoh Permainan yang dapat Diterapkan Guru untuk Menyampaikan Materi
- Buka Kartu
Permainan ini dapat dilakukan dengan cara menuliskan pertanyaan pematik atau clue terkait materi yang akan diajarkan pada sebuah kartu. Kemudian siswa duduk melingkar, setiap siswa bergiliran mengocok dan mengambil satu kartu lalu menjawab pertanyaan atau mendemonstrasikan apa yang mereka ketahui terkait clue yang tertulis pada kartu.
Guru dapat menambahkan jawaban siswa terkait materi untuk memperdalam pengetahuan dan pemahaman siswa.
- Benda Berirama
Benda yang digunakan bisa berupa gumpalan kertas dan sebagainya, kemudian benda akan diputarkan dengan diiringi lagu. Benda dioper ke setiap siswa dan berhenti pada saat lagu juga berhenti. Siswa yang mendapati benda saat lagu terhenti akan diberi tebak-tebakan.
Dalam permainan ini guru dapat menerapkan reward dan punishment pada siswa supaya permainan lebih menantang dan berkesan.
- Sambung Cerita
Permainan ini dapat diterapkan pada mata pelajaran Sastra, dimana siswa akan duduk membentuk lingkaran. Guru menyiapkan sebuah gambar terkait materi atau satu kosa kata yang kemudian akan dikembangkan siswa melalui sebuah cerita atau deskripsi singkat menggunakan bahasa sesuai mata pelajaran.
Misalnya, apabila permainan dimainkan untuk menunjang pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris, maka siswa dapat bercerita atau menjelaskan dengan menggunakan Bahasa Inggris.
Guru dapat menunjuk siswa pertama yang akan membuat cerita pertama dan selanjutnya siswa yang telah menyelesaikan ceritanya dapat menunjuk teman lainnya untuk melanjutkan permainan.
Game ini dapat meningkatkan imajinasi serta melatih kolaborasi antar teman untuk menciptakan cerita utuh dan logis.
Demikian informasi mengenai metode pembelajaran berbasis game yang dapat diterapkan guru untuk mewujudkan kelas interaktif khususnya dalam Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!
(AZL/AZL)