Cara Mudah Menggunakan Fitur Pengembangan Guru Pada Platform Merdeka Mengajar

- Editor

Selasa, 22 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Platform Merdeka Mengajar merupakan sebuah platform teknologi yang telah dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk mendukung penyelenggaraan satuan pendidikan dalam melakukan proses pembelajaran dan pengembangan kapasitas guru serta tenaga kependidikan.

Platform Merdeka Mengajar tersebut dapat digunakan oleh guru pada seluruh satuan pendidikan di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama yang sudah memiliki akun pembelajaran yang sudah diaktifkan.

Maka dari itu baik Tenaga Pendidikan maupun Dinas Pendidikan perlu memastikan agar memiliki Akun Pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar.

Selain itu Platform Merdeka Mengajar terdiri dari 4 (empat) fitur, fitur tersebut bertujuan untuk memberikan manfaat kepada penggunanya yang terdiri dari:

1. Perangkat Ajar

Perangkat Ajar merupakan sebuah kumpulan bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks. Fungsi dari Perangkat Ajar ini yakni agar guru dapat dengan mudah menemukan inspirasi materi pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Selain itu Perangkat Ajar ini juga dapat digunakan untuk:

1. Mengunduh perangkat ajar ke ponsel

2. Membagikan tautan Perangkat Ajar melalui WhatsApp, e-mail, Google Drive dan sebagainya,

3. Dapat memberikan umpan balik apabila diperlukan

4. Mengetahui kualitas dan efektivitas suatu Perangkat Ajar.

5. Dapat menandai modul ajar/Rencana Pelaksanaan Pengajaran pilihan agar dapat mengaksesnya kembali dengan mudah di platform Merdeka Mengajar.

2. Laman Kelas dan Asesmen Peserta Didik

Asesmen peserta didik merupakan sebuah platform yang berisi kumpulan paket soal yang telah dipetakan berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu.

Laman Kelas tersebut berisi daftar peserta didik yang didasarkan pada kelompok kelas tertentu sebagai target distribusi asesmen peserta didik. Melalui platform Asesemen peserta didik tersebut maka guru dapat mengetahui level kompetensi masing-masing peserta didik dan level kompetensi kelas secara keseluruhan.

Dengan mengetahui level kompetensi masing-masing peserta didik maka diharapkan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik dapat tercapai.

Jenis Asesemen peserta didik yang sudah tersedia saat ini yakni literasi dan numerasi. Jenis Asesmen tersebut akan memberikan ruang bagi guru agar dapat mencari asesmen berdasarkan fase dan mata pelajaran yang dapat dibagikan kepada peserta didik baik secara daring (online) maupun luring (offline).

3. Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi.

Pelatihan Mandiri merupakan sebuah bagian dari platform Merdeka Mengajar, platform ini memuat berbagai materi pembelajaran yang dapat digunakan secara mandiri dalam upaya meningkatkan kompetensi guru sebagai pendidik.

Materi pembelajaran yang tersedia pada platform pelatihan mandiri dan video inspirasi ini dibuat secara singkat dan sesuai kebutuhan dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam melakukan pelatihan mandiri di mana saja dan kapan saja.

Dengan menggunakan Video Inspirasi maka guru dapat menonton berbagai video singkat yang dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk mengembangkan kompetensi guru baikdalam aspek profesional maupun personal.

4. Bukti Karya Saya.

Bukti Karya Saya merupakan sebuah wadah dokumentasi karya yang diperuntukkan bagi guru. Karya menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah. Melalui platform Bukti Karya Saya maka guru dapat:

1. Menyimpan serta mengelola rekam jejak dalam melaksanakan tugas utama yang digunakan sebagai penunjang dalam pengembangan diri dan karir.

2. Dapat berbagi karya dengan rekan sejawat untuk mendapat umpan balik agar dapat saling belajar praktik yang baik serta bertukar ide atau pikiran.

Agar dapat menggunakan platform Merdeka Mengajar dengan benar maka ada berbagai langkah dan tata cara untuk mengakses dan menggunakan Platform Merdeka Mengajar yakni sebagai berikut:

1. Langkah pertama yakni untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar maka dapat dilakukan dengan mengakses melalui laman Website: https://guru.kemdikbud.go.id/, atau Aplikasi ponsel pintar (smartphone) berbasis Android melalui laman https://bit.ly/platformmerdekamengajar.

2. Langkah kedua yakni silahkan login ke platform Merdeka Mengajar yang dapat dilakukan dengan menggunakan akun pembelajaran. Untuk itu pastikan Tenaga Pendidikan dan Dinas Pendidikan sudah mengaktifkan akun pembelajaran yang digunakan untuk mengakses platform Merdeka Mengajar.

Selanjutnya, masukkan informasi provinsi, sekolah, kelas, dan mata pelajaran di mana Guru dan Tenaga Pendidikan mengajar. Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan: https://bit.ly/loginPMM.

3. Langkah ketiga yakni gunakan Perangkat Ajar yang diperuntukkan bagi Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan hanya untuk melakukan kegiatan berikut ini:

a.  Mencari modul ajar, buku teks, buku siswa, atau buku guru berdasarkan mata pelajaran dan fase yang diinginkan. Selain itu, guru juga dapat melakukan pencarian lebih spesifik dengan fitur filter.

b. Mengunduh dan menyimpan modul ajar dan buku teks ke dalam memori lokal gawai. Beberapa buku teks yang terunduh akan dilampirkan markah tirta/watermark.

c.  Membuat folder baru yang dapat digunakan guru untuk mengelompokkan Perangkat Ajar berdasarkan kebutuhannya. Perangkat Ajar tersebut dapat diakses lebih cepat dan dikelola ke dalam berbagai jenis folder yang disimpandi dalam platform dengan fitur “menandai”.Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan: https://bit.ly/PerangkatAjarPMM

4. Langkah keempat yakni gunakan Laman Kelas dan Asesmen. Laman ini dapat digunakan oleh tenaga Pendidik di seluruh satuan pendidikan dengan menggunakan produk Laman Kelas untuk melakukan kegiatan sebagai berikut:

a. Melihat daftar kelas dan daftar asesmen yang dapat dibagikan.

b. Menambah kelas baru.

c. Mengubah nama kelas serta menambah atau menghapus data siswa. Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan https://bit.ly/KelasPMM

Selain itu dalam menggunakan produk Asesmen Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakannya untuk kegiatan berikut:

a. Melakukan asesmen diagnostik di awal tahun pembelajaran dengan tujuan agar dapat melakukan perencanaan lebih lanjut untuk metode pembelajaran berikutnya dengan dukungan dan rekomendasi perangkat ajar.

b. Melihat hasil penilaian asesmen dalam bentuk hasil penilaian kelas maupun hasil penilaian individu siswa. Hasil penilaian kelas tersebut mencakup level kompetensi sebagian besar siswa di kelas. Sedangkan hasil penilaian individu siswa akan menampilkan detail analisis tingkat kompetensi siswa.

c. Mendistribusikan asesmen siswa secara daring (online) atau luring (offline) dan melakukan penilaian secara manual untuk jawaban uraian. Penilaian jawaban pilihan ganda akan dilakukan secara otomatis oleh sistem jika distribusi asesmen dilakukan secara daring (online).

5. Langkah kelima yakni menggunakan Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi. Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Pelatihan Mandiri untuk melakukan kegiatan berikut:

a. Mempelajari materi pelatihan dalam bentuk teks, video, kuis dan penulisan refleksi; dan

b. Mengevaluasi hasil pembelajarannya dengan post-test. Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Video Inspirasi untuk mengakses berbagai video inspiratif dengan berbagai topik pembelajaran yang telah dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta para ahli sebagai referensi praktik ajar yang bertujuan untuk mendukung pengembangan kompetensinya.

6. Langkah keenam yakni Menggunakan Bukti Karya Saya yakni Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Bukti Karya Saya untuk melakukan kegiatan berikut:

a. Mengimpor video bukti karya pribadi yang sudah diunggah di YouTube dan platform Merdeka Mengajar.

b. Membagikan video bukti karya pribadi ke rekan guru dan kepala sekolah.

Jika anda berminat ikutilah pelatihan Bersertifikat 32JP “Cara Membuat Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat Dengan Teknik ATASI” yang diselengarakan oleh e-guru.id dengan cara mendaftar pada link di bawah ini

DAFTAR SEKARANG

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour
Update Terbaru 16 Mei: 100 Lebih Pemerintah Daerah Siap Salurkan TPG ke Rekening Guru. Cek Daerahmu…
Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online
Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024
Berita ini 8 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:29 WIB

Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:35 WIB

Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:12 WIB

Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:35 WIB

OJK: Profesi Guru Paling Banyak Lakukan Pinjaman Online

Berita Terbaru

PPG Angkatan 1 Kemenag Resmi Dibuka pada 15 Mei 2023, Kuota untuk 6.300 Guru Madrasah

News

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB