Cara Mudah Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran

- Editor

Jumat, 6 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Mengembangkan motivasi belajar siswa sangat penting dilakukan terutama oleh seorang guru untuk memotivasi belajar siswanya. Akibat dari adanya pandemi covid-19 seperti sekarang ini menuntut para guru untuk dapat memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar terutama dalam pemanfaatan teknologi untuk memberikan motivasi belajar siswa.

Maka dari itu, ketidakcakapan guru dalam menggunakan teknologi dengan baik dan benar dapat mengakibatkan penurunan keaktifan siswa. Penurunan keaktifan belajar siswa tersebut dikhawatirkan dapat menjadikan motivasi belajar siswa menurun.

Sehingga dengan demikian guru harus dapat mengembangkan cara untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Berikut merupakan berbagai macam cara yang dapat digunakan guru untuk memotivasi belajar siswa diantaranya:

1.Meningkatkan kualitas guru

Pertama hal yang harus dilakukan untuk memotivasi belajar siswa yaitu dengan meningkatkan kualitas guru karena guru adalah sosok yang menjadi pioner dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Oleh karena itu, sebagai seorang guru haruslah secara konsisten melakukan peningkatan kualitasnya. Guru tidak hanya perlu meningkatkan kualitas mengajar pada mata pelajaran yang diampu saja tetapi juga dituntut untuk meningkatkan kualitas dalam aspek psikologi siswa.

Hal tersebut sangat penting untuk mewujudkan motivasi belajar siswa. Untuk meningkatkan kualitas guru tersebut maka dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai macam seminar atau pelatihan.

2.Memaksimalkan berbagai fasilitas pembelajaran

Kedua agar dapat membangun motivasi belajar siswa, guru harus dapat memaksimalkan berbagai macam fasilitas belajar yang tersedia. Selain itu, guru juga diharapkan dapat menggunakan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar yang dapat memotivasi belajar siswa.

3. Memilih metode pembelajaran yang tepat

Ketiga guru haruslah pandai untuk memilih metode belajar yang tepat. Pemilihan metode belajar tersebut dapat menjadi tolak ukur apakah siswa merasa jenuh dalam kegiatan belajarnya atau merasa antusias dengan metode yang sudah guru terapkan.

Guru dapat menerapkan metode belajar diskusi secara langsung melalui aplikasi belajar atau membagi siswa dalam beberapa kelompok guna memudahkan siswa dalam memahami materi.

4. Memanfaatkan media pembelajaran

Keempat yakni pemanfaatan media belajar yang menarik dan kreatif dapat menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media pembelajaran yang menarik dan kreatif tersebut dapat meningkatkan fokus siswa dalam belajar. Media pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa yakni berupa video pembelajaran, animasi pembelajaran, e-book dan sebagainya.

5. Gunakanlah metode dan kegiatan yang beragam

Kelima yakni untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru dapat menggunakan metode serta kegiatan pembelajaran yang beragam karena melakukan suatu hal yang sama secara terus menerus dapat membuat kebosanan yang dapat menurunkan semangat belajar siswa.

Kebosanan siswa tersebut akan mengganggu proses pembelajaran. Adanya variasi dari metode dan kegiatan pembelajaran akan membuat siswa dapat berkonsentrasi dan termotivasi.

Kegiatan tersebut dapat berupa pembagian peran, debat, transfer pengetahuan secara singkat, diskusi, simulasi, studi kasus, presentasi dengan audio-visual, kerja kelompok kecil dan sebagainya.

7. Jadikanlah siswa peserta aktif

Ketujuh yakni untuk meningkatkan motivasi belajar siswa salah satunya yakni dengan menjadikan siswa menjadi peserta yang aktif. Sehingga hindari proses pembelajaran yang membuat siswa menjadi peserta pasif di kelas karena dapat menurunkan minat dan mengurangi rasa keingintahuan siswa tersebut.

Gunakanlah metode belajar yang aktif dengan memberikan siswa tugas berupa simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dalam belajar. Misalnya yakni dengan melakukan kegiatan, berkreasi, menulis, berpetualang, mendesain, menciptakan sesuatu dan menyelesaikan suatu masalah.

8. Buatlah tugas yang menantang namun realistis dan sesuai

Kedelapan yakni untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru dapat membuat sebuah proses pembelajaran yang cocok dengan siswa sesuai bakat dan minat mereka sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan menarik karena siswa dapat melihat tujuan dari belajar.

Buatlah tugas yang menantang namun realistis. Realistis yang berar standar tugas cukup berbobot untuk memotivasi siswa dalam menyelesaikan tugas sebaik mungkin, namun tidak terlalu sulit sehingga akan sedikit siswa yang gagal yang berakibat pada turunnya semangat untuk belajar.

9. Ciptakanlah suasana kelas yang kondusif

Kesembilan yakni untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru harus menciptakan sebuah kelas yang aman, tidak mendikte dan cenderung mendukung siswa untuk berusaha dan belajar sesuai minatnya akan menumbuhkan motivasi untuk belajar.

Apabila siswa belajar di suatu kelas yang menghargai dan menghormati siswa serta tidak hanya memandang kemampuan akademis siswa maka siswa akan lebih cenderung terdorong untuk terus mengikuti proses belajar.

10. Memberikan tugas secara proporsional

Kesepuluh yakni untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dapat juga dilakukan dengan memberikan tugas secara proporsional, sehingga guru tidak hanya berorientasi pada nilai dan penguasaan materi saja.

Hal tersebut dikarenakan semua tugas yang dilakukan di kelas dan pekerjaan rumah tidak selalu harus disertakan dengan nilai. Hal tersebut dapat menurunkan semangat siswa yang kurang mampu memenuhi standar sehingga berakibat pada siswa yang bersangkutan yang merasa dirinya gagal.

Maka dari itu, guru hendaknya menggunakan mekanisme nilai sepelunya serta mencoba untuk memberikan komentar atas hasil kerja siswa mulai dari kelebihan dan kekurangan siswa serta apa yang bisa siswa tersebut tingkatkan.

Guru harus memberikan komentar secara jelas dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk memperbaiki tugas mereka apabila mereka merasa belum cukup. Jangan mengandalkan nilai untuk merombak sesuatu yang tidak sesuai dengan diri siswa tersebut.

11. Melibatkan guru untuk membantu siswa mencapai hasil

Kesebelas yakni untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru dapat memberikan arahkan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam proses belajar mengajar, sehingga jangan hanya terpaku pada hasil ujian atau tugas.

Berikanlah bantuan kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran serta terus pantau perkembangan siswa tersebut.

12. Memberikan petunjuk pada para siswa agar sukses dalam belajar

Keduabelas yakni untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru dapat memberikan petunjuk kepada para siswa agar sukses dalam belajar, sehingga jangan biarkan siswa berjuang sendiri dalam belajar. Sampaikanlah kepada siswa apa yang perlu dilakukan serta buatlah siswa yakin bahwa kelak semua siswa bisa sukses serta berikan tips dan kiat-kiat belajar untuk mencapai kesuksesan tersebut.

13. Hindarilah kompetisi antarpribadi

Ketigabelas yakni untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru harus memberikan arahan untuk mengurangi kompetisi antar pribadi karena kompetisi dapat menimbulkan kekhawatiran, yang berdampak buruk bagi proses belajar selain itu, kompetisi juga dapat membuat sebagian siswa bertindak curang.

Sehingga dengan demikian untuk menghindari perilaku buruk tersebut maka kurangilah peluang dan kecendrungan untuk membanding-bandingan antara siswa satu dengan yang lain yang membuat perpecahan diantara para siswa. Ciptakanlah metode mengajar yang mana para siswa bisa saling bekerja sama.

14. Berikan masukan yang baik

Keempatbelas yakni untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru perlu memberikan masukan kepada para siswa dalam mengerjakan tugas belajar. Masukan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang positif dalam memberikan komentar.

Para siswa akan lebih termotivasi terhadap kata-kata positif dibanding ungkapan negatif. Komentar positif tersebut akan membangun kepercayaan diri, sehingga dapat menciptakan situasi dimana guru akan percaya bahwa seorang siswa bisa maju dan sukses di masa datang.

15. Hargailah kesuksesan dan keteladanan

Kelimabelas yakni untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yakni dengan menghindari komentar negatif terhadap kelakuan buruk dan performa rendah yang ditunjukan siswa.

Guru lebih baik memberikan apresiasi bagi siswa yang menunjukan kelakuan dan kinerja yang baik. Ungkapan positif dan dorongan sukses bagi siswa tersebut merupakan penggerak yang sangat berpengaruh dan memberikan aspirasi bagi siswa yang lain untuk berprestasi.

16. Antusias dalam mengajar

Keenambelas yakni untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dapat juga dilakukan dengan melihat antusias seorang guru dalam mengajar yang mana merupakan faktor yang penting untuk menumbuhkan motivasi dalam diri siswa.

Apabila seorang guru terlihat bosan dan kurang antusias maka para siswa akan menunjukkan hal serupa. Upayakan untuk selalu tampil baik, percaya diri dan antusias dalam mengajar.

Menjadi Tenaga Pendidik Yang Dapat Mengembangkan Motivasi Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Merupakan Impian Semua Guru. Agar Dapat Mewujudkannya Diperlukan Adanya Pelatihan Khusus Agar Impian Tersebut Dapat Tercapai. Untuk Mendukung Impian Tersebut e-guru.id Menyelenggarakan Pelatihan 32 JP Dengan Tema ” Pengembangan Motivasi Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran”.

DAFTAR SEKARANG

Penulis : ( EYN)

Berita Terkait

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024
Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024
Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data
Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024
CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024
Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru
Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024
Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025
Berita ini 110 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:09 WIB

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:00 WIB

Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 18:09 WIB

Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:21 WIB

Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:35 WIB

Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:58 WIB

Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:30 WIB

Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:26 WIB

Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024, Lengkap!

Berita Terbaru