Home / News

Selasa, 13 Juli 2021 - 23:10 WIB

Cara Mudah Membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) secara Digital

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran. RPP tersebut ibarat sebuah panduan sebelum guru melakukan pengajaran kepada siswa. Sehingga dengan adanya RPP tersebut proses belajar mengajar akan lebih efisien untuk mencapai target yakni mencapai kompetensi dasar yang diinginkan pada siswa. 

Dalam menyusun sebuah RPP terdapat beberapa hal yang tidak boleh dihilangkan. Bahwa dalam menyusun sebuah RPP tersebut harus terdapat tiga komponen yaitu tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, dan penilaian. Komponen tersebut kemudian dapat dijabarkan ke dalam deskripsi tujuan pembelajaran, kemudian menjelaskan materi-materi yang yang akan disampaikan serta metode yang akan digunakan, dan alokasi waktu dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Selain tiga komponen tersebut sifatnya hanya pelengkap.

Ketika seorang guru membuat RPP sebenarnya tidak ada format baku yang harus diikuti. Namun yang pasti, RPP yang dibuat tersebut harus mencakup faktor-faktor penting yang telah disebutkan di atas. Sebab tujuan dari pembuatan RPP adalah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dibuktikan dengan kompetensi dasar siswa. 

Baca Juga:  Diklat Gratis Bersertifikat 40JP “Menyongsong Kebijakan Kurikulum Baru”

Yang perlu dipahami dalam membuat RPP adalah fungsi dari RPP itu sendiri. Bahwa RPP dibuat adalah untuk menjadikan sebuah pembelajaran menjadi lebih efektif dan terarah. 

Berdasarkan Surat Edaran dari Kemendikbud Nomor 14 Tahun 2019, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekarang dapat dibuat lebih sederhana. Guru tidak perlu membuat RPP yang terlalu rumit. Ketika akan mengajar, guru cukup membuat RPP satu lembar saja. 

Dan untuk lebih memudahkan dalam pembuatan RPP, guru tidak perlu membuat RPP secara manual dengan cara menulis sendiri atau membuat format sendiri. Karena dengan cara itu membutuhkan waktu dan bisa menghabiskan energi.  Apalagi sekarang sudah terdapat sejumlah aplikasi yang memudahkan untuk membuat RPP secara digital. 

Nah, untuk membuat RPP secara online dan dalam bentuk digital, Anda bisa langsung membuatnya menggunakan aplikasi RPP Digital yang disediakan di laman Guru Belajar yang dapat diakses melalui https://addieteam.com. Melalui aplikasi berbasis web tersebut, Anda bisa membuat RPP Digital dengan sangat mudah. 

Baca Juga:  4 Kekurangan Penyelenggaraan Pendidikan di Indonesia Yang Penting Diketahui

Untuk memulainya, Anda tinggal mendaftar pada halaman tersebut menggunakan email yang Anda miliki. Setelah, itu Anda bisa menggunakannya sebagai media untuk membuat RPP Digital. 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat secara digital ini akan memudahkan guru dalam penyusunannya. Sehingga guru tidak perlu banyak waktu untuk membuat RPP pembelajaran, guru tinggal fokus pada materi yang akan diajarkan. 

Meskipun dengan bantuan aplikasi membuat RPP akan jadi lebih mudah, terkadang masih banyak guru yang bingung ketika akan menyusun RPP tersebut. Untuk itu, guru harus mau belajar karena RPP ini sangat penting fungsinya dalam pembelajaran. 

Anda dapat mengikuti pelatihan di atas dengan cara mendaftar melalui link berikut ini: 

http://bit.ly/RPP_DIGITAL 

Untuk info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kontak berikut: 

http://wa.me/628818630112 atau http://wa.me/6287719662338 

Share :

Baca Juga

News

Alur Pengembangan Kurikulum, Hingga Lahirnya Kurikulum Prototipe

News

MenPAN-RB Tetapkan 5 Ketentuan Baru yang Wajib Dipatuhi oleh ASN PNS dan PPPK!
motivasi belajar

News

Penerapan dan Keunggulan Blended Learning dalam Pembelajaran
akm literasi untuk sd

Karya Inovatif

Cara Menerbitkan Buku Ajar Digital di Google Play Book

News

3 Kegiatan Menyenangkan dan Bermanfaat bagi Guru di Masa PPKM

News

Cara Mengakses Dokumen- Dokumen Kurikulum Prototipe

News

Cara Membuat Kelas Online Makin Profesional dengan VMix

News

Mengubah Karya Tulis Ilmiah Menjadi Buku Populer