Home / News

Jumat, 13 Mei 2022 - 08:40 WIB

Cara Membuat Video Pembelajaran Menarik dengan Powtoon

Membuat Video Pembelajaran – Kian berkembangnya teknologi mampu menunjang pelaksanaan pembelajaran dan memudahkan guru untuk membuat media pembelajaran yang menarik.

Salah satu aplikasi pembuat video pembelajaran yakni Powtoon. Dengan aplikasi ini, proses pembuatan video pembelajaran berbasis animasi ini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah dengan hasil yang menarik sekaligus atraktif.

Aplikasi Powtoon dikembangkan oleh Powtoon.inc yang sudah dirilis sejak tahun 2012 lalu. Nama Powtoon sendiri merupakan penggabungan dari kata Powerpoint dan Toon. Di dalam aplikasi ini terdapat berbagai fitur sekaligus animasi yang menarik untuk diolah menjadi sarana penunjang pembelajaran yang menarik.

Powtoon menawarkan banyak keunggulan mulai dari mengelola video pembelajaran, pembuatan media presentasi, infografik hingga mengolah tampilan video pembelajaran dengan memanfaatkan animasi, hingga menyisipkan audio maupun suara khusus untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis baik melalui perangkat komputer maupun melalui perangkat smartphone yang bisa diunduh baik melalui Google Playstore maupun Apple Store.

Sebelum memulai membuat video pembelajaran berbasis animasi dengan aplikasi Powtoon, Anda diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu. Caranya, akses situs resmi Powtoon di www.powtoon.com

Baca Juga:  Bantu Guru Pemula dan Hasilkan Uang hingga Puluhan Juta

Setelah itu, Anda akan diminta melakukan Sign Up baik melalui akun Google maupun akun Facebook, Office 365,maupun Linkedin. Jika proses pendaftaran akun berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman utama Powtoon. 

Mulai Membuat Video Animasi di Powtoon

Setelah berhasil mendaftarkan akun di Powtoon, Anda sudah bisa memulai membuat project video animasi untuk pembelajaran. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke aplikasi Powtoon. 
  • Pilih menu Blank Document atau video animasi yang hendak dibuat. Kemudian atur tampilan video dengan tampilan Vertical, Horizontal atau Square. 
  • Setelah memilih mode tampilan video, Anda sudah bisa memulai membuat desain video seperti dengan menambahkan animasi bergerak yang ada di file direktori yang sudah disediakan Powtoon yang terletak di sisi kanan tampilan atau bisa juga menggunakan tulisan, gambar, maupun background yang Anda sediakan sendiri dengan memilih menu Import Content. 
  • Terdapat fitur yang dilambangkan melalui ikon tertentu di sisi kanan tampilan untuk memudahkan penggunanya, seperti ikon T untuk menyisipkan teks, ikon nada untuk menyisipkan suara atau musikmaupun ikon image untuk menyisipkan gambar. 
  • Kreasikan video dan buat semenarik mungkin sesuai dengan karakter siswa di mana video animasi akan ditampilkan. Jika Anda ingin melihat hasil tampilan video yang telah dibuat Anda bisa memilih menu Preview Video di bagian bawah project. 
  • Pada bagian bawah layer project ini juga, Anda bisa mengatur durasi dari tampilan video animasi yang sedang dibuat.
  • Jika video animasi dirasakan sudah cukup, pilih menu Preview & Export File kemudian pilih Save. 
  • Dan, video animasi sudah siap dibagikan kepada para siswa. 
Baca Juga:  Buruan Segera! Seminar Nasional 100% Gratis Bersetifikat 4 JP : Merdeka Mengajar Dengan Strategi Project Based Learning Berbasis Blended Learning

Nah, itulah cara membuat video pembelajaran yang mudah dan cepat menggunakan aplikasi Powtoon. 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

News

Mengenal Platform ClassPoint untuk Pembelajaran Interaktif

News

Pembelajaran Berdiferensiasi Kunci Sukses Mengembangkan Potensi Setiap Siswa Dalam Merdeka Belajar

News

Penting Diketahui Guru! Pendidikan Indonesia Telah Mendapat Bantuan Senilai 2,7 Miliyar Dari China

News

Guru Wajib Download !! Pedoman Buku 4 dan 5 Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Dan Angka Kredit Untuk Kenaikan Pangkat Guru

News

Seminar Nasional Gratis dan Bersertifikat, Daftar Sebelum Ditutup!

News

Guru Wajib Paham! Cara Mendidik Siswa Berkarakter Untuk Mengurangi Kekerasan Seksual

News

Persyaratan Kenaikan Pangkat Guru SD yang Sudah PNS

News

4 Metode Mengajar yang Sering Digunakan Guru dalam Proses Pembelajaran