Cara Membuat Thumbnail Youtube Yang Menarik

- Editor

Kamis, 10 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cara Membuat Thumbnail Youtube – Membuat Thumbnail Youtube menjadi PR juga bagi sebagian orang, apalagi yang kurang mengetahui ketentuan- ketentuan nya, serta tidak memiliki ilmu dasar desain yang memadai.

Apabila Bapak dan Ibu salah satu di antaranya, tepat sekali dalam artikel ini akan membahas secara tentang cara membuat Thumbnail Youtube yang menarik dan mudah diikuti oleh pemula.

Apa itu Thumbnail Youtube?

Saat kita pertama kali menonton atau men-scroll Youtube yang tersaji yaitu sebuah gambar- gambar yang dilengkapi tulisan yang terkadang membuat kita menjadi penasaran akan isi videonya. Ya, itu yang kita lihat adalah Thumbnail Youtube.

Singkatnya Thumbnail Youtube adalah kilasan video yang berbentuk gambar atau foto dan muncul sebagai cover video. Bagi para youtuber atau content creator thumbnail youtube memiliki peran penting, karena dapat mengundang banyak penonton untuk menonton videonya.

Selain itu, Thumbnail Youtube merupakan hal pertama yang dilihat oleh penonton saat menjelajahi saluran YouTube atau pandangan pertama penonton saat melihat Youtube. Thumbnail juga dianggap sebagai kilasan dari keseluruhan isi video dan menjadi faktor utama dalam menentukan apakah penonton akan menontonnya atau tidak. Sehingga dalam pembuatannya, thumbnail juga harus dibuat semenarik mungkin.

Seperti hal nya saat kita akan membeli atau mulai membaca sebuah bua, tentu kita memperhatikan bagaimana gambar cover serta judul yang tersedia di dalam buku. Apakah judul dan gambar itu manrik dan sesuai dengan yang kita cari atau bukan.

Karena berdasarkan laporan Youtube, 90% video yang memiliki kinerja terbaik pasti memiliki thumbnail khusus dan menarik. Sehingga, adanya thumbnail dalam semua video Youtube sangat berpengaruh dalam menarik pengunjung Youtube untuk menonton video yang kita upload.

Ada dua jenis thumbnail yang bisa Bapak dan Ibu pilih,

Thumbnail default, jadi ketika kita selesai mengunggah video, kita akan mendapatkan tiga pilihan thumbnail yang secara otomatis diambil dari bagian video Anda.

Kedua, custom thumbnail, yaitu berupa gambar yang Bapak dan Ibu buat sendiri dan diunggah untuk menggantikan custom thumbnail.

Sebelum kita membuat Thumbnail Youtube, kita perlu tahu lebih dahulu bagaimana dan berapa ukuran dalam membuat Thumbnail, agar lebih maksimal dalam pembuatannya.

Berapa Ukuran Thumbnail Youtube ?

Bagi bagi Bapak dan Ibu yang tertarik untuk membuat custom thumbnail, Bapak dan Ibu juga perlu memperhatikan ukurannya agar sesuai dengan standar Youtube yang telah ditetapkan sebelumnya.

Merujuk pada rekomendasi dari Youtube Studio App Help Center, berikut detail standar ukuran thumbnail youtube :

  • Resolusi gambar 1280×720 dengan lebar minimum 640 pixels
  • Format gambar yang bisa diunggah hanya JPG, GIF, BMP, atau PNG
  • Ukuran maksimal file gambar adalah 2MB
  • Gambar memiliki aspek rasio 16:9
  • Dilarang mengandung SARA

Saatnya Membuat Thumbnail Youtube Yang Menarik

Untuk membuat Thumbnail Youtube ada beberapa cara yang bisa Bapak dan Ibu guru ikuti. Bagaimana cara membuat Thumbnail yang tidak membosankan dan membuat penonton ingin menontonnya? Yuk simak cara membuat Thumbnail Youtube dengan berbagai aplikasi.

1. Menggunakan Canva

Siapa yang belum mengenal Canva? Pastinya hampir semua Bapak dan Ibu guru sudah pernah mendengar aplikasi Canva. benar, Canva seringkali menjadi rekomendasi untuk memudahkan dalam membuat desain grafis terlebih lagi bagi kita yang masih amatir.

Ternyata Canva bisa juga digunakan untuk membuat thumbnail Youtube. Ada banyak template sederhana dan menarik yang Canva sediakan. Bapak dan Ibu bisa memilih kategori Youtube Thumbnail jika ingin membuatnya di Canva. Tak hanya itu, perpaduan warnanya juga nyaman dilihat mata sehingga kamu tak akan kehabisan referensi.

Di Canva kamu juga bisa mengubah beberapa bagian dari templatenya sesuai yang kamu inginkan. Tapi kalau kamu kehabisan ide, kamu tak perlu pusing karena canva menyediakan banyak referensi template.

2. Menggunakan Photoshop

Photoshop ini biasa di gunakan bagi Bapak dan Ibu yang sudah terbiasa melakukan pekerjaan desain, yang sering menggunakan laptop atau komputer untuk proses editing, Bapak ibu bisa gunakan photoshop juga untuk mendesain thumbnail youtube.

Keuntungannya apabila menggunakan Photoshop Bapak dan Ibu tak perlu memindahkan file thumbnail youtube yang telah jadi karena ini sudah berada di komputer, bukan berada di HP yang kemudian harus di pindahkan ke komputer.

Caranya, pertama pastikan kamu sudah menginstall photoshop versi berapapun, kemudian kamu klik file dan pilih new, selanjutnya insert ukuran 1280×720 pixels dengan resolusi 300. Kemudian terakhir kamu bisa klik OK. Sekarang kamu cukup menambahkan foto,gambar, dan teks sesuai selera yang nantinya ingin kamu gunakan dalam thumbnail youtube.

3. Menggunakan PictArt

Rekomendasi aplikasi untuk membuat thumbnail youtube selanjutnya adalah PicsArt. Aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi Canva bisa di instal di HP dan sudah banyak digunakan tentunya. Terutama dalam membuat thumbnail youtube, PicsArt memberikan kemudahan.

Di PicsArt Bapak dan Ibu bisa mengatur ukuran sesuai keinginan atau standar dari Youtube, yakni 16:9. Bapak dan Ibu silahkan menambahkan foto, teks serta mengatur latar belakang thumbnail. Ada juga fitur seperti stiker yang bisa digunakan untuk dimasukkan ke dalam desain thumbnail agar lebih menarik.

4. Menggunakan Thumbnail Maker For Youtube

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat thumbnail adalah Thumbnail Maker for Youtube Videos. Aplikasi ini bisa didownload melalui HP android, selain ada yang gratis aplikasi ini memiliki pilihan fitur yang berbayar.

Ketika Bapak dan Ibu mulai membuka aplikasinya, nanti akan di tampilkan beberapa menu seperti thumbnail maker, channel art maker, cover maker dan my projects. Jika ingin membuat thumbnail youtube silahkan mengklik thumbnail maker.

Selain aplikasi di atas yang disebutkan untuk cara membuat thumbnail youtube, perhatikan juga hal – hal berikut ini :

Tips dan Trik Membuat Thumbnail Menarik

1. Pahami Aturan dan Standar Thumbnail

YouTube mempunyai pedoman dan standar yang juga mengatur tentang thumbnail. Pastikan Bapak dan Ibu telah menaati aturan-aturan tersebut agar thumbnail  tidak ditolak atau dihapus oleh YouTube.

Sebagai contoh, YouTube melarang konten-konten terkait kekerasan, pornografi, hate speech, dan hal-hal terlarang lainnya untuk ditampilkan dalam thumbnail.  

2. Memadukan Unsur Gambar dengan Grafis

Salah satu cara populer untuk membuat thumbnail YouTube menarik adalah memadukan gambar dengan grafis. Untuk gambarnya sendiri, Anda dapat mengambilnya dari potongan video dari yang Bapak dan Ibu buat. Kemudian, tambahkan elemen grafis untuk membuatnya lebih unik dan atraktif. 

3. Tambahkan Judul atau Keyword Video

Selain menambahkan grafis penting, yang tidak kalah penting juga yaitu menuliskan judul atau kata kunci video.

Menariknya, tulisan tak hanya akan mengkomunikasikan konteks video saja, melainkan bisa menjadi elemen desain yang menarik mata pengunjung youtube.

4. Pilih Font Yang Powerfull

Konsistensi penggunaan font dalam thumbnail juga sangat penting. Gunakan font yang powerfull dengan bagitu penonton akan merasakan bahwa video ini perlu untuk di tonton.

Perlu Bapak dan Ibu ketahui, bahwa YouTube juga bisa jadi saluran terbaik untuk branding, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan personalitas diri Bapak dan Ibu.

Demikian artikel Cara Membuat Thumbnail Youtube Yang Menarik , semoga dapat memberikan manfaat. Dan bagi Bapak dan Ibu yang ingin memulai menjadi guru youtuber jangan ragu untuk terus mencoba hal – hal baru, dan jangan pernah berhenti belajar.

(rtq/rtq)

Berita Terkait

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour
Update Terbaru 16 Mei: 100 Lebih Pemerintah Daerah Siap Salurkan TPG ke Rekening Guru. Cek Daerahmu…
Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online
Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024
Berita ini 100 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:29 WIB

Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:35 WIB

Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:12 WIB

Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:35 WIB

OJK: Profesi Guru Paling Banyak Lakukan Pinjaman Online

Berita Terbaru

PPG Angkatan 1 Kemenag Resmi Dibuka pada 15 Mei 2023, Kuota untuk 6.300 Guru Madrasah

News

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB