Home / News

Sabtu, 25 September 2021 - 03:05 WIB

Cara Membuat Presentasi Online Interaktif dengan Microsoft Powerpoint dan Slido

Presentasi memiliki peran penting dalam proses menyampaikan ide maupun gagasan berupa materi pembelajaran agar bisa diterima oleh peserta didik yang ada dalam kegiatan presentasi tersebut.

Jika sebelum pandemi merebak, presentasi dalam pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Maka, kini presentasi lebih banyak dilakukan secara daring maupun online yang bersifat interaktif sehingga guru dan peserta didik tetap bisa berpartisipasi secara aktif.

Untuk menunjang proses presentasi online berlangsung lancar dibutuhkan aplikasi khusus, salah satunya adalah aplikasi Slido.

Apa itu Slido

Slido atau Sli.do adalah sebuah layanan berbasis website yang menyediakan layanan untuk diskusi interaktif via online. Dengan Slido, para peserta dapat mengajukan pertanyaan melalui mikropon ataupun mengirim pesan teks kepada narasumber maupun peserta lainnya.

Selain itu, Sli.do juga menyediakan fitur moderasi dan polling. Untuk free version, fitur moderasi dan polling sangat terbatas, namun masih reliable untuk peserta / audiens sekitar 100-200 orang. Untuk mendapatkan fitur secara komprehensif Sli.do memiliki beberapa paket yang sesuai dengan kebutuhan.

Hal menarik lainnya adalah bahwa Sli.do sangat fleksibel dan tidak terikat platform serta mudah dalam pengoperasiannya. Pengguna cukup memasukkan kode hashtag acara yang sedang diikuti, kemudian mereka akan langsung terhubung dalam event tersebut. Aplikasi ini dapat diakses melalui web browser PC/Laptop maupun mobile, Android, dan IOS.

Cara Mendaftar Sli.do

Terdapat dua pilihan untuk bisa menggunakan Slido, baik sebagai administrator atau moderator. Caranya, akses laman Sli.do, kemudian masukkan alamat email dan password yang digunakan untuk mengakses Slido. 

Setelah registrasi selesai, maka anda sudah bisa langsung membuat sebuah acara, pada bagian Create New Event, cukup ketikkan judul event maka secara otomatis akan muncul kode hashtag yang bisa digunakan oleh para peserta untuk mengakses rapat.

Baca Juga:  Google Keep: Aplikasi dengan 1001 Manfaat untuk Guru

Mengakses Slido untuk Peserta

Peserta dapat mengakses aplikasi ini dan bergabung dengan event yang telah dibuat dengan cara akses alamat https://sli.do baik melalui web browser atau mengunduh aplikasi ini di Playstore. Setelah itu, masukkan kode hashtag dari event yang akan anda ikut, maka secara otomatis akan langsung tergabung dengan peserta lainnya.

Membuat Bahan Presentasi di Slido dengan Powerpoint

Untuk membuat bahan presentasi yang akan disampaikan melalui online meet di Slido, anda bisa memanfaatkan aplikasi Powerpoint sebagai aplikasi yang paling mudah digunakan dan sangat aplikatif termasuk untuk kebutuhan presentasi.

Cara membuat bahan presentasi di Powepoint terlebih dahulu dengan membuat file dokumen baru atau blank dokumen tambahkan slide dengan mengklik New Slide pada menu Home dibagian atas.

Setelah itu, pilih layout atau tampilan yang akan digunakan di dalam bahan presentasi, kemudian isi bahan presentasi. Anda juga bisa menyisipkan gambar maupun ikon yang mendukung penjelasan presentasi.

Selain bisa menyisipkan gambar maupun ikon tertentu, materi presentasi yang dibuat dengan aplikasi Powerpoint juga bisa dibuat dengan animasi agar terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

Demikianlah tadi cara memadukan Slido sebagai ruang virtual untuk menggelar presentasi online dengan Powerpoint sebagai aplikasi yang digunakan untuk membuat materi presentasi agar terlihat lebih menarik.

Ikuti Diklat “Presentasi Online Interaktif dengan Microsoft PowerPoint dan Slido” melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat ini dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: t.me/CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

News

Bersiap! Honorer Diganti Outsourcing, Gaji Tambah Gede?

News

Kemdikbud Menyebut Guru Penggerak Aktifkan Komunitas Belajar

News

Ini Cara Daftar PPPK 2022! Nilai Ambang Batas dan Jadwal Pendaftaran

News

3 Kabar Baik Dari Menteri Pendidikan dan Menteri Keuangan Untuk Guru PPPK Di Awal Tahun 2022

News

Perjuangkan Nasib Honorer di 2023, Pemda Prioritaskan Honorer Kategori Ini jadi ASN PPPK 2022
https://naikpangkat.com/daftar-segera-seminar-gratis-persiapan-guru-dalam-pengimplementasian-kurikulum-merdeka-di-sekolah/

News

Begini Proses Mendesain Rencana Pembelajaran Kurikulum Merdeka

News

Tidak Ada Pembatalan, Kurikulum Merdeka Mulai Diberlakukan Oleh Sekolah
masa sanggah PPPK Guru 2022

News

PPPK 2022 Harus Waspada Diskualifikasi