Home / News

Jumat, 17 Desember 2021 - 08:25 WIB

Cara Melakukan Pengetikan Cepat Dengan 10 Jari

Cara melakukan pengetikan cepat dengan 10 jari sangat diperlukan di dunia kerja abad 21 karena perkembangan teknologi yang semakin maju. Hal ini dikarenakan pada era sekarang ini bekerja dengan komputer merupakan suatu yang lumrah untuk menghemat kertas, waktu, tenaga agar pekerjaan menjadi efektif.

Teknik mengetik dengan 10 jari dinilai sangat efektif dalam melakukan pekerjaan di komputer dengan menggunakan keyboard secara efektif. Melalui beberapa latihan dengan menggukanan posisi jari yang benar maka anda dapat melakukan pengetikan dengan benar dan cepat.

Cara melakukan pengetikan cepat dengan 10 jari membutuhkan waktu latihan kurang lebih 10 jam dengan intensitas 15 kata per menit. Apabila sudah dapat menguasai keyboard maka kesalahan dalam pengetikan dapat terminimalisir.

Cara melakukan pengetikan cepat dengan 10 jari menjadikan pekerjaaan lebih produktif dan meningkatkan kinerja otak. Untuk itu yuk simak cara di bawah ini!

  1. Bekerja di area kerja dan gunakan keyboard yang nyaman

Agar dapat melakukan pengetikan dengan cepat maka carilah area dan keyboar komputer yang nyaman mulai dari ruangan yang bersih dan rapi, memiliki ventilasi yang baik, nyaman, menggunakan meja yang nyaman, serta menggunakan laptop/ komputer yang nyaman. Hal tersebut dilakukan agar anda dapar dengan mudah menguasai keyboard dengan nyaman dan efektif.

2. Memperbaiki postur dan posisi tubuh

Posisi dan postur ubuh juga perlu diperhatikan untuk memulai melakukan pengetikan. Postur dan posisi duduk yang benar dengan punggung lurus, kaki yang sedikit terpisah, serta posisi pergelangan tangan yang menutupi keyboard akan mempermudah anda untuk melakukan pengetikan yang baik, benar dan cepat.

3. Mempertahankan postur tubuh yang benar

Mempertahankan postur tubuh sangat penting saat melakukan pekerjaan mengetik karena dengan mempertahankan posisi tubuh akan menghindarkan sakit pada pergelangan tangan, punggung dan bahu

4. Membiasakan diri dengan keyboard anda

Membiasakan diri untuk menggunakan keyboard dengan menghafalkan letak huruf dan simbol yang sering digunakan pada keyboard anda.

5. Mengetik dengan menutup mata

Cara mengetik dengan menutup mata yakni mengucapkannya dengan keras saat anda tekan huruf atau simbolnya lalu lihat apakah huruf yang anda ketik sudah benar atau belum. Hal ini akan mempermudah anda untuk mengingat tombol dan simbol keyboard sehingga akan mempermudah pekerjaan anda.

Baca Juga:  Membangun Karakter Anak melalui Pendidikan

6. Memulai pengetikan dengan teknik sentuh

Untuk meningkatkan kecepatan anda pada saat mengetik maka dapat dimulai dengan teknik sentuh. Teknik ini merupakan cara tercepat untuk menguasai pengetikan dengan mudah. Untuk bisa melakukan pengetikan dengan teknik sentuhan ini maka diperlukan latihan yang intensif dan konsisten hingga anda dapat mengetik tanpa melihat tombol.

7. Diam dan jangan melihat tangan anda saat mengetik

Berusaha untuk diam dan tidak melihat tangan dan jari anda saat mengetik akan membuat jari-jari anda untuk mempelajari cara kerja tombol keyboard anda. Pengetikan dengan sentuhan ini akan membantu anda untuk mencapai target pengetikan cepat dengan mudah.

8. Berlatih dengan konsisten untuk menguasai teknik

Berlatih untuk menguasai teknik pengetikan dengan sentuhan memang sedikit sulit namun apabila anda berlatih konsisten denga postur tubuh yang tegak dan meletakkan jari-jari anda pada tempat yang seharusnya maka kemampuan ada bisa meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

9. Lihatlah situs web yang mendukung anda dalam berlatih

Dengan melihat situs web yang menbantu anda untuk berlatih bisa dari game online maupun situs lainnya. Sehingga dengan begitu maka anda dapat merekam kata yang anda ketikkan dengan durasi per menit sehingga anda dapat menargetkan jumlah kata yang akan dikuasai per menitnya.

10. Menerapkan praktek dikte

Menerapkan praktek dikte apabila anda tidak mengetahui apa yang dapat anda ketik merupakan alternatif untuk melakukan latihan pengetikan cepat. Hal yang dapat dilakukan yakni dengan mendengarkan dan mencoba sesuatu untuk mengetik saat anda mendengar kata yang telah di diktekan. Selain itu teknik ini akan menjadikan anda melakukan proses latihan yang menyenangkan.

11. Lakukan pantauan terhadap kemajuan anda dalam mengetik cepat

Lakukan pemantuan terhadap kemajuan anda dalam latihan mengetik cepat. Jangan terpacu pada jumlah kata dengan durasi per menit namun pastikan anda nayaman untuk mengetik dengan cepat. Seiring dengan berjalannya waktu maka anda dapat mengetik dengan cepat dalam waktu yang super singkat.

Baca Juga:  Pentingnya Belajar Desain Grafis bagi Guru Kekinian

12. Menempatkan posisi jari yang benar

Konsep dasar pengetikan cepat terletak pada posisi jari tangan pada keyboard yakni dengan menempatkan jari kiri pada tombol A dengan jari kelingking S dengan jari manis D dengan jari  tengah dan F dengan jari  telunjuk dan jari kanan pada tombol J dengan jari  telunjuk K dengan jari tengah  L dengan jari manis dan ? dengan jari kelingking serta jari jempol berada pada tombol spasi.

13. Menggunakan 10 jari untuk mengetik

Setelah menempatkan posisi jari yang benar langkah selanjutnya yakni dengan menguji kemampuan mengetik anda dengan 10 jari tersebut dengan konsisten dengan berbagai teks atau cerita untuk mengasah kemampuan anda. Anda dapat menggunakan berbagai cara bisa dari permainan mengetik, menulis cerita, menulis artikel, lomba mengetik, atau hal lainnya yang mendorong anda untuk menguasai teknik mengetik cepat dengan konsisten.

14. Kuasailah dasar shortcut pada keyboard

Untuk menambah kemampuan dalam pengetikan cepat langkah selanjutnya yakni dengan menguasai dasar shortcut pada keyboard. Windows dan mac OS memiliki banyak fitur shortcut keyboard. Namun untuk menguasai shortcut keyboard tersebut hanya perlu mengetahui beberapa fitur dasar diantaranya :

ShortcutsDescriptions
Ctrl + CSalin
Ctrl + XCut/memotong
Ctrl + VTempel
Ctrl + ZUndo
Ctrl + SSave
Ctrl + FMencari kata di sebuah halaman
Ctrl + AMenandai konten secara keseluruhan
Shift + Left Arrow or Right ArrowMenandai huruf selanjutnya
Ctrl + Shift + Left Arrow or Right ArrowMenandai kata selanjutnya
Ctrl + Left Arrow or Right ArrowMenavigasi cursor text ke kata selanjutnya tanpa menandai
HomeKe garis permulaan
EndKe akhir garis
Page UpScroll up
Page DownScroll down

15. Berlatihlah dengan menggunakan games

Semua pelatihan membutuhkan proses yang sangat Panjang begitu pula dengan mengetik cepat maka dari itu perlu adanya fitur untuk membantu anda untuk mengetik dengan cepat salah satunya yakni menggunakan games. Ada banyak sekali web yang berisi games yang dapat digunakan untuk menguasai teknik ini.

16. Ikuti pelatihan

Jika anda ingin mengetahui dan belajar untuk bisa mengetik dengan cepat maka anda dapat mengikuti pelatihan atau kurus yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan anda dalam mengetik. Dengan begitu anda dapat meningkatkan kemampuan mengetik cepat dengan baik.

Ikutilah pelatihan tips and trick computer maintenance & pengetikan cepat bersama e-guru.id

DAFTAR SEKARANG

Penulis : Erlin Yuliana

Share :

Baca Juga

News

Inilah 7 Tunjangan yang Diterima PNS Diluar Gaji Pokok, Nilainya Sangat Fantastis!
ICT dalam Pendidikan Abad 21

News

Inilah Pengganti RPP Kurikulum Prototipe 2022

News

Penggunaan Active Learning pada Kelas Daring dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)

News

Guru Wajib Paham! Besaran Gaji, Tunjangan dan Hak Cuti PPPK Guru. Cek Disini

News

Breaking News! THR dan Gaji Ke-13 Bagi PNS 2022 Segera Cair Berikut Jadwalnya
manfaat menulis bagi guru

News

Prinsip, Komponen dan Langkah Mudah Penyusunan RPP Satu Lembar Sesuai SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019

News

Update Terbaru Untuk Seluruh Guru, Jadwal Pendaftaran PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022 Cek Segera!
youtuber

News

Tips Membuat Channel Youtube untuk Pembelajaran