Apa Itu Talent Mapping Beserta Manfaat dan Langkahnya

- Editor

Jumat, 14 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Talent mapping atau bisa juga disebut dengan nama pemetaan bakat adalah sebuah tes assessment yang dilakukan dengan maksud untuk mengetahui bakat terkuat seseorang. Dengan mengetahui bakat yang ia miliki, seseorang diharapkan bisa mengembangkan bakat tersebut secara maksimal.

Adapun output atau hasil dari asesmen talent ini yaitu daftar 34 jenis bakat yang diurutkan dari bakat dominan hingga yang paling lemah. Peserta yang mengikuti tes ini juga bisa berkonsultasi terkait dengan pemetaan bakat yang dimilikinya.

Ilmu talent mapping ini ditemukan oleh Rama Royani atau abah Rama beliau adalah seorang direktur ternama dari 5 perusahaan besar. Kondisi yang mendorong beliau membuat ilmu ini dikarenakan ada 93 persen orang di dunia bekerja tidak sesuai bakat yang dimiliki. Hal inilah yang membuatnya kemudian tidak semangat bekerja dan hanya menunggu hari libur saja.

Perlu diketahui jika menemukan dan menyadari bakat yang dimiliki bukanlah sesuatu yang mudah. Pasalnya selama ini bakat hanya dianggap sebagai sebuah kelebihan biasa. Padahal pancaindera dan sifat yang dimiliki oleh seseorang akan sangat berpengaruh terhadap bakat yang ia miliki.

Para orang tua juga bisa menggunakan talent mapping ini pada anak yang bertujuan agar tumbuh kembang anak bisa lebih terarah setelah mengetahui bakat apa yang ada pada dirinya. Selain itu  tujuan dari tes ini juga agar anda lebih fokus di dalam mengembangkan bakat dan tidak hanya fokus dalam memperbaiki kekurangan.

Serangkaian tes yang dilakukan dalam talent mapping atau pemetaan bakat dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bakat terpendam yang ada di dalam diri seseorang. Tidak bisa dipungkiri jika hal ini masih dianggap sebagai sesuatu yang asing bagi sebagian orang. Alasannya karena tidak semua orang pernah mengalaminya. Selain itu tidak semua orang pernah menjalani tes yang berkaitan dengan bakat, minat dan potensi yang dimiliki.

Dengan menerapkan talent mapping diharapkan bisa membantu mengetahui bakat, minat dan potensi yang dimiliki. Tujuannya agar seseorang tidak merasa salah jurusan atau pekerjaannya tidak sesuai dengan kemampuan dan keahliannya. Hal ini bisa dibilang sangat penting bagi perusahaan karena bisa memiliki karyawan yang bekerja sesuai dengan bakat dan potensinya sehingga bisa bekerja dengan maksimal. Begitupun dengan jurusan yang dipilihnya membuatnya lebih bersungguh-sungguh untuk belajar dan mengembangkan bakat yang dimiliki.

Untuk melakukan tes ini biasanya akan ada daftar 34 jenis bakat dimana akan diurutkan bakat yang paling dominan di dalam diri anda hingga bakat yang paling lemah.

Keberadaan pemetaan bakat ini sendiri ternyata juga tidak hanya berguna untuk para orang dewasa saja yang bekerja tetapi juga akan membantu para orangtua untuk mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak-anak.

Keberadaan pemetaan bakat ini sendiri ternyata juga tidak hanya berguna untuk para orang dewasa saja yang bekerja tetapi juga akan membantu para orangtua untuk mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak-anak. Manfaat yang dapat diperoleh dari tes ini yakni:

  1. Membantu menemukan bakat terpendam

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan adalah membantu anda untuk bisa menemukan bakat yang terpendam. Jika anda seringkali merasa  kurang menikmati jurusan yang sedang anda pelajari atau deskripsi pekerjaan anda, anda mungkin tidak bekerja sesuai bakat.

Saat ini semakin banyak orang tua yang berusaha menemukan bakat anak-anak mereka.  Namun hal itu tidak terjadi di masa lalu.  Orang tua bergantung pada sistem sekolah yang kurang bisa mengembangkan bakat anda.

Hal ini kemudian membuat anda tidak mampu mengenali bakat sendiri, merasa tidak berbakat dan pada akhirnya membuat anda stres.

Bakat terpendam akan membuat anda melihat diri dengan cara yang berbeda. Anda akan lebih bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih sesuai dan hidup anda pun akan lebih bahagia.

3. Membantu untuk mengembangkan bakat anda

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari metode ini adalah akan membantu anda untuk mengembangkan bakat yang dominan di dalam diri anda.

Karena anda sudah mengetahui seperti apakah bakat yang paling mendominasi di dalam diri anda, maka anda akan semakin mudah untuk menentukan langkah-langkah tepat dalam mengembangkan bakat tersebut.

4. Bisa membantu mengetahui kepribadian anda

Manfaat ketiga yaitu dengan mengikuti tes inilah ternyata juga akan membantu anda untuk mengetahui bagaimanakah kepribadian yang anda miliki tersebut.Dengan memahami kepribadian inilah maka secara tidak langsung akan membantu orang lain dalam mengambil sikap terhadap diri anda.

5. Membantu mengetahui tingkat kepercayaan seseorang

Ternyata tes ini pun juga bisa membantu anda untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kepercayaan  seseorang.  Ada orang yang mudah percaya pada orang lain dan ada yang sulit. 

6. Membuat orang tidak fokus pada kelemahan

Manfaat terakhir yang bisa anda dapatkan dari adanya pemetaan bakat ini yaitu membantu anda untuk tidak hanya fokus  pada kelemahan saja yang mengakibatkan produktivitas anda rendah namun juga membantu anda mengetahui kelebihan yang anda miliki untuk meningkatkan produktivitas. 

Untuk melakukan pemetaan bakat yang akan dilakukan maka ada beberapa  hal yang perlu diperhatikan.  Berikut ini beberapa urutan untuk membantu anda menemukan bakat maupun kekuatan yang terdapat didalam diri seseorang.

  1.  Assessment talent mapping

Hal pertama yang harus dilakukan pada serangkaian tes ini adalah menggali bagaimanakah sifat produktif atau bakat yang dimiliki oleh seseorang.

Selain itu tes ini juga akan membantu anda untuk menginterpretasikan kekuatan terkait dengan peran dengan cara memanfaatkan bakat yang dominan di dalam tubuh anda.

Nantinya didalam self assemen ini anda akan mengerjakan sekitar 170 pertanyaan dimana harus anda isi dengan baik.

2. Assesment personal strength statement

Jika sudah maka akan langsung dilanjutkan dengan tes yang berikutnya yakni assessment personal strength statement.

Di dalam tes ini sendiri akan memberikan banyak manfaat untuk anda. Seperti membantu menggali pengakuan atas kegiatan apa sajakah yang produktif  dan merupakan gambaran bagaimanakah kemampuan atau kompetensi dan minat terhadap apa saja aktivitas yang anda lakukan.

Bukan hanya itu saja, nantinya di dalam tes ini sendiri terdapat 114 aktivitas dimana 99 terdiri dari klaster yang mempunyai keterkaitan dengan peran dan 15 klaster mempunyai keterkaitan dengan bidang yang anda miliki di dalam diri anda tersebut.

3. Strength typology ST 30

Untuk rangkaian tes yang terakhir yaitu strength typology atau ST-30 ini.  Untuk rangkaian tes yang  ini juga mempunyai peran untuk mengetahui diri anda dengan cepat. Bukan hanya itu saja, tes ini pun juga berguna untuk mengetahui bagaimanakah gambaran kompetensi dan kemampuan yang anda miliki. Selain itu peserta juga akan dihadapkan pada 30 tipologi manusia yang mempunyai keterkaitan dengan aktivitas produksi yang dimiliki seseorang.

Ikutilah Webinar gratis “Mengenal dan Mengembangkan Bakat Anak dengan Talent Mapping” yang diadakan oleh e-guru.id. Pendaftaran 100% gratis

DAFTAR SEKARANG

Penulis : Erlin Yuliana

Berita Terkait

BKN Luncurkan 2 Fitur Baru, Berikut Sederet Manfaatnya bagi Guru
Terbaru, Keterangan Dirjen GTK Terkait Pengelolaan Kinerja dan Tantangan Guru
Ternyata Masih Banyak Guru dan Kepala Sekolah Belum Pernah Cek Data Penting Ini!, Simak Selengkapnya
Gaji Guru dan Pensiunan Naik, BKN Sosialisasikan Peraturan BKN Tahun 2024
Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024
MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah
PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?
Sebentar Lagi! Berikut Tanggal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan
Berita ini 84 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 26 Februari 2024 - 11:39 WIB

BKN Luncurkan 2 Fitur Baru, Berikut Sederet Manfaatnya bagi Guru

Senin, 26 Februari 2024 - 11:26 WIB

Terbaru, Keterangan Dirjen GTK Terkait Pengelolaan Kinerja dan Tantangan Guru

Senin, 26 Februari 2024 - 10:50 WIB

Ternyata Masih Banyak Guru dan Kepala Sekolah Belum Pernah Cek Data Penting Ini!, Simak Selengkapnya

Minggu, 25 Februari 2024 - 11:20 WIB

Gaji Guru dan Pensiunan Naik, BKN Sosialisasikan Peraturan BKN Tahun 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 11:32 WIB

Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024

Jumat, 23 Februari 2024 - 17:02 WIB

PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?

Jumat, 23 Februari 2024 - 11:34 WIB

Sebentar Lagi! Berikut Tanggal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Kamis, 22 Februari 2024 - 11:23 WIB

Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024

Berita Terbaru