Home / News

Jumat, 14 Januari 2022 - 10:50 WIB

Bakat Anak Belum Terlihat? Berikut Tips Untuk Mengembangkan Bakat Anak Sejak Dini

Asian young pianist teacher teaching girl kid student to play piano, music education concept

Asian young pianist teacher teaching girl kid student to play piano, music education concept

Tips untuk mengembangkan bakat anak adalah satu hal yang paling penting dari tumbuh kembang anak untuk mengenali bakat dan minat yang mereka miliki. Akan tetapi tidak semua orang tua yang sepenuhnya sadar dan tahu bagaimana cara mengetahui bakat yang dimiliki anak-anak mereka sendiri.

Selain itu ada satu hal yang harus diketahui yakni setiap anak tidak memiliki bakat yang sama meskipun mereka adalah saudara kandung sekali pun. Bakat bisa berupa akademis, kesenian, olahraga, soft skill, dan lain sebagainya.

Dalam tumbuh kembang anak orang tua juga harus menyadari dan memahami bahwa bakat memiliki pengaruh yang cukup penting dalam masa depan mereka masing-masing. Dengan bakat yang mereka miliki maka anak bisa memiliki gambaran tentang langkah selanjutnya yang harus mereka lakukan baik saat masih sekolah, kuliah di perguruan tinggi, dan memasuki dunia kerja. Dengan begitu maka orang tua dan guru di sekolah harus mengetahui dan memahami bakat anak.

Sebagai orang tua anda pasti memiliki harapan yang besar terhadap keberhasilan anak-anak anda seperti saat kenaikan kelas, lomba di dalam dan di luar sekolah dan kegiatan-kegiatan lain yang mereka lakukan sembari sekolah. Keberhasilan yang mereka dapatkan tidak terlepas dari bagaimana perilaku anda sebagai orang tua dalam menemukan dan membekali mereka dalam mengembangkan bakat dan bidang pilihannya.

Namun pada kenyataan di lapangan sering kali orang tua merasa kebingungan dalam menemukan dan cara untuk mengembangkan bakat yang dimiliki oleh anak-anaknya dan tidak jarang pula orang tua bahkan lebih mempertaruhkan apa yang mereka miliki demi membuat anak-anaknya sukses dan bisa sekolah sampai perguruan tinggi.

Untuk itu sekarang banyak orang tua yang sering memaksa anaknya untuk mengikuti berbagai macam les untuk meningkatkan kemampuan akademis, les kesenian dan berbagai macam perlombaan tanpa mengetahui secara pasti bakat dan minat anak mereka.

Untuk mengenali bakat yang dimiliki anak maka orang tua harus memiliki tips untuk mengembangkan bakat anak agar bisa melihat aktivitas yang biasanya mereka lakukan sehari-hari seperti bernyanyi, menggambar, berhitung, membaca, dan lain sebagainya. Selain itu sebagai orang tua anda juga harus jeli dengan apa saja yang mereka tonton.

Bakat anak dapat dikenali pada usia 6 tahun akan tetapi bisa saja lebih dini atau di atas 6 tahun untuk itu tidak ada usia yang pasti dalam mengenali kapan bakat anak diketahui dan anda tidak perlu khawatir apabila anak anda belum menunjukkan bakatnya pada usia 6 tahun. Setiap anak memiliki waktu masing-masing dalam menemukan bakatnya.

Para ahli mengatakan bahwa kemampuan anak akan berkembang dengan baik pada usia 3 – 10 tahun sehingga anda memiliki banyak waktu untuk membantu mereka dalam mengembangkan bakat yang dimilikinya. Maka dari itu apabila anak anda sudah mulai menunjukkan bakatnya pada usia dini sebaiknya anda harus segera membantu mereka dalam mengasah bakatnya.

Dalam mengembangkan bakat anak orang tua harus menemukan cara-cara tersendiri dalam mengasahnya. Setiap orang tua pasti memiliki cara tersendiri dalam membantu membimbing anaknya untuk mengasah bakat yang dimilikinya. Berikut merupakan tips untuk mengembangkan bakat anak

1. Memberikan Stimulus pada Anak

Orang tua memiliki peran penting dalam memberikan rangsangan atau stimulus pada anak-anak Anda di rumah. Orang tua bisa memulainya dari memberikan mereka kesempatan dalam mengenal berbagai macam bentuk kegiatan seperti musik, olahraga, pelajaran dan lain sebagainya. Dalam hal ini orang tua tidak perlu terlalu gencar dalam memberikan rangsangan karena rangsangan yang diberikan terlalu sering dapat membuat anak akan merasa terbebani dengan kegiatan yang sedang mereka jalani.

Baca Juga:  Wajib Tahu, Hal yang Dinilai Penguji dalam Tes Wawancara PPG Prajabatan

2. Memberikan Ruang Bereksplorasi

Setelah Anda mengetahui bakat yang anak anda miliki maka langkah selanjutnya yaitu dengan memberikan ruang yang nyaman sebagai tempat mereka untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan bakat mereka. Dengan mendekatkan anak dengan orang yang sudah ahli dalam kemampuan anak anda serta mengikuti perkumpulan yang seluruh anggotanya memiliki bakat yang sama maka bisa dipastikan bahwa bakat yang anak anda miliki bisa berkembang dengan baik.

3. Memberikan Dukungan yang Positif

Sebagai orang tua anda harus bisa untuk selalu menghargai apa yang telah anak anda lakukan. Dalam perkembangan bakat anak dukungan keluarga dan pengaruh lingkungan adalah komponen penting dalam menumbuhkan dan menyemangati mereka dalam mengembangkan bakatnya.

4. Menumbuhkan Ketekunan pada Anak

Apa yang sudah dikerjakan tentu saja harus ditekuni dengan baik. Begitu juga dengan bakat dan latihan-latihan yang sudah anak anda kerjakan selama ini. Anak akan mendapatkan hasil yang maksimal apabila mereka bisa tekun dalam mengembangkan bakatnya. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk menumbuhkan ketekunan pada diri anak-anak sedari dini.

Misalnya seperti selalu rutin dalam mengikuti senam pagi di akhir pekan, tekun dalam mengerjakan tugas dan selalu tepat waktu. Selain itu untuk menumbuhkan ketekunan pada anak maka mereka akan berkembang menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan disiplin.

5. Jangan Berlebihan dalam Menekan dan Mengatur Anak

Setiap anak tentunya memiliki kemampuan yang berbeda-beda walaupun mereka memiliki bakat yang sudah ditekuni sejak lahir maka tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan selalu memberikan hasil yang maksimal. Oleh karena itu sebaiknya anda jangan terlalu memberikan mereka tekanan. Bebaskan mereka dalam mengekspresikan bakatnya dan aelalu berikan mereka dukungan dan mendorong mereka untuk tidak mudah patah semangat serta selalu ingin berusaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Ajarilah Anak Anda Keterampilan Sosial yang harus diperlukan

Keterampilan sosial bukan merupakan kemampuan yang dibawa sejak lahir, tetapi diperoleh dengan melalui proses belajar yang berasal dari keluarga, lingkungan masyarakat, dan teman-teman di kelas.

7. Mengapresiasi Setiap Prestasi yang Anak Dapatkan

Setelah mereka telah melakukan berbagai macam kegiatan sebagai orang tua anda perlu mengapresiasi setiap prestasi yang mereka dapatkan walaupun mereka kalah sekalipun. Anda juga harus tahu kepribadian anak itu sangat berbeda dengan orang yang sudah beranjak dewasa. Kepribadian yang dimiliki anak-anak masih sangat polos dan labil. Oleh karena itu penting bagi anda untuk selalu mengapresiasi apapun hasil yang telah anak anda raih.

8. Ajarilah Anak Dengan Strategi agar Anak Berani dan Lancar Berkomunikasi dengan Orang Dewasa

Pandai komunikasi adalah salah satu kunci menuju sukses karena pada era sekarang ini perkembangan zaman sangat pesat selain teknologi yang semakin canggih peluang kerja di berbagai bidang pun ikut bertambah.

9. Menyediakan Fasilitas

Selain dukungan moral anda juga harus mendukung anak anda dalam menyediakan fasilitas yang mereka butuhkan. Misalkan seperti memilih ekstrakulikuler apa yang sesuai dengan bakat yang anak Anda miliki di sekolah. Hal lain yang dapat dilakukan orang tua yaitu dengan memasukkan anak mereka ke dalam sebuah komunitas yang dapat membantu anak anda dalam mengembangkan bakatnya.

Ikutilah Webinar gratis “Mengenal dan Mengembangkan Bakat Anak dengan Talent Mapping” yang diadakan oleh e-guru.id. Pendaftaran 100% gratis

DAFTAR SEKARANG

Penulis : Erlin Yuliana

Share :

Baca Juga

News

Gabung e-Guru Roadshow Nusantara, Dapat Pelatihan GRATIS 32 JP
ide bisnis yang menyenangkan

News

Bisnis Menyenangkan, Minim Modal, Hasil Besar

Advertorial

Daftar Sekarang! Diklat Bersertifikat 32JP Pengembangan Game Interaktif Untuk Pembelajaran (Integrasi Canva dan Quizizz)

News

Penyebab Guru Batal Terima Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 2, Guru Wajib Tahu!

News

Honorer K2 Pada Seleksi PPPK 2022
soal akm

News

Inilah Syarat Sertifikasi Guru 2022

News

Mengapa Guru Perlu Melakukan Kegiatan Refleksi Pembelajaran?

News

Cara Membuat TTS di Smartphone dengan Aplikasi WPS Office