Sebagai tenaga pendidik mata pelajaran komputer untuk anak-anak, memang membutuhkan keterampilan tersendiri. Tidak cukup hanya memiliki modal kemampuan penguasaan materi sesuai bidang mata pelajaran saja, namun juga wajib paham terhadap psikologi anak. Maka dari itu, memang tidak mudah mengajarkan komputer kepada anak-anak, bukan hanya materi pelajarannya yang berat, tetapi harus memiliki cara penyajiannya juga.
Menyuguhkan pembelajaran dengan materi aplikasi komputer bagi anak-anak di butuhkan persiapan yang matang. Bukan hanya sekedar mengkondisikan anak di hadapan komputer lalu dengan suara lantang memberikan instruksi-instruksi agar di ikuti oleh anak-anak sebagai peserta didiknya, namun juga harus pintar dalam mengemas materi ajar menjadi sesuatu yang menyenangkan. Dengan begitu, anak-anak bisa merasakan berada di dunia bermainnya meskipun mereka sedang belajar mengoperasikan komputer.
Berikut ini adalah 10 tahap yang dapat anda praktekkan ketika mengajar mata pelajaran komputer kepada anak-anak. 10 tahap tersebut di bagi menjadi tiga tahap, di antaranya, tahap persiapan, proses kegiatan belajar mengajar (kbm) serta setelah kbm / evaluasi.
Tahap persiapan mengajar pembelajaran komputer untuk anak-anak
- Siapkan materi untuk mengajar besok pagi
Jika besok pagi ada jadwal mengajar, ada baiknya mulai dari malam sebelumnya, anda sudah harus menyiapkan materinya. Jangan sampai anda menganggap enteng, mentang-mentang yang akan anda ajari hanya seorang anak kecil.
Anda juga akan lebih percaya diri ketika materi yang akan anda berikan esok hari tealh di persiapkan dengan matang sebelumnya. Anda juga lebih siap ketika akan menyampaikan mata pelajaran tersebut kepada anak didik anda. Bahkan, materi pelajaran lebih baik telah tersedia runtut untuk satu tahun pelajaran ke depannya. Atau minimal sudah siap untuk satu semester.
Untuk menyusun materi pelajaran, anda dapat mencontek pada silabus TIK di kurikulum KTSP 2006, dengan menyesuaikan aplikasi yang di pakai. Bila ingin lebih gampang serta runtut materinya, ada baiknya juga anda mdmbuat sebuah modul komputer, karena dengan adanya modul tersebut belajar komputer akan jadi lebih gampang.
- Siapkan perangkat mengajarnya
Selain harus menyiapkan perangkat mengajar yang terdiri dari administrasi mengajar, seperti absensi harian, rpp serta silabus, perangkat lain yang dibutuhkan dan harus di persiapkan saat mengajarkan komputer kepada anak-anak termasuk fasilitas hardware dan softwarenya.
Contoh hardware yang harus anda siapkan adalah, diantaranya, perangkat komputer lengkap dengan instalan aplikasi yang akan di pakai saat mengajar, proyektor serta buku sebagai sumber referensinya.
- Pastikan tempat praktik sudah “ready”
Sebelum kegiatan praktik di lakukan, ada baiknya guru yang mengajar / membimbing siswanya, terlebih dahulu memastikan kondisi tempat praktik benar-benar telah siap.
Jadi pastikan dulu lab komputer sudah benar-benar “ready”. Indikatornya adalah tidak ada perangkat yang trouble, tata letak perangkat tidak membahayakan siswa.
Selain itu, pastikan juga semua sistem operasi dan aplikasi dalam keadaan dapat di operasikan. Terutama, aplikasi yang akan di pakai dalam praktikum.
Untuk memastikan tempat praktik telah ready, guru tinggal bertanya kepada kepala lab komputer (jika ada). Bila di sekolah tidak terdapat tupoksi kepala lab, maka guru yang bersangkutan yang wajib memeriksa kesiapan tempat praktik.
Segera perbaiki jika terdapat trouble pada perangkat-perangkat yang di butuhkan sebelum siswa masuk ke ruang lab dan di pakai untuk proses belajar mengajar. SOP nya siswa dapat masuk ketika lab komputer telah di nyatakan tidak terdapat masalah oleh kepala lab, atau sesudah melalui pengecekan oleh guru yang bersangkutan yang mengajar di tempat tersebut.
Pada saat proses mengajar mata pelajaran komputer, bila tahap persiapan sudah ready, indikatornya adalah materi telah di persiapkan, perangkatnya telah tersedia, serta tempat prakteknya sudah ready, maka sudah saatnya proses belajar mengajar di mulai.
Halaman Selanjutnya
Mengkondisikan Siswa Agar Siap Belajar Komputer
Halaman : 1 2 3 Selanjutnya