Cara Koreksi Otomatis Menggunakan Aplikas Evalbee

- Editor

Kamis, 17 November 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tugas seorang guru dalam mengajar adalah memberikan evaluasi kepada peserta didik agar bisa melihat perkembangannya, baik itu secara afektif, kognitif, ataupun psikomotorik. Melalui evaluasi pembelajaran, guru dapat menilai pencapaian peserta didik setelah melakukan kegiatam belajar mengajar apakah masih kurang, cukup, baik, atau sudah sangat baik.

Dalam proses evaluasi, selain mempersiapkan tes atau pertanyaan guru juga harus menyiapkan jawaban yang  benar atau mendekati benar. Hal tersebut pasti sangatlah melelahkan. Banyak tenaga, waktu, dan pikiran yang terbuang hanya untuk memberikan evaluasi belajar pada peserta didik. Oleh karena itu, guru harus menemukan alternatif lain untuk bisa memaksimalkan tenaga, waktu, dan pikiran agar lebih efisien.

Cara mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi bernama EvalBee. Aplikasi ini bisa Anda instal secara gratis di Google Play Store dan bisa terpasang di perangkat berbasis Android. Lalu, apakah Anda sudah mengetahui cara menggunakan aplikasi Evalbee? Jika belum, Anda bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 32JP dengan judul “Cara Praktis Koreksi Otomatis Lembar Jawab Ujian Peserta Didik” Diklat akan diadakan 11- 23 November 2022 dengan instruktur yang luar biasa. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2154/checkout dan dapatkan seminar gratis serta bonus lainnya.

Apa Itu Aplikasi EvalBee?

Aplikasi EvalBee dirancang untuk membantu guru dalam membuat template soal-soal berbentuk pilihan ganda. Selain itu, aplikasi ini juga dirancang untuk bisa menghasilkan laporan soal secara instan dengan cara memindai lembar jawaban dengan kamera HP.

Pembuatan template pada aplikasi Evalbee bisa digunakan untuk berbagai jenis ujian, seperti JEE, AIMCET, NEET, dan Ujian MCQ lainnya.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini sebagai alat untuk memodifikasi lembar jawaban peserta didik secara otomatis, Anda harus menginstal aplikasi Evalbee dari Google Play Store terlebih dahulu. Berikut ini cara menginstal aplikasi Evalbee dengan mudah.

  • Buka aplikasi Google Play Store di Smartphone Anda terlebih dahulu.
  • Kemudian masukkan kata kunci “EvalBee” pada kolom pencarian.
  • Selanjutnya klik aplikasi “EvalBee”, lalu klik Instal.
  • Kemudian tunggu hingga proses mengunduh selesai.

Setelah menyelesaikan proses download dan instalasi di HP, Anda harus membuat akun di aplikasi tersebut. Anda bisa mendaftar dengan menggunakan alamat email yangmasih aktif.

Cara Menggunakan Aplikasi EvalBee

Dengan menggunakan aplikasi Evalbee, mengoreksi lembar jawaban siswa menjadi lebih mudah. Tentu saja, Anda akan mendapatkan banyak manfaat ketika menggunakan aplikasi ini. Melakukan koreksi atau memeriksa lembar jawaban siswa dengan EvalBee, Anda hanya perlu melakukan scan atau memindai lewat kamera HP. Kemudian, secara otomatis aplikasi akan berjalan untuk memproses lembar jawaban peserta didik yang benar atau yang salah.

Namun, sebelum Anda melakukan koreksi lembar jawaban secara otomatis, tentu saja ada beberapa pengaturan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah dan cara menggunakan aplikasi EvalBee untuk mengoreksi lembar jawaban siswa.

  • Pertama, Anda harus mendaftarkan akun terlebih dahulu.
  • Kemudian, menentukan wilayah yang terdiri dari nama, organisasi, kota, dan negara.
  • Selanjutnya, Anda bisa membuat tes baru.
  • Tentukan jumlah soal, tipe soal, dan jumlah poinnya.
  • Kemudian Anda harus membuat lembar jawaban komputer (LJK).
  • Tentukan kunci jawaban.
  • Lalu scan lembar jawaban LJK yang telah dibuat.
  • Kemudian setting dan simpan secara otomatis.
  • Terakhir, lihatlah hasil kinerja siswa.

Fitur Spesial EvalBee

Ada banyak fitur dari aplikasi yang dibuat oleh Ekodroid Labs yang bisa Anda manfaatkan. Sudah ada ribuan guru yang menginstal aplikasi ini karena dinilai aplikasi ini bisa membantu pekerjaan mereka dalam mengoreksi jawaban siswa.

Aplikasi Evalbee ini bisa melakukan pemindaian soal mencapai 240 soal. Itu artinya, walaupun soal yang  harus dikoreksi dalam jumlah banyak, tetapi bisa dilakukan secara praktis.

Selain itu, ketika proses koreksi sudah selesai, aplikasi ini bisa membuat rekapan nilai secara otomatis dalam format berbentuk file Excel. Sehingga jika hasil koreksi tersebut akan diolah lebih lanjut lewat program Excel akan lebih mudah dan Anda tidak perlu mengetik ulang.

Ada juga fitur membagi koreksian pada aplikasi ini. Fitur ini merupakan salah satu hal yang sangat menarik dari EvalBee. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mengirimkan hasil koreksian tersebut langsung kepada siswa melalui email atau SMS. Sehingga siswa bisa langsung melihat hasil tes yang telah mereka kerjakan dengan lebih cepat.

Halaman Selanjutnya

Fitur Aplikasi Berbasis Android Evalbee

Berita Terkait

Peran Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Kolaborasi Guru
Contoh Bentuk Kegiatan Kolaborasi Guru dan Siswa yang Dapat Anda Terapkan
Strategi Meningkatkan Kolaborasi Guru di Sekolah sebagai Kunci Sukses Pendidikan
Tantangan Guru dalam Mengelola Kelas dalam Pembelajaran Abad 21
Tips Ampuh Mengatasi Gangguan Kelas dan Jaga Fokus Siswa Tetap Optimal
Ciri-Ciri Guru Tidak Mampu Mengelola Kelas dengan Baik, Ini Solusinya!
Model-Model Pengelolaan Kelas yang  Inovatif Dapat Guru Gunakan di Kelas
Cara Pengelolaan Kelas yang Kreatif Mendorong Literasi dan Numerasi Siswa
Berita ini 1,501 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 12 September 2024 - 10:58 WIB

Peran Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Kolaborasi Guru

Rabu, 11 September 2024 - 21:34 WIB

Contoh Bentuk Kegiatan Kolaborasi Guru dan Siswa yang Dapat Anda Terapkan

Rabu, 11 September 2024 - 21:20 WIB

Strategi Meningkatkan Kolaborasi Guru di Sekolah sebagai Kunci Sukses Pendidikan

Selasa, 10 September 2024 - 12:28 WIB

Tantangan Guru dalam Mengelola Kelas dalam Pembelajaran Abad 21

Selasa, 10 September 2024 - 11:41 WIB

Tips Ampuh Mengatasi Gangguan Kelas dan Jaga Fokus Siswa Tetap Optimal

Berita Terbaru

Unduh Sertifikat Pendidikan 32 JP Gratis