Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar

- Editor

Rabu, 28 September 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Belajar adalah kegiatan untuk membuat diri lebih pandai, serta mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Dengan belajar kita akan mendapat banyak ilmu yang mungkin akan sangat bermanfaat di suatu hari nanti. Biasanya sih mencari ilmu itu di sekolah, namun sebetulnya mendapatkan ilmu itu bisa di mana saja, bahkan di tempat yang kita tidak sangka – sangka. Seperti tempat tongkrongan atau bahkan tempat melihat hiburan, yang penting kita bisa mencari peluang mendapatkan ilmu.

Belajar di sekolah memanglah asik dengan banyak teman membuat pembelajaran menjadi lebih riang dan membahagiakan. Tak ada lagi yang namanya bosan membuat kita lebih bersemangat lagi untuk belajar lebih giat lagi. nah dalam pendidikan tentu akan sangat banyak mata pelajaran yang harus kita pelajari, namun ada satu pembelajaran yang cukup aneh. Pembelajaran itu adalah tentang bahasa Indonesia, mengapa kita harus belajar pendidikan ini? mari kita simak aja penjelasan lengkapnya, simak baik – baik ya kawan!

Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Indonesia?

Sebelum melangkah ke dalam bahasan alasan utama dari kita belajar bahasa Indonesia alangkah baiknya kita ketahui lebih dulu bahasan mengenai bahasa Indonesia. Sejak kapan bahasa ini ada, serta bagaimana bahasa ini tercipta dan menghasilkan bahasa yang sangat solid menjadi bahasa pemersatu bangsa. Ini perlu di ketahui dulu agar pembahasan lanjutan yang akan kita jalani tidak mengalami kebingungan, yuk simak bersama!

Mengenal Bahasa Indonesia

Indonesia siapa sih yang gak tau tentang negara ini, dengan banyak pulau yang eksotis menghasilkan banyak keindahan yang bisa kita nikmati. Sudah kita banyak tau juga mengenai pembentukan negara Indonesia yang memang di jajah dengan begitu lamanya. Indonesia sendiri sudah merdeka sejak tahun 1945 pada tanggal 17 agustus. Bahasa pemersatu rakyat Indonesia adalah bahasa Indonesia itu sendiri, memang hampir mirip – mirip dengan bahasa di serumpun melayu.

Bahasa indonesia memang menjadi bahasa pemersatu bangsa yang mana memang Indonesia memiliki bahasa daerah yang cukup banyak. Sehingga perlu bahasa persatuan yang mana saat ini di sebut dengan bahasa Indonesia. Bahasa ini tercipta sejak ikrar sumpah pemuda yaitu pada bulan 28 oktober 1928. Dan pada saat itu juga menjadi momen pengukuhan bahasa ini menjadi bahasa nasional. Mulai dari penulisan yang lebih di permudah menjadikan bahasa ini sangat cocok untuk menjadi bahasa nasional Indonesia.

Bahasa persatuan nasional negara Indonesia ini di sah kan pada tanggal 18 agustus 1945. Tepat sehari setelah kemerdekaan bangsa Indonesia. Memang momen yang tepat untuk membuat bahasa persatuan agar seluruh penjuru nusantara bisa saling memahami satu sama lain. Sehingga kekuatan negara ini semakin menguat dengan persatuan yang di satukan oleh bahasa Indonesia. Tak ada lagi kecanggungan dalam berbicara antar suku, serta bahasa daerah yang mungkin akan sangat membingungkan.

Bahasa Indonesia saat ini sangat banyak di pelajari oleh orang luar negeri namun memang kesesuaian lidah tidaklah sama. Sehingga menghasilkan output kata – kata yang berbeda namun terkadang menjadi fasih jika belajar dengan giat. Menjadi suatu kebanggan bahasa Indonesia banyak di pelajari oleh orang luar negeri. Jika orang luar negeri saja mau belajar bahasa Indonesia mengapa bangsa Indonesia harus menolak belajar bahasa nasionalnya sendiri!

Halaman Selanjutnya

Belajar Bahasa Indonesia

Berita Terkait

Peran Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Kolaborasi Guru
Contoh Bentuk Kegiatan Kolaborasi Guru dan Siswa yang Dapat Anda Terapkan
Strategi Meningkatkan Kolaborasi Guru di Sekolah sebagai Kunci Sukses Pendidikan
Tantangan Guru dalam Mengelola Kelas dalam Pembelajaran Abad 21
Tips Ampuh Mengatasi Gangguan Kelas dan Jaga Fokus Siswa Tetap Optimal
Ciri-Ciri Guru Tidak Mampu Mengelola Kelas dengan Baik, Ini Solusinya!
Model-Model Pengelolaan Kelas yang  Inovatif Dapat Guru Gunakan di Kelas
Cara Pengelolaan Kelas yang Kreatif Mendorong Literasi dan Numerasi Siswa
Berita ini 24 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 12 September 2024 - 10:58 WIB

Peran Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Kolaborasi Guru

Rabu, 11 September 2024 - 21:34 WIB

Contoh Bentuk Kegiatan Kolaborasi Guru dan Siswa yang Dapat Anda Terapkan

Rabu, 11 September 2024 - 21:20 WIB

Strategi Meningkatkan Kolaborasi Guru di Sekolah sebagai Kunci Sukses Pendidikan

Selasa, 10 September 2024 - 12:28 WIB

Tantangan Guru dalam Mengelola Kelas dalam Pembelajaran Abad 21

Selasa, 10 September 2024 - 11:41 WIB

Tips Ampuh Mengatasi Gangguan Kelas dan Jaga Fokus Siswa Tetap Optimal

Berita Terbaru

Unduh Sertifikat Pendidikan 32 JP Gratis