Rekomendasi Buku untuk Guru: Guru Tetap Mengajar Walau Sudah Mengajar!

- Editor

Jumat, 17 Juni 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rekomendasi Buku untuk Guru – Pembelajaran dikatakan berhasil apabila kegiatan yang berlangsung di sekolah itu mampu memfasilitasi siswa dalam proses transfer of value dalam konteks pembentukan karakter bangsa (nation character building) sebagaimana yang tercantum dalam kurikulum resmi.

Namun demikian, tidak semua guru mampu mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran tersebut. Padahal, kegiatan pembelajaran merupakan faktor determinan bagi keberhasilan dan mutu lulusan.

Oleh karena itu, dalam mewujudkan pembelajaran yang baik dibutuhkan guru yang berkompeten, artinya mempunyai kompetensi.

Kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang guru tersebut yakni, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi professional, dan kompetensi kepribadian.

Dimana dalam prakteknya guru diminta tidak hanya menguasai kompetensi tersebut, tetapi juga diminta untuk meningkatkan kompetensi tersebut sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Guru yang berkompeten akan melaksanakan tugas belajar mengajar di kelas penuh semangat dan menyenangkan, serta penuh makna, murid selalu mendapatkan hal baru setiap kali masuk kelas untuk belajar.

Murid tidak akan pernah bosan untuk belajar di kelas karena gurunya berkompeten. Pada akhirnya, guru kompeten akan melahirkan murid-murid yang rajin belajar karena mereka mencintai proses pembelajaran dan memahami arti penting belajar bagi masa depan.

Rendahnya Kompetensi Guru

Masih banyak guru yang berkompetensi rendah. Contohnya, yang pertama yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik, dalam pelaksanaan pembelajaran banyak guru yang tidak menyesuaikan pembelajaran yang dibuatnya dengan keadaan, minat bakat, potensi, dan karakteristik siswa yang ada.

Sehingga proses pembelajarannya akan “hambar” dan mungkin pembelajaran yang disampaikan oleh guru tidak dapat diserap oleh anak.

Dengan begitu anak akan mengalami berkesulitan dalam belajar. Sehingga anak akan cepat merasa bosan dan tidak mau mendengarkan penjelasan pembelajaran dari guru.

Kemudian yang kedua berkaitan dengan kompetensi kepribadian, dimana masih banyak guru dalam pembelajaran yang tidak mencerminkan perilaku dan akhlak yang mulia.

Seperti berkata kasar pada anak ketika sedang terpancing emosinya dan melakukan tindakan kasar seperti menjewer dan memuluk siswanya.

Yang ketiga dalam kaitangnya dengan kompetensi Profesional, dimana masih banyak guru yang tidak professional dengan tugasnya. Seperti malas memberikan pengajaran pada siswanya di kelas dan malah memilih untuk mengobrol di kantor dengan guru lain dan hanya memberikan tugas tanpa ada dampingan dari guru tersebut.

Yang keempat dalam kaitannya dengan kompetensi sosial, dimana guru kurang bisa melakukan interaksi dan tidak bisa membangun komunikasi dengan siswanya. Sehingga tidak heran apabila dalam pembelajaran banyak terjadi mis komunikasinya.

Untuk memperbaiki kekeliruan tersebut, Berikut ini ada rekomendasi buku untuk guru agar dapat memperbaiki kekeliruan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Halaman berikutunya

Guru harus berani berkarya

Guru Harus Berkarya

Selain kompetensinya dalam pembelajaran, guru juga harus bisa menajamkan kompetensinya dalam berkarya dan berkarir. Berkarya dan berkarir ini artinya berkarya dengan gagasan, pemikiran atau ide yang dapat menjadi modal untuk berkarir.

Misalnya, dengan menulis. Menulis bagi guru suatu hak yang lumrah. Akan tetapi, lebih baik lagi jika kepandaian menulis itu menjadi bagian terpenting dalam meningkatkan jenjang karir.

Dengan menulis melalui artikel populer, karya ilmiah, serta buku ber-ISBN, guru dapat menjadikan tulisan-tulisan tersebut menjadi angka kredit (AK) untuk kenaikan pangkat. Tidak hanya itu, menulis juga dapat dilombakan dalam berbagai kompetisi yang diselenggarakan.

Buku yang berjudul “Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar” merupakan buku yang dibuat berdasarkan pengalaman nyata dari berbagai pendidik yang inspiratif.

Guru-guru yang inspiratif ini yang kemudian saat ini menjadi instruktur di e-Guru.id yang secara rutin memberikan materinya melalui pengalaman dan pengetahuan dalam berbagai kegiatan, seperti diklat, pelatihan, workshop, seminar nasional, lokakarya, dan lain sebagainya.

Buku ini menjadi salah satu rekomendasi buku untuk guru miliki. Buku ini juga tentunya bisa menjadi penggerak guru-guru yang memang ingin menjadi guru profesional melalui kreativitas, karya, pengalaman, dan pengetahuan.

Adapaun dalam buku ini mengulas berbagai hal tentang; kiat-kiat menulis buku bagi guru, belajar sosial emosional, cara sukses mengajar, menghargai waktu, funtastic ice breaking, dan masih banyak lagi pengalaman-pengalaman yang lain-lain.

Segera dapatkan dan miliki buku “Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar” yang diterbitkan oleh e-Guru.id dan dikhususkan untuk guru yang bersemangat menjadi guru yang profesional dan berintegritas.

Dapatkan juga bonus menarik dari e-Guru.id. Buku ini sangat terbatas lho, segera dapatkan dan rasakan menfaatnya!

Untuk cara pemesanan buku, klik di sini

Berita Terkait

Kabar Gembira Khusus Guru Non Sertifikasi dari Ditjen GTK, Segera Cek Per 6 Mei 2024
Bulan Mei Guru dan Kepala Sekolah Siap Mendapatkan TPP Namun  Ada Yang Tidak, Bagaimana Regulasi Sebenarnya?
Ini Nominal Gaji Ke 13 Yang Akan Diterima guru Sertifikasi maupun Non Sertifikasi Tahun 2024
Kabar Gembira, Pemerintah Siap Gelar Pendataan Honorer yang Belum Masuk Database BKN, Jangan Sampai Terlewat!
Resmi Surat Edaran Pemda, Kabar Pahit Bagi Guru Honorer Belum Masuk Dapodik dan Database BKN
4 Kriteria Guru 100% Dipanggil PPG Dalam Jabatan  2024, Apakah Anda Termasuk?
PPPK Mendapatkan Kabar Gembira Terkait Masa Kontrak, Cek Syarat dan Mekanismenya!
2 Kabar Buruk untuk Guru Honorer Menjelang Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024
Berita ini 10 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 30 April 2024 - 10:32 WIB

Kabar Gembira Khusus Guru Non Sertifikasi dari Ditjen GTK, Segera Cek Per 6 Mei 2024

Selasa, 30 April 2024 - 09:53 WIB

Bulan Mei Guru dan Kepala Sekolah Siap Mendapatkan TPP Namun  Ada Yang Tidak, Bagaimana Regulasi Sebenarnya?

Senin, 29 April 2024 - 11:43 WIB

Ini Nominal Gaji Ke 13 Yang Akan Diterima guru Sertifikasi maupun Non Sertifikasi Tahun 2024

Senin, 29 April 2024 - 11:02 WIB

Kabar Gembira, Pemerintah Siap Gelar Pendataan Honorer yang Belum Masuk Database BKN, Jangan Sampai Terlewat!

Sabtu, 27 April 2024 - 11:00 WIB

Resmi Surat Edaran Pemda, Kabar Pahit Bagi Guru Honorer Belum Masuk Dapodik dan Database BKN

Jumat, 26 April 2024 - 11:35 WIB

PPPK Mendapatkan Kabar Gembira Terkait Masa Kontrak, Cek Syarat dan Mekanismenya!

Jumat, 26 April 2024 - 10:37 WIB

2 Kabar Buruk untuk Guru Honorer Menjelang Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024

Jumat, 26 April 2024 - 10:01 WIB

Ketetapan Presiden Untuk Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi di Juni 2024

Berita Terbaru