9 Jenis Model Pembelajaran Cooperative untuk Meningkatkan Kerjasama Peserta Didik

- Editor

Senin, 13 Juni 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Model pembelajaran cooperative merupakan model pembelajaran berkelompok dengan jumlah tertentu dan bertujuan untuk saling memotivasi antara sesama anggota kelompok agar mendapatkan hasil belajar secara maksimal.

Tujuan model pembelajaran cooperative adalah untuk memaksimalkan hasil belajar yang ingin dicapai dari tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Jenis Model Pembelajaran Cooperative

  1. Jigsaw

Model pembelajaran Jigsaw adalah suatu model dimana peserta didik bekerja dalam suatu kelompok dan diberi materi untuk dipelajari, dengan masing – masing anggota kelompok secara acak ditugaskan untuk menjadi ahli pada suatu aspek tertentu dari materi. Setelah membaca dan mempelajari materi maka ahli dari setiap kelompok berkumpul untuk mendiskusikan topik mereka dan kemudian kembali ke kelompok masing-masing untuk menjelaskan topik yang mereka kuasai dari teman sekelompoknya.

  1. NHT (Number Heads Together)

Pada model pembelajaran ini peserta didik diminta untuk memberi nomor pada diri mereka masing-masing dalam kelompoknya yang dimulai dari angka 1 hingga 4. Kemudian guru mengajukan pertanyaan dan beri batasan waktu untuk menjawabnya dan peserta didik dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan mengangkat tangan. Setelah itu guru menyebut angka antara 1 sampai 4 untuk meminta seluruh peserta didik dari semua kelompoknya dengan nomor tersebut menjawab pertanyaan yang disampaikan sebelumnya. Guru menandai peserta didik yang menjawab benar dan menambah pemahaman peserta didik mengenai jawaban dari pertanyaannya melalui diskusi.

  1. STAD (Student Teams Achievement Divisions)

Pada model pembelajaran ini peserta didik dikelompokan ke dalam kelompok kecil dan kemudian diberikan presentasi materi pembelajaran dan tes. Nilai-nilai individu digabungkan menjadi nilai tim. Sehingga walaupun peserta didik di tes secara individu namun tetap didorong untuk bekerja sama dalam meningkatkan kinerja da prestasi kelompoknya.

  1. TAI (Team Assisted Individualization atau Team Accelerated Instruction)

Tipe pembelajaran ini merupakan penggabungan dari pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual. Pada model pembelajaran ini peserta didik mengikuti tingkatan yang bersifat individual berdasarkan ter penempatan dan kemudian dapat maju ke tahap selanjutnya berdasarkan tingkat kecepatan belajarnya.

  1. TPS (Think Pair Share)

Model pembelajaran ini memungkinkan untuk setiap anggota pasangan peserta didik untuk berkontemplasi terhadap sebuah pertanyaan yang diajukan. Setelah diberikan waktu yang cukup maka selanjutnya diminta untuk mendiskusikan apa yang telah mereka pikirkan dengan pasangannya masing-masing. Kemudian setelah diskusi selesai maka guru mengumpulkan tanggapan atau jawaban atas pertanyaan yang telah diajukan tersebut dari seluruh kelas.

  1. Picture and Picture

Model pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru sebagai upaya untuk membangkitkan motivasi peserta didik dalam belajar dengan menggunakan gambar dan juga akan terasa menyenangkan sehingga dapat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif peserta didik.

  1. Problem Posing

Model pembelajaran ini pada prinsipnya adalah suatu model pembelajaran yang mewajibkan peserta didik untuk mengajukan soal sendiri melalui belajar soal secara mandiri. Pada model pembelajaran ini mewajibkan peserta didik untuk megajukan soal sendiri melalui belajar soal secara mandiri.

  1. Teams Games Tournament (TGT)

Model pembelajaran ini mirip dengan tipe STAD akan tetapi bedanya ada pada kuis yang digantikan dengan turnamen mingguan. Pada model pembelajaran ini peserta didik saling berkompetisi dengan peserta didik dari kelompok lain agar dapat memberikan kontribusi poin bagi kelompoknya.

  1. Cooperative Script (SC)

Model pembelajaran ini merupakan penyampaian materi ajar yang diawali dengan pemberian wacara atau ringkasan materi ajar kepada peserta didik yang kemudian diberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membacanya sejenak dan memberikan masukan ide atau gagasan baru kedalam materi ajar yang diberikan guru dan kemudian peserta didik diarahkan untuk menunjukan ide-ide pokok yang kurang lengkap dalam materi yang ada secara bergantian sesama pasangan masing-masing.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(esy/esy)

Berita Terkait

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Berita ini 447 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:15 WIB

Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Berita Terbaru