Home / News

Kamis, 30 Desember 2021 - 11:23 WIB

8 Tips Mengajar Asyik dan Menyenangkan

Tips mengajar dengan menyenangkan akan dibagikan untuk membantu guru dalam menciptakan suasana belajar yang lebih asyik.

Mengajar adalah jalan, aturan, atau sistem yang diterapkan oleh seorang pengajar dalam mengorganisasi dan mengatur lingkungan pembelajaran dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menciptakan kesempatan bagi siswa untuk melakukan pembelajaran.

Berikut delapan tips mengajar yang dapat Anda simak:

  1. Memanfaatkan Teknologi

Salah satu mengajar yang menyenangkan adalah dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Teknologi digunakan tidak hanya saat proses belajar mengajar online saja, namun pembelajaran offline juga bisa menggunakannya. Dengan menggunakan teknologi akan menciptakan suasana belajar yang seru.

Teknologi yang dapat digunakan pada saat pembelajaran offline yaitu berupa smartboard, projector, dan media interaktif yang dapat didapatkan secara gratis maupun berbayar.

Sedangkan pada pembelajaran online, teknologi yang dapat digunakan oleh guru adalah laptop atau smartphone untuk dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Berbagai aplikasi pembelajaran kini telah berkembang pesat sehingga dapat mendukung pembelajaran online.

2.. Melakukan Variasi

Dengan melakukan variasi metode mengajar akan memberikan pengaruh positif kepada para siswa. Berbagai hal seperti melakukan game akan membuat siswa semangat dalam belajar, game yang digunakan tentu berhubungan dengan materi pembelajaran dan melakukan diskusi dengan siswa. Hal tersebut akan membuat siswa menjadi aktif dan lebih memahami subjek pembelajaran.

Baca Juga:  5 Jenis Pendekatan Pembelajaran yang Wajib Diketahui Guru

3. Interaktif

Pembelajaran interaktif dapat diberikan dengan menampilkan animasi, powerpoint, video pembelajaran dan lain sebagainya. Dengan itu akan membantu guru agar materi yang disampaikan tidak membosankan.

4. Memberikan Reward

Guru dapat memberikan reward atau apresiasi kepada siswa dengan memberikan hadiah. Hadiah diberikan kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan kuis atau test harian di kelas. Dengan itu akan membuat siswa menjadi termotivasi dalam meningkatkan semangat belajar siswa dan tentunya membuat suasana belajar menjadi seru dan menyenangkan.

5. Menciptakan Lingkungan Kelas yang Menarik

Suasana belajar menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. dengan lingkungan kelas yang ditata semenarik mungkin akan membuat siswa senang dan nyaman dalam belajar.

Baca Juga:  Mengenal 3 Model Pembelajaran Paling Populer dalam Dunia Pendidikan

6. Memberikan Pertanyaan pada Siswa

Guru dapat memberikan pertanyaan kepada siswa dengan ditunjuk secara acak. Selain itu juga siswa dapat saling mengangkat tangannya untuk dapat menjawab pertanyaan terlebih dulu. Dengan itu akan menciptakan suasana kelas yang ramai dan menyenangkan.

7. Hindari Menggunakan Teknik Ajar yang Sama

Pembelajaran yang dilakukan setiap hari dengan cara atau teknik mengajar yang sama maka akan membuat siswa menjadi bosan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

8. Membuat Diskusi di Kelas

Guru dapat membuat kelompok kecil di dalam satu kelas dan menugaskan siswa untuk mendiskusikan sebuah materi yang telah disampaikan oleh guru. Kemudian siswa dapat memaparkan atau mempresentasikan kembali hasil diskusi di kelompoknya.

Diatas merupakan beberapa tips mengajar yang dapat Anda lakukan dalam proses pembelajaran di kelas untuk menciptakan suasana belajar yang asyik dan menyenangkan.

Daftarkan diri Anda sebagai Member e-Guru.id untuk mendapatkan pelatihan GRATIS!

Penulis : Eka Susiyanti

Share :

Baca Juga

News

Cara Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka, Simak Penjelasannya

News

Cara Instal dan Mengenal Fitur Class Point untuk Membuat Pembelajaran Makin Asyik

News

Standar Kualifikasi Guru dan Tenaga Kependidikan dari Tingkat PAUD-SMA
Kenali Komponen Desain Grafis

News

Peranan Teknologi Dalam Kegiatan Pembelajaran Pada Era New Normal

News

RESMI! Kabar Baik Dari Menpan RB Terkait Nasib Tenaga Honorer Setelah Pendataan Tenaga Non ASN

News

Syarat Guru Honorer Diangkat Jadi PPPK

News

Kenapa Guru Harus Menulis Buku?

News

Powerpoint sebagai Media Paling Efektif dalam Pembelajaran