7 Tips untuk Orang Tua agar Anak Semangat dan Nyaman Belajar Online

- Editor

Selasa, 28 September 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Selama pembelajaran online, semua pihak wajib terlibat aktif. Mulai dari guru, siswa, hingga orang tua. Tak heran jika banyak orang tua yang merasa kesulitan dalam mendampingi anaknya selama belajar di rumah. Hal ini karena memang belum terbiasa. 

Tapi tenang saja, karena sebenarnya, anak-anak akan mudah dan mau belajar dan mengerjakan tugas jika Anda mengetahui tipsnya. Salah satu aspek yang membuat anak mau belajar di rumah adalah kenyamanan. Sehingga, Anda dituntut untuk memberikan kenyamanan anak selama belajar di rumah saja. 

Selain guru, orang tua juga meski mengetahui tips agar bisa menciptakan sebuah suasana belajar online yang menyenangkan bagi para anak. Bagaimana caranya?

Berikut adalah tips untuk orang tua agar anak nyaman belajar online dari rumah.

1.       Membuat jadwal belajar harian

Tips yang pertama adalah dengan membuatkan jadwal belajar harian. Sesibuk apapun Anda di rumah, tetap sisihkan waktu untuk membuatkan jadwal belajar harian anak. Kenapa? Karena dengan adanya jadwal harian, anak Anda bukan hanya sekedar tahu kapan ia akan belajar, tapi bisa melatihnya untuk lebih disiplin dan bisa mengatur waktu. Sehingga, ada baiknya jika jadwal yang Anda berikan bukan hanya sekedar jadwal belajar harian saja. Tapi juga buatkan jadwal yang lainnya. Misal, jadwal tidurnya pukul berapa, jam berapa boleh menggunakan HP, dan lain sebagainya. 

Awalnya, jadwal-jadwal tersebut mungkin akan memberatkan anak. Namun lambat laun, ia pasti akan mulai belajar dan menyesuaikan diri. Yang pada akhirnya menjadikannya sebagai pribadi yang disiplin dalam berbagai hal. Hanya saja, Anda juga meski benar-benar memperhatikan jadwal tersebut, melakukan kontrol, dan memberikan sanksi jika ada jadwal yang dilanggar. Sanksinya yang sederhana saja. Jangan menyakiti perasaannya, dan jangan pula memukulnya. Cukup berikan nasihat yang baik, dan ingatkan ia tentang pentingnya menjadi disiplin.

2.      Sediakan ruang belajar

Tips untuk orang tua agar anak nyaman belajar online berikutnya adalah dengan menyediakan ruang belajar. Hal ini karena biasanya, dengan belajar di ruangan khusus akan membuatnya lebih nyaman ketika belajar. Untuk proses penyediaan, Anda tidak perlu menyediakan ruangan yang besar. Karena memang, ruang belajar bisa dibangun di lahan yang kecil saja. 

Selain itu, Anda juga tidak harus mengisi ruang belajar dengan perlengkapan mewah. Cukup dengan barang-barang yang dibutuhkan anak saat belajar saja. Misal, meja dengan kursi. Agar suasana belajarnya lebih menyenangkan, hiaslah ruang tersebut dengan barang-barang sederhana. Selain itu, untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas, gunakan cat yang warnanya lembut. Salah satunya adalah warna putih.

3.      Siapkan kuota khusus untuk belajar online

Tips yang tidak kalah pentingnya adalah dengan menyediakan dana khusus untuk membeli paketan. Dengan adanya dana khusus untuk pembelian paket belajar akan membuat anak Anda lebih semangat dalam belajar. Karena kebutuhannya sudah terpenuhi. Karena kadang-kadang, jika tidak disiapkan bisa saja membuatnya tidak begitu semangat dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini karena merasa enggan untuk meminta. Maka, alangkah baiknya jika Anda sediakan saja tanpa harus diminta.

4.      Selalu beri dukungan

Tips selanjutnya adalah dengan memberikan support terhadap pendidikannya. Ingat, bahwa Anda adalah support system utamanya. Yang mana, jika dukungan yang Anda berikan penuh, dalam artian sepenuh hati, bisa membuatnya lebih giat dalam mengikuti pembelajaran online. Karena merasa mendapat dukungan yang penuh. Selain itu, usahakan untuk memujinya, memberikan apresiasi terhadap pencapaian-pencapaiannya, sekecil apapun itu.

5.      Dampingi

Kadang-kadang, ada baiknya jika di tengah kesibukan, Anda menyempatkan diri untuk mendampingi anak belajar. Karena mereka membutuhkan hal tersebut. Dampingan yang dibutuhkan anak tidak 100 persen. Paling tidak, dampingilah ia sesekali. Tanyakan kesulitan-kesulitan selama pembelajaran online. Dampingan yang Anda berikan secara tidak langsung membuatnya lebih semangat.

Dalam mendampingi anak ketika pembelajaran online, Anda bisa mengerjakannya dengan mengakses materi-materi yang ada di berbagai situs. Untuk saat ini, sudah ada berbagai macam situs penyedia materi online. Maka, gunakanlah materi dari situs yang terpercaya. Kemudian dampingi anak Anda, arahkan ia untuk menyelesaikan tugas demi tugasnya dengan baik dan benar.

6.      Jangan membandingkan anak dengan anak lain

Sebagai orang tua, Anda meski menyadari bahwasanya setiap anak itu istimewa dan setiap mereka berbeda. Anda tidak bisa memaksakan kelebihan anak orang lain ada pada anak Anda. Karena hal tersebut akan membuatnya merasa tidak nyaman selama belajar. Baik itu ketika pembelajaran online maupun pembelajaran offline.

7.      Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Tips terakhir adalah dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan memberikan apresiasi kepada anak. Misal, dengan mengajaknya ke taman sekitar rumah ketika nilainya bagus. Dan lain sebagainya.

Demikian beberapa tips untuk orang tua agar anak nyaman belajar online. Selain tips di atas, tentu masih ada berbagai macam tips lainnya. Anda bisa mencoba beberapa di antaranya.

Oleh Rita Indah Purweny,S.Pd, Guru SMPN 18 SEMARANG

Berita Terkait

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka
Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 
Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan
Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan
Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan
Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 
Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua
Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:35 WIB

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

Senin, 19 Februari 2024 - 15:20 WIB

Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 

Jumat, 16 Februari 2024 - 09:32 WIB

Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan

Selasa, 13 Februari 2024 - 10:50 WIB

Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan

Selasa, 6 Februari 2024 - 10:35 WIB

Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan

Senin, 5 Februari 2024 - 10:27 WIB

Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:55 WIB

Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:20 WIB

Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan

Berita Terbaru