6 Jenis Literasi Yang Wajib Diajarkan Guru, Agar Siswa Sukses Lulus Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

- Editor

Senin, 25 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Literasi untuk lulus Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)– Literasi saat ini menjadi hal penting yang perlu diajarkan oleh guru kepada siswanya. Terlebih, saat ini Kemendikbudristek telah menyelenggarakan Asesmen Nasional di beberapa sekolah yang terpilih. Dalam Asesmen Nasional, salah satunya terdapat ujian Asesmen Kompetensi Minumum (AKM) yang ditujukan untuk peserta didik baik di tingkat SD, SMP dan SMA.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ini akan menguji dan mengukur seberapa jauh kemampuan literasi peserta didik. Hasil pengukuran AKM ini tentunya menjadi cerminan bahwa sekolah mampu atau tidaknya, dalam mengajarkan literasi kepada siswa. Sehingga, ini menjadi PR bagi sekolah khususnya guru agar mengajarkan literasi kepada siswanya.

Lalu, literasi apa saja yang harus diajarkan oleh guru kepada siswa agar lolos Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ini?

Sebelum itu, perlu Anda ketahui, jika literasi tidak melulu tentang membaca buku dan bisa menulis. Anggapan bahwa literasi hanya sekedar bisa membaca dan menulis, sebaiknya Anda buang jauh-jauh. Sebab, literasi memiliki makna yang luas. Dan literasi juga memiliki beberapa jenisnya.

Literasi sendiri memiliki arti yaitu kemampuan dalam proses pengetahuan dan memahami secara menyeluruh melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, menulis, menyimak, berbicara.

Literasi disebut juga dengan istilah multiliterasi. Istilah multiliterasi merupakan keterampilan dengan berbagai cara untuk memahami konsep-konsep dan informasi dalam berbagai bentuk teks atau media untuk meningkatkan hasil belajar.

Sedangkan, jenis-jenis literasi sebenarnya, cukup banyak seiring perkembangan zaman. Namun, Anda cukup mengajar 6 literasi dasar kepada peserta didik Anda. Kemendikbudristek juga menyarankan 6 literasi dasar ini untuk wajib diajarkan dan dikuasai oleh siswa Anda.

6 jenis literasi yang wajib diajarkan Guru kepada siswa agar lulus AKM, Apa saja itu?

Nah, 6 jenis literasi dasar yang wajib diajarkan ke siswa Anda. Agar siswa bisa mudah mengerjakan soal AKM dan lulus ujian AKM, yaitu

1. Literasi Baca Tulis

Literasi Baca tulis merupakan hal yang paling dasar dan wajib untuk diajarkan terlebih dahulu. Dalam hal ini, siswa bukan hanya bisa sekedar dapat membaca dan menulis saja.

Tetapi, Anda juga harus dapat mengajar siswa Anda agar mampu untuk mengidentifikasi, menentukan, menemukan, mengevaluasi, menciptakan, menggunakan dan mengkomunikasikan informasi untuk mengatasi bermacam-macam persoalan.

Karena salah satu soal ujian AKM akan meminta siswa Anda untuk menganalisis suatu bacaan yang cukup panjang. Dan literasi baca tulis menjadi salah satu fokus penting dalam mengukur kemampuan literasi siswa Anda. Jadi, penting bagi Anda untuk ajarkan kepada siswa Anda.

2. Literasi Numerasi 

Ada yang tidak kalah penting juga untuk diajarkan kepada siswa Anda. Literasi Numerasi sendiri merupakan kemampuan siswa dalam menggunakan simbol-simbol dan angka yang berkaitan dengan matematika dasar dalam kehidupan sehari-hari.

Serta, siswa Anda juga harus bisa menganalisis dan menginterpretasikan penyajian data angka dalam suatu informasi. Jadi, literasi numerasi ini bukan sekedar dapat mengerjakan soal matematika dengan menggunakan rumus yang ada.

Dalam AKM, literasi numerasi juga menjadi tolak ukur kemampuan literasi siswa Anda dalam membaca dan menafsikan data angka seperti grafik, tabel, bagan, dll yang terdapat dalam sebuah bacaan yang disediakan. Untuk itu, kemampuan ini perlu juga Anda ajarkan kepada siswa Anda.

3. Literasi Sains.

Selain dapat menguasai literasi baca tulis dan numerasi. Penting juga, siswa Anda dapat memiliki kemampuan literasi sains. Terlebih, perkembangan dunia sains modern makin berkembang. Jangan anggap literasi sains ini sekedar seperti pelajaran IPA.

Literasi Sains sendiri adalah kemampuan siswa dapat membuktikan suatu fenomena alam maupun sosial secara ilmiah.

Jadi, siswa diminta dapat berfikir secara ilmiah, empiris dan kritis. Bukan sebuah asumsi-asumsi semata. Sehingga, siswa Anda dapat menjawab soal-soal AKM yang membutuhkan pemikiran ilmiah.

4. Literasi Finansial

Masih ada lagi, literasi yang perlu diajarkan kepada siswa di sekolah nanti. Ya, literasi finansial. Dimana siswa mampu dalam mengaplikasikan tentang konsep, risiko, keterampilan dan motivasi dalam kontek finansial.

Tujuannya, agar siswa memiliki kemampuan berfikir panjang dalam mengambil keputusan, memiliki sebuah ketrampilan dan motivasi yang jelas.

Sehingga, siswa jadi individu yang mandiri dan bertanggung jawab, contoh mudahnya mengajarkan kewirausahaan dalam diri siswa.

Ini menjadi penting bagi Anda untuk mengajarkan ke siswa Anda. Khususnya saat ujian AKM, siswa Anda akan diminta untuk menentukan keputusan sesuatu hal pada salah satu soal AKM nantinya.

5. Literasi Budaya dan Kewarganegaraan

Lainnya yang juga perlu diajarkan adalah literasi Budaya dan Kewarganegaraan. Literasi ini bertujuan agar siswa Anda memiliki rasa identitas jati diri sebagai warga negara Indonesia.

Sehingga, rasa nasionalisme dan rasa bangga muncul dalam diri siswa Anda. Selain itu, literasi Budaya dan kewarganegaraan juga mengajarkan kesedaran siswa Anda akan apa saja hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Nah, literasi Budaya dan Kewarganegaraan ini akan muncul dalam ujian AKM dan Survei Karakter. Lagi-lagi ini penting bagi Anda untuk diajarkan ke siswa Anda.

6. Literasi Digital

Terakhir, mengenai literasi digital. Hal ini menjadi penting mengingat kemajuan dunia digital makin berkembang. Hal ini menjadi perlu bagi siswa Anda untuk memiliki kemampuan literasi digital. Tetapi, Makin majunya dunia digital, muncul pula informasi yang mengandung hoax, dan berita-berita bohong di sosial media.

Dengan literasi digital ini, siswa Anda dapat menggunakan media digital secara beretika dan bertanggung jawab serta dapat memilah informasi dengan baik dan tepat.

Sehingga, penting bagi Anda untuk mengajarkan literasi digital ke siswa Anda. Literasi digital ini juga akan berguna bagi siswa Anda saat ujian AKM nanti, karena ujian AKM akan diselenggarakan secara daring maupun semi daring. Untuk itu, hal ini sangat diperlukan.

Lalu, Bagaimana Cara mengajarkan 6 Jenis Literasi ini ke siswa?

Nah, itu dia 6 literasi dasar yang harus Anda ajarkan ke siswa Anda. Bukan hanya bagi siswa yang terpilih mengikuti ujian AKM saja. Namun juga ke semua siswa Anda di sekolah, sebagai bekal pengetahuan dan ketrampilan bagi mereka kedepannya.

Tetapi, untuk mengajarkan 6 literasi ini tidak mudah, dan tentunya ada caranya, bagaimana caranya?

Agar 6 jenis literasi ini mudah tersampaikan kepada siswa Anda. Sebelum mengajarkan 6 jenis literasi tersebut, Anda perlu untuk memperlajari mengenai konsep 6 jenis literasi dasar ini beserta contoh-contoh terlebih dulu.

Anda dapat mempelajari 6 jenis literasi ini dari berbagai sumber-sumber di internet. Namun, tentu hal itu akan sedikit membutuhkan waktu yang banyak.

Jangan khawatir, karena Anda masih bisa mempelajari 6 jenis literasi dasar ini melalui pelatihan. Melalui pelatihan, Anda akan memiliki pemahaman konsep secara struktur dan terbimbing. Selain itu, Anda tidak perlu membuang-buang waktu hanya untuk browsing mengenai 6 jenis literasi ini di Internet.

Tertarik mendalami 6 literasi dasar agar siswa sukses lulus AKM?

Anda bisa mengikuti pelatihan 32 JP, bertema ” Pembelajaran Aktif dan Kreatif 6 Literasi Dasar” yang diselenggarakan oleh e-guru.id dengan mendaftar >>>Disini<<<

More info : 0857-2541-0559 (Desyana)

Ingin mendapatkan informasi mengenai pendidikan bisa langsung gabung melalui chanel telegram >>> https://t.me/gurubelajarmerdeka

(Zuzun/ZH)

Berita Terkait

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG
Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran
Terbaru, Siaran Pers Kemdikbud untuk  Guru TK,SD, SMP, dan SMA/SMK Tertanggal 16 Mei 2024, Simak Selengkapnya!
Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Berita ini 218 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:22 WIB

Terbaru, Siaran Pers Kemdikbud untuk  Guru TK,SD, SMP, dan SMA/SMK Tertanggal 16 Mei 2024, Simak Selengkapnya!

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Berita Terbaru