Home / Pelatihan Guru / Pengembangan Diri / Pengembangan Profesi

Jumat, 26 Februari 2021 - 17:34 WIB

5 Tips Penting Membuat Presentasi sebagai Media Pembelajaran Guru

Tips membuat presentasi – Membuat presentasi yang baik harus memenuhi beberapa syarat utama. Sehingga presentasi tersebut ketika digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru dapat membuat siswa mudah untuk memahami dan tertarik untuk mengikuti. 

File presentasi dapat dibuat menggunakan Microsoft PowerPoint. Hampir semua guru pasti sudah tahu tentang program yang sangat populer tersebut.

Masalah yang sering terjadi dalam pembuatan presentasi adalah ketidakmampuan membuat poin-poin penting. Sehingga presentasi yang dibuat terlihat tidak rapi dan terlalu panjang. Banyak teks yang kemudian masuk dalam slide presentasi. Dan tampilan seperti itu dapat membuat audiens jenuh dan malas menyimak presentasi Anda.

Kasus lain yang sering dijumpai dalam pembuatan presentasi adalah tidak mampu membuat tampilan presentasi yang menarik. Sehingga visual presentasi tidak dapat menarik perhatian siswa. Apalagi jika sampai teks tidak dapat terbaca dengan baik. Tentu saja hal seperti itu tidak diharapkan.

Berikut ini akan kami paparkan beberapa tips untuk membuat presentasi yang efektif sebagai media pembelajaran. 

Baca Juga:  Hari Terakhir Pendaftaran Bimtek 35JP : Kupas Tuntas Mudahnya Publikasi Ilmiah untuk Naik Pangkat

Minimalkan Jumlah Slide

Jangan terlalu banyak membuat slide dalam presentasi. Yang perlu Anda lakukan dalam membuat presentasi adalah menampilkan poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan. Selebihnya, Anda bisa menjelaskan melalui penjelasan Anda sendiri. 

Jumlah slide yang terlalu banyak akan membuat siswa jenuh untuk menyimak slide presentasi Anda. Oleh sebab itu, buanglah slide yang tidak perlu.

Pemilihan Font dan Kalimat

Gunakan font yang mudah dibaca oleh audiens/siswa. Dan susunlah kalimat-kalimat singkat untuk slide presentasi.

Jangan menggunakan font yang terlalu aneh, namun pilihlah font standar seperti Lato, Arial, Times New Roman, dan sejenisnya. Ukuran font juga perlu Anda perhatikan. Pastikan ukuran font dapat terlihat dengan jelas.

Terkait kalimat, gunakan kalimat yang efektif. Jangan pernah memasukkan satu paragraf dalam slide karena tampilan seperti itu akan membuat visual slide Anda buruk.

Gunakan Gambar

Gunakan gambar yang mendukung dengan topik materi Anda. Misal Anda sedang menerangkan terkait benda-benda langit, maka Anda bisa menggunakan gambar luar angkasa atau gambar yang relevan dengan materi Anda.

Baca Juga:  Kepribadian Seorang Guru Yang Cocok Untuk Mengajar Generasi Alpha

Kehadiran gambar dalam slide akan membuat audiens tertarik untuk menyimak presentasi Anda.

Pemilihan Warna Latar Belakang 

Perhatikan antara warna latar belakang dan warna teks. Warna kedua elemen tersebut harus kontras agar mudah terbaca oleh siswa Anda.

Menghindari Typo

Hindari salah dalam pengetikan (typo). Sebab, salah dalam pengetikan akan membuat Anda tampak tidak teliti di depan siswa Anda sendiri.

Menghindari kesalahan pengetikan, Anda bisa menggunakan Google Doc. Ketik atau salin kalimat Anda di halaman tersebut, jika terdapat kesalahan maka akan terdapat garis merah di bawahnya.

Apakah Anda seorang guru yang ingin tahu bagaimana cara membuat presentasi menggunakan PowerPoint yang menarik? Ikuti seminar GRATIS ini untuk member e-Guru.id.

Daftar sebagai member e-Guru.id di SINI.

Untuk info lebih detail, silakan menghubungi kontak ini: WhatsApp dan Telegram  

Share :

Baca Juga

Pengembangan Profesi

Seleksi Akademik PPG, Simak Kisi-Kisi dan Sistem Ujian

News

Diklat Ini Gratis Bersertifikat 40 JP, Guru Wajib Mendaftar Sekarang Juga Sebelum Ditutup!

Pelatihan Guru

Download Materi Hari Ke-1 Workshop 32JP : Cara Mendaftar Canva Premium Gratis dan Pengenalan Canva
https://naikpangkat.com/terbatas-paket-hemat-bundling-2-pelatihan-gurupintar/

Advertorial

Terbatas Paket Hemat Bundling 2 Pelatihan GuruPintar

Pelatihan Guru

DIKLAT NASIONAL GRATIS 40 JP: Guru Profesional Memasuki Era Edukasi 4.0

Karya Ilmiah

Unduh Sertifikat dan fasilitas Diklat 32JP Guru Bisa Menulis

Pelatihan Guru

Pelatihan Membuat e-Modul Berbasis Android

Advertorial

Jangan Sampai Ketinggalan! Diklat Bersertifikat 32JP Menyusun Dokumen Penilaian Pembelajaran Secara Otomatis dan Praktis