Home / Karya Inovatif

Sabtu, 27 Maret 2021 - 14:59 WIB

5 Game Edukatif yang Mendukung Perkembangan Anak

Game Edukatif – Tidak semua game yang terdapat di ponsel memiliki dampak buruk terhadap perkembangan anak. Terdapat beberapa game edukatif yang bisa dimanfaatkan oleh guru dan orang tua untuk mendukung perkembangan anak. Misalnya, game yang mendukung perkembangan bahasa, kemampuan matematika, dan lain sebagainya. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa era digital seperti sekarang ini bisa berdampak buruk pada anak, misalnya jika sudah terpengaruh game online. Game yang dapat diakses lebih mudah bisa membuat anak kecanduan dan dapat memperlambat perkembangan anak. Oleh sebab itu, para guru terlebih para orang tua dituntut agar setia dan cerdas dalam memberikan pendampingan kepada anak dalam penggunaan media teknologi. 

Namun demikian, terdapat sisi positif juga di era digital. Media belajar jadi lebih variatif. Bahkan game pun bisa dijadikan sebagai media pembelajaran. Dan game-game tersebut bisa didapatkan secara gratis. 

Bagi seorang guru yang ingin menghadirkan game edukatif bisa membuatnya sendiri atau meminta siswa untuk download game-game berikut ini:

Baca Juga:  e-Guru.id, Tempat Belajarnya Para Guru

Duolingo

Duolingo adalah game yang dapat mendukung peningkatan literasi bahasa siswa. Dengan game ini, para siswa bisa belajar secara mandiri berbagai bahasa di dunia mulai dari bahasa Inggris, bahasa Mandarin, dan 30 bahasa lainnya.. 

Tentu saja game seperti ini akan mendukung pembelajaran anak didik dalam mengembangkan kemampuan bahasa. Game ini dapat didownload secara gratis dan mudah digunakan. 

Khan Academy Kids

Khan Academy Kids lebih cocok digunakan untuk anak-anak pra sekolah. Pasalnya, game ini banyak menghadirkan konten pembelajaran menulis, membaca, kemampuan bahasa, berhitung, dan lain sebagainya. 

Game ini tentu saja akan sangat menarik bagi anak-anak karena menyajikan konten game yang interaktif dan visual yang menarik. 

Quick Brain

Quick Brain lebih spesifik untuk mendukung pembelajaran Matematika. Sebab game ini mendukung anak dalam berhitung secara cepat. 

Baca Juga:  4 Tips Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint

Guru Matematika di sekolah dasar yang ingin menghadirkan pembelajaran menarik, game ini bisa menjadi materi tambahan. 

Coloring & Learn

Coloring & Learn ini dapat mengasah jiwa kreativitas anak. Dalam game ini, anak-anak bisa mewarnai sebuah objek. Sehingga dari aktivitas tersebut diharapkan bisa meningkatkan kemampuan motorik anak, mendorong anak menuangkan ide kreatifnya, dan lain sebagainya. 

Game yang Dibuat Guru

Selain game-game di atas, guru juga bisa membuat game sendiri yang menarik. 

Membuat game untuk kebutuhan edukasi sebenarnya tidak sulit. Bahkan guru yang ingin menghadirkan game edukasi, bisa membuatnya di program Microsoft Power Point. 

Beberapa game yang bisa dibuat di aplikasi tersebut di antaranya, game Puzzle, Tebak Gambar, game Menyesuaikan Gambar, game Mencari Jejak, dan lain-lain. 

Itulah beberapa game edukatif yang bisa dimanfaatkan dalam sebuah pembelajaran. Ingin membuat game sendiri? 

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Inilah Contoh Jenis Karya Inovatif untuk Syarat Kenaikan Pangkat Guru

Karya Ilmiah

Menambah Angka Kredit dengan Membuat Makalah Best Practice
cara membuat kuis teka teki silang

Karya Inovatif

3 Model Pembelajaran Seru untuk Membangkitkan Minat Belajar Siswa
turorial desain konten islami

Karya Inovatif

Tutorial Mudah Membuat Konten Islami untuk Media Sosial
cara membuat kuis tts online

Karya Inovatif

3 Aplikasi untuk Membuat TTS Online sebagai Media Pembelajaran Interaktif

Karya Inovatif

4 Tips Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint
fungsi excel untuk guru

Karya Inovatif

Fungsi Excel yang Dapat Memudahkan Profesi Guru Namun Jarang Diketahui
membuat animasi sebagai media pengajaran guru

Karya Inovatif

Cara Membuat Animasi dengan Animaker sebagai Media Pengajaran Guru