Home / News

Selasa, 30 November 2021 - 21:06 WIB

5 Alasan Guru Perlu Menguasai Public Speaking

Public speaking – Di era globalisasi seperti sekarang  ini, guru di tuntut untuk mampu melakukan berbagai hal tanpa terkecuali harus menguasai public speaking atau berbicara di depan umum.

Public Speaking sendiri memiliki pengertian kegiatan komunikasi secara lisan yang dilakukan secara langsung di muka umum atau di hadapan sekelompok orang.

Public speaking menjadi kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh berbagai profesi, terlebih bagi guru. Peran guru sebagai komunikator untuk menyampaikan ilmu serta informasi kepada para siswa sekaligus memiliki kewajiban untuk mencetak generasi yang mampu berkomunikasi dengan baik. Inilah alasan betapa pentingnya public speaking bagi guru.

Kemampuan public speaking yang baik dapat membantu guru dalam menghadapi situasi yang tidak terduga sebelumnya. Selain itu materi yang disampaikan akan lebih mudah dipahami dan diterima dengan baik oleh siswa, sehingga siswa dapat mudah menyerap materi pembelajaran yang disampaikan guru baik di kelas maupun melalui e-learning.

Berikut merupakan 5 alasan guru perlu menguasai public speaking, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga:  Ikuti Sosialisasi GTK Kemendikbud : PPG Prajabatan Tahun 2022

1. Good Communicator

Public speaking menjadi kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang guru. Tidak hanya menyampaikan materi atau ilmu saja, namun dengan guru mampu menggugah iklim belajar yang baik guru perlu memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni.

2. Adaptif dengan Situasi dan Kondisi

Public speaking membantu guru untuk dapat siap menghadapi situasi  yang tidak terduga saat berlangsungnya proses pembelajaran, mulai dari anak sulit diatur, sehingga ramai sendiri atau lain hal. Sehingga guru perlu selalu siap dan mampu mengkomunkasikan banyak hal dengan baik dan mengontrol kembali keadaan kelas.

3. Komunikasi Dua Arah

Dengan kemampuan public speaking membuat guru dapat mampu mengetahui kondisi siswa, misalnya saja siswa sedang merasakan tidak enak badan sehingga kurang  bersemangat dalam pembelajaran, guru juga perlu mengerti kondisi siswa,. Perlu adanya komunikasi dua arah, agar siswa juga mampu mengungkapkan apa yang dirasakan dan guru mampu menanggapinya secara bijak dan sesuai dengan kondisi para siswa.

Baca Juga:  Guru Wajib Tahu! 3 Jurusan SMA Ini Akan Dihapus Pada Penerapan Kurikulum 2022

4. Siap Menghadapi Situasi Tak Terduga

Siapa yang bisa menebak semua kondisi yang akan datang? Tentunya semua tidak ada yang dapat diduga sebelumnya. Saat menghadapi situasi seperti tersebut, kemampuan public speaking akan sangat membantu guru dalam melakukan inovasi pembelajaran sesuai dengan kondisi yang terjadi saat itu.

5. Memiliki Peluang yang Lebih Besar

Kita tahu semua bahwa seorang guru harus memiliki 4 kompetensi utama, salah satunya yaitu professional. Dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik guru bisa memiliki peluang menjadi guru yang lebih profesional, karena dapat menempatkan diri di berbagai tempat dan kondisi. Mulai dari berhadapan dengan para siswa, dengan sesama guru atau pegawai lain, bersama orang tua siswa hingga bersama masyarakat secara luas.

Jadilah bagian dari anggota e-Guru.id dan tingkatkan kompetensi Anda sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Penulis : Rahma Ta’nisa

Share :

Baca Juga

pelatihan membuat website guru

News

Microsoft Excel Memudahkan Guru dalam Penilaian

News

Implementasi Kurikulum Baru 2022 di Level SD, Pahami Dulu Bedanya dengan Kurikulum Lama
Dokumentasi liputan 6.com

News

Masalah Pengumuman Kelulusan PPPK Guru Tahap 2 Kini Terungkap

News

Tenaga Honorer Diberi Kesempatan Menjadi PNS Sebelum 2023 Dengan Syarat Ini

News

Mudahnya Membuat Aplikasi Android bagi Seorang Guru

News

Webinar Ini Gratis dan Bersertifikat, Guru Wajib Mendaftar Sebelum Ditutup!

News

Cara Membuat Modul Digital dengan Aplikasi Book Creator

News

Syarat Lengkap Program Sekolah Penggerak