Home / News

Jumat, 3 Desember 2021 - 10:11 WIB

4 Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Motivasi belajar sangat penting untuk memulai proses pembelajaran, pembelajaran hendaknya mampu meningkatkan motivasi intrinsik bagi siswa sebanyak mungkin. Yang memiliki maksud yaitu bahwa seorang guru harus mampu menarik minat serta meningkatkan hasrat rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang akan diberikan oleh guru.

Untuk mencapai arah tersebut, ada beberapa cara yang dapat di usahakan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Apa saja itu? Mari kita simak selengkapnya.

Membangkitkan minat belajar

Mengaitkan pembelajaran dengan minat siswa adalah sangat penting, dan karena itu tunjukanlah bahwa pengetahuan yang dipelajari itu sangat bermanfaat bagi mereka. Demikian pula tujuan pembelajaran yang terpenting adalah meningkatkan rasa ingin tahu siswa mengenai pembelajaran yang akan datang.

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan pilihan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari dan cara- cara mempelajarinya, dengan begitu guru dapat membuat siswa tertarik dengan materi yang akan disajikan oleh guru.

Mendorong rasa ingin tahu

Guru yang kreatif akan dapat menggunakan berbagai cara untuk membangkitkan dan memelihara rasa ingin tahu peserta didik di dalam kegiatan belajar. Misalnya saja guru seni budaya, mengajar para siswa untuk bernyanyi bersama sehingga dapat meningkatkan semangat dan rasa ingin tahu siswa serta motivasi belajar siswa.

Baca Juga:  Anda Termasuk Tipe Guru Apa, Medioker atau Guru Hebat?

Metode –metode pembelajaran juga dipilih agar dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa, yaitu dengan metode pembelajaran studi kasus, pembelajaran diskoveri, pembelajaran inkuiri, diskusi, curah pendapat, dan sejenisnya.

Membantu peserta didik dalam merumuskan tujuan pembelajaran

Prinsip yang paling mendasar dari motivasi adalah siswa menjadi memiliki semangat belajar keras untuk dapat mencapai tujuan apabila tujuan itu dirumuskan atau ditetapkan oleh dirinya sendiri, dan bukan dirumuskan oleh orang lain.

Oleh sebab itu guru sebagai seorang pendidik hendaknya mampu mendorong dan membantu peserta didik agar merumuskan dan mencapai tujuan belajarnya sendiri.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah, apabila guru yang merumuskan tujuan maka guru perlu menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa agar mereka merasa memiliki tujuan pembelajaran tersebut. Perasaan memiliki tujuan pembelajaran itu pada akhirnya data mampu melahirkan dorongan untuk memperolehnya.

Baca Juga:  12 Jenis Metode Pembelajaran Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik

Menggunakan variasi model penyajian dengan video

Motivasi siswa untuk belajar sesuatu dapat ditingkatkan melalui penggunaan materi pembelajaran yang menarik, dan juga menerapkan berbagai variasi cara penyajian pembelajarannya.

Misalnya yaitu dengan menambahkan video pembelajaran dengan memadukan antara unsur audio dan visual membuat siswa semakin tergugah motivasinya untuk bisa belajar. Siswa tidak akan merasa bosan baik pada saat pembelajaran daring maupun pembelajaran tatap muka. Pembuatan video bisa memalui Powerpoint, kinemaster, maupun aplikasi lainnya.

4 strategi di atas merupakan cara- cara yang bisa Bapak/ Ibu lakukan untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sudahkah salah satunya Bapak/ Ibu coba? Jika belum, jangan ragu untuk mencoba agar motivasi belajar siswa tetap terjaga dan proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

DAFTAR SEKARANG Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Animasi menggunakan PowerPoint

Narahubung Pelatihan : 0897719662338

Share :

Baca Juga

whatsapp untuk pembelajaran

News

Optimasi WhatsApp sebagai Media Pembelajaran

News

Cara Mudah Memaksimalkan Kegiatan Belajar Melalui Karakteristik Lingkungan Belajar

News

Inilah yang Harus Dipersiapkan Sekolah, Siswa, dan Orang Tua Menghadapi AKM

News

Contoh Kuis Online Pelajaran PAI SD Kelas 6

News

Active Learning: Model Pembelajaran Banyak Manfaat

News

6 Komponen Sekolah Ramah Anak

Karya Ilmiah

Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi

News

Guru Wajib Tahu! 17 Rumus Microsoft Excel Ini Membuat Pekerjaan Lebih Mudah, Praktis, Efektif dan Efisien