3 Kabar Gembira untuk Guru, Nomor Tiga Seperti Mimpi!

- Editor

Minggu, 26 Desember 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Beberapa kabar pada ulasan kali ini, mungkin guru sebentar lagi akan mendapatkan angin segar. Tiga kabar gembira untuk guru ini meliputi passing grade pada seleksi PPPK, tambahan penghasilan bagi PPPK dan regulasi dari Kemenkeu tentang tunjangan PPPK.

1. Passing Grade Memenuhi, tapi tidak Lulus Seleksi PPPK

Bagi guru yang lulus passing grade untuk seleksi P3K yang dalam hal ini sudah memenuhi standar nilai, dipastikan akan tetap dapat formasi. Meskipun ada Anda yang pada tahap 1 kemarin sudah lulus passing grade akan tetapi belum lulus karena sudah ada guru lain yang mungkin nilainya lebih tinggi. Sehingga demikian guru lain tersebut yang lulus, sementara Anda dinyatakan tidak lulus tahap 1.

Jika Anda sudah lulus passing grade, jangan khawatir tidak mendapat formasi. Anda harus tetap mengikuti proses tahap 2 yang tentunya dengan syarat Anda sudah mengantongi nilai lulus passing grade.

Diakhir seleksi P3K yaitu pada tahap 3 ada tahap optimalisasi formasi, dimana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan tetap memenuhi formasi untuk guru-guru yang lulus passing grade. Artinya guru yang lulus passing grade ini akan dicarikan formasi untuk mengisi formasi yang kosong tersebut.

Dapat dipastikan akan banyak formasi yang tidak terisi karena jumlah formasi tersebut lebih banyak daripada peserta P3K tahun 2021 ini. Yang terpenting adalah Anda  sudah lulus passing grade, termasuk di tahapan-tapahan seleksi selanjutnya, di tahap 2 dan 3 tetap upayakan untuk lulus passing grade.

2. Tunjangan Tambahan Penghasilan bagi PPPK

Kabar baik selanjutnya adalah bagi guru yang nantinya lulus P3K yang belum sertifikasi. Dapat dipastikan akan mendapatkan tunjangan tamsil (tambahan penghasilan). Artinya yang belum sertifikasi, akan tetap mendapat tunjangan tamsil tersebut. Tentunya ini diluar dari gaji pokok selain gaji pokok dan tunjangan-tunjangan lain yang melekat.

Hal ini sudah diagendakan dalam sosialisasi Kebijakan DAK Fisik oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tentang Kebijakan Dana Alokasi Khusus Tahun 2022. Salah satu isi dari arah kebijakan dan strategi pengalokasian DAK pada tahun 2022 ini dijelaskan bahwa untuk guru PNS dan termasuk P3K kuota penerimanya sebanyak 328.699 orang. Jadi kemungkinan nanti masing-masing guru yang P3K non sertifikasi pun akan mendapat tunjangan tamsil (tambahan penghasilan) sama dengan PNS.

3. Tunjangan Sertifikasi untuk PPPK

Kabar gembira untuk guru yang terakhir adalah untuk guru P3K. Guru P3K yang sertifikasi itu akan mendapatkan gaji pokok + tunjangan sertifikasi sebesar satu kali gaji pokok. Artinya akan ada peningkatan penghasilan bagi guru.

Seperti yang kita tahu bahwa guru ketika berstatus honorer, tunjangan sertifikasi-nya sebesar Rp. 1.500.000 per bulan. Namun nanti ketika guru diangkat P3K, secara otomatis tunjangan sertifikasi-nya naik menjadi 1 kali gaji pokok.

Satu kali gaji pokok bagi guru P3K itu hampir mencapai 3 juta. Maka dari itu nanti hal tersebut menjadi dasar gaji tunjangan sertifikasi untuk guru. Dengan demikian, bagi guru P3K ada peningkatan nominal dari tunjang sertifikasi yang tadinya honorer menjadi P3K.

Informasi ini juga referensinya sama, yaitu dari paparan Kementerian Keuangan. Didalamya  disebutkan bahwasanya tunjangan profesi guru termasuk untuk guru P3K telah dianggarkan tunjangan sertifikasi untuk guru P3K oleh Kementerian Keuangan untuk Tahun 2022.

4. Hal Penting untuk Diingat

Kesimpulan dari tiga kabar gembira untuk guru ini adalah bagi yang nilai passing grade-nya telah lulus, namun ternyata dalam tahap 1 belum dinyatakan lulus, harap bersabar. Karena tetap akan mendapatkan formasi terkait dengan tahap optimalisasi formasi dan jumlah formasinya pun lebih banyak dari peserta seleksi P3K.

Yang kedua, akan ada Tunjangan Tambagan Penghasilan bagi guru P3K. Hal ini telah diatur dalam sosialisasi DAK FISIK tahun 2022 yang telah disampaikan oleh Kementerian Keuangan tentang Kebijakan Dana Alokasi.

Yang terakhir adalah bagi guru P3K akan mendapatkan ada peningkatan penghasilan karena guru mendapat gaji pokok ditambah tunjangan sertifikasi sebesar satu kali gaji pokok.

Tingkatkan kualitas mengajar Anda dengan bergabung bersama e Guru Id dan nikmati pelatihan gratis bersertifikat 32 JP setiap bulan serta fasilitas-fasilitas lainnya.

Klik disini untuk mendaftar!

Berita Terkait

Gaji Guru dan Pensiunan Naik, BKN Sosialisasikan Peraturan BKN Tahun 2024
Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024
MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah
PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?
Sebentar Lagi! Berikut Tanggal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan
Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024
Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!
Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024
Berita ini 28 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 25 Februari 2024 - 11:20 WIB

Gaji Guru dan Pensiunan Naik, BKN Sosialisasikan Peraturan BKN Tahun 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 11:32 WIB

Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 10:43 WIB

MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah

Jumat, 23 Februari 2024 - 17:02 WIB

PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?

Jumat, 23 Februari 2024 - 11:34 WIB

Sebentar Lagi! Berikut Tanggal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:59 WIB

Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:25 WIB

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:08 WIB

Perhatian untuk Guru! Kemenag Keluarkan Pengumuman Penting Pelaksanaan UAMBN dan UN 2024

Berita Terbaru