Home / Karya Inovatif / News

Kamis, 15 Juli 2021 - 15:11 WIB

2 Cara Membuat Ujian Digital yang Interaktif

Ujian merupakan tahapan yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran. Ujian tersebut tujuannya bukan memberikan beban pada siswa. Namun sebaliknya, ujian perlu dibuat yang menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Nah, oleh karena itu soal-soal dalam ujian perlu dibuat menarik dan interaktif dengan siswa.

Terdapat dua cara untuk membuat ujian digital yang interaktif. Pertama, Anda bisa menggunakan aplikasi berbasis web yaitu Easy Test Maker. Kemudian yang kedua, Anda bisa menggunakan ClassPoint yang dapat terintegrasi dengan PowerPoint. Sehingga Anda tak perlu memasang aplikasi baru pada komputer Anda untuk menggunakan dua media tersebut.

Untuk menggunakan aplikasi Easy Test Maker, caranya cukup gampang. Pertama, Anda tinggal berkunjung ke halaman https://www.easytestmaker.com/. Selanjutnya Anda akan diminta membuat akun sebelum menggunakan fitur-fitur dalam pembuatan ujian online interaktif pada aplikasi tersebut.

Aplikasi Easy Test Maker ini memiliki sejumlah keunggulan di antaranya tampilannya yang sederhana sehingga tidak membingungkan penggunanya. Kemudian  Anda bisa membuat berbagai tipe soal melalui aplikasi tersebut.

Baca Juga:  Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada Konsep Merdeka Belajar dan Mengajar

Anda bisa memasukkan gambar dan media lainnya agar kuis yang ditampilkan pada siswa tidak membosankan. Dan yang tak kalah penting, pada setiap soal ujian atau kuis melalui Easy Test Maker terdapat tanggal ujian dan durasinya.

Dan satu lagi, jawaban yang telah diisikan oleh siswa dapat diekspor menjadi file Excel. Sehingga ketika Anda ingin mengolah nilai hasil ujian akan lebih mudah.

 Membuat Ujian Digital Interaktif dengan ClassPoint

Kemudian aplikasi kedua yang bisa Anda gunakan untuk membuat ujian digital yang interaktif adalah tool ClassPoint. 

ClassPoint ini bukan aplikasi yang dapat berdiri sendiri, melainkan sebuah alat tambahan yang dapat terintegrasi dengan aplikasi PowerPoint. Sehingga ketika Anda membuat ujian digital tidak perlu belajar dari awal karena Anda pastinya sudah sangat familiar dengan aplikasi PowerPoint tersebut.

Di dalam PowerPoint yang sudah terpasang ClassPoint akan lebih mudah untuk membuat ujian digital yang interaktif. Anda dapat memasukkan berbagai media dalam menyusun sebuah pertanyaan. Dan yang menarik, ujian digital yang dibuat melalui ClassPoint ini akan memudahkan guru dalam pengelolaan nilai hasil ujian.

Baca Juga:  Panduan Membuat Materi Pembelajaran Menarik Menggunakan PowerPoint untuk Pemula

Terdapat berbagai jenis soal yang bisa Anda buat melalui ClassPoint. Misalnya, Anda bisa membuat soal dengan pilihan ganda atau soal-soal dengan jawaban esai. Semua itu bisa dilakukan melalui ClassPoint yang terpasang pada PowerPoint di komputer Anda.

Bukan hanya itu saja, ClassPoint juga bisa digunakan untuk membuat Ice Breaking Digital yang sangat menarik dalam sebuah pembelajaran.

Nah, itulah dua cara mudah untuk membuat ujian digital yang interaktif. Keterampilan membuat ujian interaktif digital ini sangat penting bagi guru agar dapat membuat pembelajaran yang menarik baik dalam pembelajaran daring maupun luring.

Untuk mendaftar pada pelatihan di atas dapat dilakukan melalui link berikut ini: 

DAFTAR PELATIHAN “Inovasi Pembelajaran Interaktif dan Ujian Digital” 

Dapatkan potongan HARGA SPESIAL dengan cara menjadi member e-Guru.id dengan daftar melalui link ini: Daftar Member

Info lebih lanjut, silakan kontak nomor berikut ini: +62 882-3994-3006 (WhatsApp)

Share :

Baca Juga

persiapan akm

News

Cara Mudah Melakukan Persiapan AKM di Masa Pandemi

News

Cara Jitu Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja

News

Teknik Menyusun Modul yang Baik sebagai Media Belajar Daring
cara menggelar ujian online

News

Teori Pembelajaran Kognitif Menurut Para Ahli

News

Kendala Pada Akun Pembelajaran Belajar.id? Begini Penyelesaiannya

News

12 Jenis Metode Pembelajaran Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik
tips penilaian siswa

News

3 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Guru dalam Proses Penilaian Siswa
Prinsip-Prinsip Desain Grafis

News

Prinsip-Prinsip Desain Grafis Untuk Pemula