11 Rekomendasi Wisata Edukasi Untuk Mengisi Liburan Akhir Semester

- Editor

Rabu, 11 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Wisata edukasi menjadi salah satu pilihan destinasi yang dapat dikunjungi untuk mengisi liburan akhir semester. Wisata edukasi ini sangat cocok dikunjungi terutama bagi siswa agar dapat memperoleh pengetahuan baru di luar sekolah.

Untuk mengisi liburan akhir semester guru dan pengelola sekolah dapat berkoordinasi dengan orang tua siswa dan siswa untuk merencanakan liburan akhir semester. Akan tetapi tidak semua tempat dapat dijadikan sebagai obyek wisata edukasi, sehingga perlu adanya survei untuk mengetahui obyek wisata tersebut cocok sebagai wisata edukasi atau tidak.

Di Indonesia ada banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi dan ada berbagai pilihan wisata termasuk wisata edukasi yang beragam untuk mengisi liburan akhir semester. Berikut merupakan 11 rekomendasi wisata yang cocok untuk mengisi liburan akhir semester diantaranya:

1. Kidzania Jakarta

Kidzania Jakarta merupakan salah satu wisata edukasi yang terletak di bilangan SCBD, Jakarta. Kidzania dapat menjadi salah satu tempat berwisata edukasi karena di tempat ini anak dapat melakukan permainan peran dari berbagai profesi dengan berbagai alat peraga yang tampak seperti asli. Selain itu anak juga dapat memilih profesi yang akan diperankan seperti polisi, pemadam kebakaran, pilot atau berbagai pofesi lainnya.

2. Bandung Science Center

Bandung Science Center merupakan salah satu wisata edukasi yang terletak di Jalan Sinargalih No. 15 Bandung. Wisata edukatif ini sangat cocok untuk menambah wawasan anak karena di tempat ini ada berbagai macam tema display dengan atraksi interaktif termasuk tentang berbagai hal yang terjadi di alam semesta serta berbagai Ilmu pengetahuan yang bisa membuat anak takjub.

Selain itu juga ada alat peraga yang mumpuni dan hal menarik lainnya seperti mesin Van De Graff, keberadaan robot, ilusi optik, dan sebagainya.

3. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo merupakan salah satu wisata edukasi populer yang terletak di kota bandung. Di tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan beberapa pertunjukan budaya yang diselenggarakan, seperti pementasan wajang golek, angklung orkestra, helaran, tari topeng, dan sebagainya.

Selain itu, pengunjung tidak hanya dapat menikmati alunan musik dari alat musik angklung saja namun juga dapat belajar memainkan angklung untuk menambah keterampilan.

4. Malang Night Paradise

Malang Night Paradise merupakan salah satu wisata edukasi yang terletak di kota malang jawa timur. Obyek wisata edukasi baru ini merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki banyak keistimewaan.

Berbagai hal yang menarik dari destinasi wisata ini yakni wisata sejuta lampu dan merasakan sensasi menonton video gear virtual reality dengan duduk di kursi yang akan berputar hingga 360 derajat. Selain itu ada juga Dinosaurus Park yang dapat menjadi wahana belajar kehidupan zaman prasejarah.

5. Planetarium Taman Ismail Marzuki

Planetarium Taman Ismail Marzuki merupakan salah satu wisata edukasi yang terletak di Jakarta pusat. Destinasi wisata ini menawarkan berbagai pengetahuan tentang kehidupan di luar bumi termasuk pengetahuan tentang astronomi.

Berkunjung ke Taman Ismail Marzuki Planetarium ini dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Selain berkesempatan untuk melihat rasi bintang hingga meteor, pengunjung juga dapat melihat dengan gambar yang berupa benda-benda di luar angkasa dengan tulisan keterangan yang lengkap sehingga akan menambah pengetahuan terutama bagi anak-anak.

6. Jatim Park

jatim park merupakan salah satu wisata edukasi yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Jatim park ini memiliki tiga lokasi yang mana masing-masing lokasi mempunyai keistimewaan tersendiri.

Jatim Park 1 memiliki konsep yang memadukan edukasi dan hiburan. Ada beberapa atraksi unggulan yang dipertontonkan seperti Superman Coaster, Waterboom, Science Center, Volcano Coaster, berbagai wahana permainan dan sebagainya.

Sedangkan Jatim Park 2 lebih menyuguhkan keindahan berbagai macam satwa.Tempat wisata edukasi tersebut dibagi ke dalam tiga area, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Game Park.

Jatim Park 3 menyuguhkan berbagai pengetahuan untuk belajar tentang kehidupan hewan purbakala seperti Dinosaurus. Selain itu Jatim Park 3 juga mempunyai atraksi unggulan berupa Dino Park yang terdiri dari Museum Dino, The Rimba, dan Live with Dino.

7. Faunaland

Faunaland merupakan salah satu wisata edukasi yang ditujukan bagi para pecinta binatang yang mana merupakan sebuah taman satwa mini yang terletak di area Allianz Ecopark. Obyek wisata ini merupakan salah satu wahana baru yang ada di Ancol.

Destinasi wisata ini, memiliki area dengal luas 5 hektar yang didalamnya ada sekitar 109 biota unik. Beberapa di antaranya adalah kakatua jambul kuning, nuri, pelikan, flamingo, bebek Mandarin, elang, burung hantu, cendrawasih, tapir, keledai, kucing emas, kura-kura aldabra hingga singa putih. Di Faunaland semua pengunjung dapat berinteraksi dengan semua binatang termasuk menyaksikan bird show.

8. Kuntum Farmfield

Kuntum Farmfield merupakan salah satu wisata edukasi yang terletak di kawasan Bogor Jawa Barat. Tempat wisata alam ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengenalkan kehidupan binatang dengan cara yang seru dan menarik melalui beragam kegiatan wisata.

Di tempat ini anda dapat mengenalkan berbagai macam binatang seperti kambing, kelinci hingga kuda. Selain itu, anak-anak juga dapat berinteraksi langsung dengan berbagai binatang dan berbagai macam kegiatan lainnya seperti menangkap ikan, berinteraksi dengan memberikan makan kepada kelinci dan marmut, menunggang kuda hingga belajar menanam sayuran secara organik.

9. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu wisata edukasi yang menyediakan berbagai macam wahana seperti Science Theater sampai Planetarium yang mana terdapat sepuluh wahana di Taman Pintar Yogyakarta. Selain menyediakan wahana kunjungan, tempat wisata ini juga menawarkan program kreativitas mulai dari kreasi batik, lukis kaos, kreasi gerabah, dan lukis gerabah.

10. Sindu Kusuma Edupark

Destinasi wisata Sindu Kusuma Edupark merupakan salah satu wisata edukasi yang berlokasi di Jalan Jambon (Jalan Magelang kilometer 3) Sinduadi Mlati, Sleman. Tempat wisata Sindu Kusuma Edupark ini memiliki beberapa miniatur candi populer di Indonesia seperti Candi Prambanan. Selain itu, di tempat wisata Sindu Kusuma Edupark ini juga menyuguhkan wahana Omah Batik dan Mainan Tempo Doeloe serta Omah Musik.

11. Kalen Edukasi Lupatmo

Kalen Edukasi Lupatmo merupakan salah satu wisata edukasi yang berlokasi Kelurahan Wukirsari Kabupaten Bantul. Tempat wisata ini merupakan wisata edukasi yang berupa sungai yang dimodifikasi dengan menarik. Kalen Edukasi Lupatmo digunakan sebagai sarana edukasi agar anak-anak dapat belajar tentang kepedulian terhadap lingkungan.

Kalen Edukasi Lupatmo dicat berwarna-warni di setiap sudutnya sehingga menarik bagi anak-anak. Ketika mulai dibangun, kali atau sungai di Dusun Manggung tersebut diberi banyak benih ikan, seperti tombro dan nila. Namun, ikan-ikan di tempat tersebut tidak diperbolehkan untuk ditangkap dengan cara apa pun.

Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga Untuk Menjadi Member e-Guru.id Untuk Meningkatkan Pengetahuan Serta Kemampuan Anda Agar Menjadi Pendidik Yang Hebat dan Dapatkan Berbagai Macam Pelatihan Gratis Serta Berbagai Bonus Lainnya. Daftar Sekarang dan Dapatkan Diskon Hingga 50%

DAFTAR SEKARANG

Penulis : (EYN)

Berita Terkait

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG
Berita ini 138 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:46 WIB

Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Berita Terbaru