Home / Opini

Sabtu, 11 Juni 2022 - 03:23 WIB

10 Trik Jitu Mengajar Masa Kini

Ditulis oleh Supar, S.Pd.SD.

Guru di SD Negeri 2 Purwodadi, Kabupaten Grobogan

 

Di sini, saya akan membagikan trik mengajar yang baik kepada siswa agar mereka mampu menyerap pelajaran dengan efektif dan efisien:

  1.       Jangan Berdiri Seperti Patung

Maksud berdiri tidak seperti patung adalah seorang guru sebaiknya bergerak ketika sedang mengajar, tidak hanya berdiri di depan kelas saja atau hanya duduk di kursi guru. Lakukan mobile teaching dengan cara guru mencoba untuk mengajar secara lebih dekat dengan muridnya dan berkeliling untuk mengetahui situasi kelas dan siswa-siswa yang sedang belajar.

Misalnya pelajaran berhitung sedang berlangsung, cobalah untuk mendekati siswa di setiap baris tempat duduknya dan melihat perkembangan mereka ketika sedang mengerjakan hitungan tersebut. Bila ditemukan siswa sedang kebingungan dan kesulitan, maka akan dengan mudah untuk ditemukan.

  1.       Buat Mereka Merespon

Guna mengetahui apakah siswa-siswa kita memperhatikan kita saat mengajar, guru bisa melakukan diskusi, bertukar pikiran supaya mereka mau mengeluarkan pendapatnya. Memang tidak semua siswa kita akan bisa berpendapat dengan baik, beberapa ada yang terkendala masalah komunikasi. Apapun respon mereka, pancing terus untuk berpendapat dan hargai setiap pendapat yang dilontarkan. 

Selain menyampaikan materi pembelajaran, kita juga perlu mengajarkan mereka untuk berani berbicara dan menerima pendapat orang lain. Hal ini merupakan dasar komunikasi yang baik untuk bekal siswa-siswa di masa depan.

  1.       Lakukan Variasi

Melakukan variasi dalam metode mengajar ternyata akan berdampak positif terhadap pemahaman siswa-siswa. Bisa dibayangkan jika yang terjadi di kelas guru hanya bicara saja dan siswa mendengarkan tanpa ada yang bertanya, maka pemahaman pelajaran akan terasa lebih susah. 

Cobalah untuk membuat variasi ketika mengajar, sebelum masuk ke inti pelajaran. Awal pembelajaran ajaklah siswa-siswa rileks dengan menyanyi lagu yel-yel semangat ataupun yel-yel kelas agar belajar lebih semangat. Guru bisa menyisipkan games dalam setiap pelajaran yang sedang diberikan, asalkan games ini berhubungan dengan mata pelajaran. 

Lakukan lebih banyak diskusi dengan siswa-siswa kita agar mereka aktif dan lebih memahami subjek pelajaran.

  1.       Berikan Perhatian

Mengajar bukan saja memberikan materi pelajaran untuk siswa-siswi kita. Mengajar juga harus memperhatikan keadaan siswa-siswi, jangan mengajar seperti zaman dahulu yang notabene hanya siswa tertentu saja yang diperhatikan seperti siswa yang sering bolos, pintar, cantik, sering menangis dan lain sebagainya. Predikat inilah yang membuat guru mudah mengenali satu persatu siswanya. Sebaiknya berikan perhatian kepada seluruh siswa. 

Baca Juga:  Memotivasi Anak Menyukai Bahasa Inggris

 Tiap siswa memiliki talenta dan karakter yang berbeda satu sama lainnya. Maka ketahuilah satu per satu dan dukung mereka agar bisa berkembang menjadi lebih baik.

  1.       Memaksimalkan Teknologi

Sekarang sudah serba canggih, metode mengajar kita juga harus disesuaikan dengan teknologi yang ada agar mengajar semakin mudah yaitu dengan memanfaatkan komputer, laptop, tablet dan lainya untuk mendukung pembelajaran agar tidak membosankan. Ubahlah belajar dari teks buku pelajaran menjadi bentuk gambar atau audio. Dengan begini siswa akan menemukan sesuatu yang dianggap baru dan menyenangkan. 

Memanfaatkan teknologi tentunya tidak akan lepas dari jaringan internet di mana saat ini banyak website edukasi yang akan memberikan pengetahuan tentang materi pelajaran. Siswa dan guru bisa mengakses video pembelajaran  atau artikel pengetahuan untuk menambah wawasan. 

  1.       Interaktif 

Cobalah untuk menggunakan metode belajar yang interaktif dengan siswa-siswa. Seorang guru hendaknya menguasai materi pelajaran yang akan disampaikan dan mengetahui perkembangan siswanya. Maka mereka akan makin merasa ingin tahu tentang sesuatu yang sedang dibahas pada mata pelajaran tertentu. Berikan kesempatan mereka untuk bertanya seputar pelajaran yang dibahas. 

Guru bisa mengawali dengan menceritakan kisah pendek terkait pelajaran tersebut. Buat mereka menjadi penasaran yang memunculkan gagasan untuk bertanya mengenai materi pelajaran yang kita bahas. 

  1.       Sesekali Belajar di luar Kelas

Beberapa guru ada yang suka menggunakan metode ini, di mana siswa-siswa digiring ke luar kelas. Metode ini dianggap bisa me-refresh keadaan otak siswa-siswa yang sudah jenuh menerima pelajaran di dalam kelas. 

Coba kakukan pembelajaran di luar kelas yang menyenangkan seperti membuat pasangan kata pada sebuah kertas dan menyuruh siswa untuk mencari maksud dari padanan kata tersebut sesuai dengan pelajaran yang dipelajari. 

Coba amati, ketika dalam keadaan fresh maka mereka lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan. Mereka akan lebih berkonsentrasi dan menyenangkan bermain sambil belajar di luar kelas. 

  1.       Siapkan Materi dengan Animasi
Baca Juga:  Sebuah Alternatif Mendorong Siswa Mahir Bicara Bahasa Inggris

Siapkan poin-poin materi pelajaran utama dalam bentuk animasi. Kita bisa membuat animasi dengan mudah menggunakan PowerPoint. Buatlah beberapa slide tampilan materi pelajaran dengan menyisipkan animasi lucu dan bergerak. Hal ini berguna supaya penyampaian materi tidak membosankan dan siswa tertarik akan hal-hal baru. 

Penjelasan materi pelajaran seperti ini juga lebih jelas dalam mengarahkan tujuan pembelajaran itu sendiri. Selain itu kita bisa menggunakan video pembelajaran agar suasana belajar lebih seru dan menantang.

  1.       Lebih Sabar dan Berikan Reward

Sebagai guru, kita harus lebih sabar untuk menghadapi berbagai karakter siswa-siswa kita, baik dalam pemahaman pelajaran maupun dalam semangat belajar. Respon siswa terhadap pelajaran akan berbeda-beda maka dari itu susunlah strategi yang unik dan menarik untuk membuat suasana pembelajaran lebih seru. 

Untuk menyemangati siswa, tidak ada salahnya jika kita memberikan reward atau hadiah pada setiap siswa yang berhasil menjawab pertanyaan kuis atau tes harian saat pembelajaran. Hadiah juga merupakan motivasi untuk siswa agar lebih bersemangat dalam belajar. 

  1.   Closing Mengajar yang Menarik

Saat pelajaran akan segera berakhir, maka terapkan teknik closing belajar dengan benar supaya siswa tidak mudah lupa poin apa saja yang telah mereka pelajari. Ulangi kembali poin pembelajaran secara umum agar siswa-siswa kita tetap mengingatnya dan juga mulai memahaminya. 

Langkah selanjutnya guru dan siswa coba untuk menarik kesimpulan dari pembelajaran tersebut agar bisa melanjutkan ke materi selanjutnya secara teratur dan terukur. Beri tahu juga tentang materi yang akan dibahas selanjutnya di pertemuan berikutnya. Sarankan siswa-siswa untuk membaca poin penting pelajaran berikutnya sebelum kelas dimulai. 

Menjadi seorang guru memang tidak mudah karena mempunyai tanggung jawab menyampaikan materi pelajaran yang selanjutnya membuat mereka memahami tujuan pembelajaran. Oleh karena itu kita harus menggunakan metode belajar yang baru, menarik,  dan menyenangkan. (*)

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Editor: Moh. Haris Suhud, S.S.

Share :

Baca Juga

Ramadan dan Kurma

Opini

Puasa Ramadan Jadi Maksimal dengan Kurma
peran orang tua dalam pendidikan anak

Opini

Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Opini

Meniti Jalan Menjadi Guru: Muhlisin
https://naikpangkat.com/cara-mudah-membuat-brosur-ppdb-online-bagi-pemula/

Opini

Perpustakaan Digital sebagai Sumber Informasi Masyarakat Modern

Opini

Cara Mudah Membuktikan Rumus Pythagoras Menggunakan Geogebra dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Opini

Menghindari Lost Generation di Tahun Ajaran Baru 2021
membuat video pembelajaran

Opini

Membuat Video Pembelajaran sebagai Media Mengajar di Masa Pandemi Covid-19

Opini

Menemukan ‘MUTIARA’ Literasi di tengah Ujian Pandemi