Home / News

Kamis, 3 Februari 2022 - 11:41 WIB

Webinar Ini Gratis dan Bersertifikat, Guru Wajib Mendaftar Sebelum Ditutup!

Penelitian Tindakan Kelas – Webinar bersertifikat ini merupakan webinar yang diselenggarakan oleh Guru Juara secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Kegiatan webinar ini akan dilaksanakan pada tanggal 5 februari 2022 pukul 19.00 WIB via zoom dan siaran langsung di youtube.

Webinar ini berjudul “Langkah Mudah Membuat PTK Diawal Tahun 2022” dan akan diisi oleh Ibu Supiani, S.Pd. yang merupakan salah satu mentor Guru Juara. Pada webinar kali ini guru akan belajar berbagai hal tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Sekilas Tentang Pentingnya PTK

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilakukan oleg guru atau pendidik untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran. PTK bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas dan mutu praktik pembelajaran.

PTK dapat dibuat untuk kenaikan pangkat guru sehingga dianggap hal yang penting untuk dilakukan oleh seorang guru. Namun pada praktinya, masih banyak guru yang belum memahami berbagai hal tentang penelitian tindakan kelas ini.

Manfaat dari penelitian tindakan kelas ini cukup banyak. Selain digunakan sebagai Angka Kredit (AK) yang berjumlah 4 (empat), PTK juga bermanfaat untuk guru sebagai pendidik, siswa sebagai peserta didik, dan untuk sekolah atau satuan pendidikan.

Angka Kredit Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian tindakan kelas umumnya memiliki angka kredit (AK) sebanyak 4 (empat) melalui kelengkapan kerangka isi: bagian awal, bagian isi, dan penunjang. Berbeda dengan makalah best practice yang memiliki AK sebanyak 2 (dua).

Tentunya membuat PTK menjadi hal paling utama yang wajib disusun guru sebagai syarat kenaikan pangkat. Hal demikian bisa dilihat dari AK yang diperoleh cukup besar ketika guru telah berhasil menyelesaikan laporan PTK.

Akan tetapi, tidak semua guru betul-betul memahami mulai dari bagaimana menemukan ide. Bahkan lebih dalam lagi tentang bagaimana cara menyusun dan mengembangkan kerangka laporan PTK.

Manfaat Penelitian Tindakan Kelas

PTK memiliki manfaat yang cukup beragam. Oleh karena itu kiranya guru sangat disarankan untuk menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Berikut beberapa manfaat dari penelitian tindakan kelas.

1. Manfaat untu guru sebagai pendidik

Terdapat beberapa manfaat PTK bagi guru sebagai pendidik. Umumnya guru akan mendapat manfaat sebagai berikut.

  • Untuk kenaikan pangkat

PTK mendapatkan Angka Kredit (AK) sebanyak 4. Angka ini merupakan angka yang cukup besar dibandingkan dengan makalah best practice yang memiliki AK sebanyak 2.

Ataupun diklat dan seminar bagi guru yang menghasilkan AK hanya sebesar 0,1. Demikian juga dengan karya tulis yang memiliki AK sebanyak 1.

  • Memperbaiki kualitas pembelajaran

PTK merupakan suatu penelitian yang dilakukan oleh guru dalam rangka perbaikan praktik pembelajaran. Pembelajaran yang dianggap kurang, akan diteliti kemudian ditemukan solusi untuk memperbaikinya.

  • Mengembangkan profesionalitas

Guru tentunya memiliki kompetensi profesional, maka dari itu tuntuntan guru adalah meningkatkan kompetensi profesional tersebut.

  • Guru menjadi lebih percaya diri

Pada umunya guru memiliki daya inovasi. Namun untuk memunculkan inovasi tersebut kurang cukup ruang. Sehingga guru perlu menyusun PTK meskipun pada akhirnya sering terjadi trial error. ­

  • Berperan aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan

Guru tentunya sebagai seorang pendidik harus dapat berperan aktif dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan. Selain sebagai tugas dan tanggungjawab yang melekat pada pendidik, mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dapat membantu praktik pembelajaran berjalan dengan kualitas dan mutu yang tinggi.

2. Manfaat bagi siswa sebagai peserta didik

Selain itu, PTK juga bermanfaat bagi siswa sebagai peserta didik. Berikut beberapa manfaat penelitain tindakan kelas bagi siswa.

  • Meningkatkan hasil belajar siswa

Penelitian tindakan kelas sebagai penelitian yang difokuskan untuk memperbaiki pembelaran, tentunya berorientasi pada siswa. Dengan demikian melalui PTK, akan berdampak pada hasil belajar yang diperoleh oleh siswa itu sendiri.

  • Meningkatkan perkembangan dan kemampuan siswa
Baca Juga:  Bingung Cari Masalah Penelitian? Ini 44 Contoh Masalah Penelitian dalam PTK

Selain meningkatkan hasil belajar, pada prosesnya PTK juga dapat meningkatkan perkembangan dan kemampuan siswa. Peningkatan perkembangan dan kemampuan siswa dapat dilihat dari proses penelitian yang bersifat solutif. Sehingga mau tidak mau, siswa menjadi prioritas untuk ditingkatkan, baik dari segi perkembangan maupun kemampuannya.

  • Menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran

Dalam penyusunan penelitian tindakan kelas,  membutuhkan daya analisis yang tepat agar pembelajaran betul-betul dapat diperbaiki. Proses penyusunan PTK yang diarahkan kepada perbaikan kualitas siswa, tentunya akan melibatkan siswa pada proses belajarnya.

  • Sesuai dengan keterbutuhan siswa

Penelitian tindakan kelas hendaknya dirancang dengan tidak memaksakan siswa untuk mengikuti kehendak guru. Selain itu, guru sebagai fasilitator dalam menyusun PTK juga harus memfokuskan pada masalah-masalah yang bersifat mendesak untuk diperbaiki.

Artinya penelitian ini dirancang sesuai dengan keterbutuhan utama siswa. Dengan prinsip seperti ini, guru tidak akan mengalami banyak kesulitan karena penelitian memang difokuskan pada keterbutuhan siswa.

3. Manfaat bagi institusi atau satuan pendidikan

Manfaat lainnya adalah untuk institusi atau satuan pendidikan tempat dimana penelitan tersebut dilakukan. Pada dasarnya PTK disusun agar dapat memperbaiki kualitas pembelajaran, termasuk meningkatkan mutu pendidikan untuk siswa.

Penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Dengan demikian jika kualitas dan mutu siswa mengingkat, maka akan nama institusi atau satuan pendidikan juga dapat terangkat melalui prestasi yang dihasilkan oleh siswa.

  • Manfaat bagi institusi atau lembaga pendidikan lain

Manfaat yang dihasilkan dari PTK sebenarnya tidak hanya untuk instansi pendidikan dimana penelitian tindakan kelas dilakukan. Namun institusi atau lembaga pendidikan lain juga akan merasakan dampaknya.

Manfaat yang lebih luas adalah untuk lembaga pendidikan lain. Penelitian tindakan kelas ini dapat menjadi bahan referensi bagi lembaga pendidikan lain untuk kemudian diimplementasikan pada proses pembelajarannya.

Langkah atau Siklus Penyusunan PTK

Penelitian tindakan kelas umunya terdiri dari beberapa langkah penting yang harus dilakukan dan dilewati. Langkah-langkah yang dimaksud adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

1. Perencanaan

Dalam PTK, perencanaan terkait dengan hal-hal yang diperlukan oleh guru yang bertindak sebagai peneliti. Perencanaan dapat dilakukan mulai dari model pembelajaran, memilih  metode penelitian, menentukan instrumen, menyiapkan alat dan bahan yang digunakan, menimbang waktu, observasi, dan lain sebagainya.

2. Tindakan

Tindakan dalam hal ini mencakup realisasi tindakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan atau dirumuskan. Langkah tindakan ini mecakup tentang apa yang harus guru lakukan dan apa yang harus siswa lakukan.  

3. Observasi

Observasi dilakuakn secara beriringan dengan tindakan. Yang dimaksud observasi adalah sebagai pengamatan atas tindakan-tindakan yang sedang dilakukan. Dalam hal ini observasi sebagai langkah guru dalam melakukan pengumpulan data penelitian

4. Refleksi

Langkah ini pada umumnya terdiri evaluasi dan revisi. Langkah refleksi didalamnya merupakan suatu proses analisis sampai dengan penarikan kesimpulan untuk tindakan berikutnya.

Hal yang Harus Diperhatikan

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) hendaknya dibuat oleh guru agar dapat memperbaiki dan memecahkan masalah dalam pembelajaran. Melalui PTK guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan meningkatkan keterampilan siswa sebagai peserta didik.

Penyusunan PTK membutuhkan pemahaman yang komprehensif. Mengingat laporan PTK ini memiliki seminimalnya empat proses, proses menemukan ide, melakukan rancangan penelitian, menentukan dan mengembangkan kerangka, dan terakhir memastikan kelengkapan.

Segera mendaftar Webinar “Langkah Mudah Membuat PTK Diawal Tahun 2022” yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2022 melalui zoom dan siarang langsung di youTube. Nikmati fasilitas dan bonusnya!

Klik disini untuk mendaftar!

Klik disini untuk mendaftar!

Share :

Baca Juga

News

Pentingnya Memiliki Kemampuan Berpikir Kritis di Abad 21

News

7 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Penilaian Formatif pada Pembelajaran Daring

News

Begini Cara Sertifikasi Guru melalui PPG Pra Jabatan
tahapan PPPK

News

Ditutup Sebentar Lagi, Simak Pendaftaran PPPK 2022
https://naikpangkat.com/terbatas-paket-hemat-bundling-2-pelatihan-gurupintar/

News

Honorer Terancam Dirugikan! Ini 4 Masalah Utama Pada Pengangkatan PPPK 2021

News

Memahami Kriteria dan Langkah Desain Pembelajaran
guru asn dan non asn

News

Surat Edaran Terbaru Ditjen GTK Kemdikbud: Lulusan Guru Penggerak Mendapatkan Rekognisi dalam PPG Daljab Tahun 2022!

News

Calon Penerima NUPTK, Simak Kriteria dan Persyaratannya