Home / News

Kamis, 15 September 2022 - 16:00 WIB

Wajib Kenalan! Pembelajaran Asik Dengan Kurikulum Paradigma Baru

Kurikulum Paradigma Baru

Kurikulum memiliki pengertian yaitu seperangkat aturan dan rencana mengenai tujuan, isi, bahan pelajaran, dan cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kerangka Dasar yang terdapat dalam Kurikulum ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dengan mengacu pada Tujuan Pendidikan Nasional dan SNP.  Kurikulum Paradigma Baru menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk penguatan profil pelajar Pancasila.

 

SNP atau singkatan dari Sistem Pendidikan Nasional merupakan kesatuan dari seluruh komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Di dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 yang memuat mengenai Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa, pelaksanaan pendidikan di Indonesia dilakukan dengan melalui satu sistem pendidikan yaitu Sistem Pendidikan Nasional dengan harapan sistem yang berlaku dapat memenuhi tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia.

 

Baca Juga:  Pemanfaatan Media Wordwall untuk Meningkatkan Semangat Siswa dalam Kegiatan Evaluasi 

Kurikulum Paradigma Baru hadir sebagai angin segar dalam dunia pendidikan yang tentunya turut membawa banyak kebijakan pendidikan yang baru saat pemberlakuannya sebagai opsi kurikulum di Indonesia. Kurikulum paradigma baru mengatur banyak hal termasuk di dalamnya pembelajaran yang harus diinovasikan dengan tujuan agar pembelajaran yang ada dapat berlangsung sesuai dan mencapai tujuan pendidikan yang dicita-citakan.

 

Pembelajaran paradigma baru sebagai inovasi dalam pendidikan, memastikan bahwa praktik pada pembelajaran harus berpusat pada peserta didik. Pembelajaran paradigma baru membawakan pembelajaran yang memberi kebebasan bagi para pendidik di dalam merumuskan rancangan pembelajaran dan asesmen yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

 

Di dalam pembelajaran paradigma baru termuat profil pelajar Pancasila, dimana profil ini memegang peranan penting sebagai penuntun arah yang memandu segala kebijakan pembaharuan dalam sistem pendidikan Indonesia, termasuk pembelajaran dan asesmen.

Halaman Selanjutnya

Pembelajaran Paradigma Baru…

Share :

Baca Juga

News

SKP 2021/2022: Penilaian, Teknis Penyusunan hingga Periodisasi
peluang bisnis era digital bagi guru

News

Konsep Dasar Motivasi dan Penerapan dalam Pembelajaran

Kenaikan Pangkat

Memahami Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Kenaikan Pangkat
instruksi Jokowi terkait adanya resesi

News

Untuk Pendidikan Unggul, Dana Untuk PPPK Telah Disiapkan Oleh Kemenkeu
https://naikpangkat.com/hari-terakhir-daftar-diklat-gratis-bersertifikat-32jp-meningkatkan-keterlibatan-peserta-didik-dengan-game-dan-presentasi-interaktif/

News

Trik Pembuatan Website Pembelajaran dengan Google Sites
whatsapp untuk pembelajaran

News

Optimasi WhatsApp sebagai Media Pembelajaran

News

Memahami Konsep Belajar Mandiri bagi Siswa

News

Seleksi PPPK Guru Dibuka Awal September, Simak Penjelasan BKN