Wajib Dicoba, Media Pembelajaran yang Kreatif dan Multiguna Menggunakan Canva!

- Editor

Senin, 30 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Media Pembelajaran Berbasis Canva – Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi pada saat ini tidak bisa terlepas pengaruhnya dalam dunia pendidikan. Tuntunan global menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi sebagai peningkatan mutu pendidikan.

Peningkatan kinerja pendidikan pada masa mendatang diperlukannya sistem informasi dan teknologi informasi yang mana tidak hanya berfungsi sebagai sarana pendukung, tetapi sebagai senjata utama untuk mendukung keberhasilan dunia pendidikan sehingga mampu bersaing dalam dunia global.

Salah satu cara agar pendidikan tidak tergerus oleh perkembangan zaman adalah dengan mencari berbagai referensi media pembelajaran sebagai salah bentuk pembaharuan sekaligus kreativitas pada praktik-praktik pembelajaran kekinian.

Media Pembelajaran adalah suatu alat yang sangat mendukung proses pembelajaran baik itu didalam maupun diluar ruangan. Dalam proses belajar mengajar sangat penting bagi guru dan siswa mengenal tentang media pembelajaran agar terjadi proses belajar yang baik, aktif, dan bermanfaat.

Manfaat media pembelajaran bagi seorang guru adalah menciptakan penalaran bagi siswa, membantu siswa agar berfikir kreatif dan aktif.

Manfaat media pembelajaran bagi siswa adalah mencoba untuk bekerja membuat sesuatu dari penalaran tersebut menjadi nyata, membuat karya yang kreatif dan menjadi siswa yang aktif. Sehingga membantu guru dan siswa mencapai kompetensi dasar yang telah ditentukan.

Canva sebagai Media Pembelajaran

Salah satu dari banyaknya aplikasi yang telah hadir dalam dunia teknologi ialah Canva. Canva adalah program desain online yang menyediakan bermacam peralatan seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, penanda buku, bulletin, dan lain sebagainya yang disediakan dalam aplikasi canva.

Adapun jenis-jenis presentasi jika aplikasi ini dijadikan sebagai media pembelajaran berbasis Canva adalah presentasi kreatif, pendidikan, bisnis, periklanan, teknologi, dan lain sebagainya.

Ada beberapa kelebihan dalam aplikasi canva dapat dilihat sebagai berikut.

  • Memiliki beragam desain yang menarik.
  • Mampu meningkatkan kreativitas guru dan siswa dalam mendesain media pembelajaran karena banyak fitur yang telah disediakan.
  • Menghemat waktu dalam media pembelajaran secara praktis.
  • Dalam mendesain, tidak harus memakai laptop, tetapi dapat dilakukan mealui gawai.

Selain kelebihan yang didapat dalam aplikasi Canva ini, ada juga kekurangan mendasar yang di dapat pada aplikasi ini, yaitu bila ingin menggunakan Canva, setiap pemakai harus mempunyai paket data agar bisa tersambung dan dapat menggunakan Canva.

Juga desain yang disajikan dalam aplikasi Canva ada beberapa template yang berbayar, tetapi hal ini tidak menjadi masalah, dikarenakan banyak template yang bagus tetapi gratis saat dipakai.

Canva sebagai Media Pembelajaran yang Multiguna

Penggunakan media pembelajaran visual menggunakan program desain Canva. Selain itu, dengan media pembelajaran visual menggunakan Canva proses pembelajaran dapat terlaksanakan dengan nyaman.

Media pembelajaran berbasis digital dapat meningkatkan semangat belajar bagi peserta didik serta pembelajaran dapat diulang kembali karena media dapat digunakan secara online maupun offline.

Media pembelajaran yang dikembangkan yaitu media pembelajaran visual menggunakan Canva. Beberapa keunggulan yang dimiliki program desain Canva ini adalah:

  • Memiliki beragam desain grafis, animasi, template, dan nomor halaman yang menarik.
  • Dapat mendesain media pembelajaran kapanpun dan di manapun tanpa harus menggunakan laptop, tetapi juga dapat menggunakan handphone.
  • Pada media Canva hasil yang telah kita buat dapat diunduh dengan beragam format baik dalam bentuk pdf maupun jpg.

Untuk menerapkan presentasi, dapat dilakukan secara offline dan dikolaborasikan dengan media lainnya. Jadi, media pembelajaran visual menggunakan Canva ini dibuat dengan menggunakan aplikasi Canva dan dibantu dengan Microsoft Power Point untuk menambahkan gerakan pada animasi.

Temuan penelitian sebelumnya juga membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Canva layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Media pembelajaran visual menggunakan Canva dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga penggunaan media ini sangat efektif, baik digunakan secara luring maupun daring. (mfs)

Segera daftarkan diri Anda dalam Pelatihan bersertifikat 32 JP “Membuat Website Personal dengan Canva For Edu” yang akan dilaksanakan mulai tanggal 17-27 Juni 2022 menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan Telegram.
Tunggu apa lagi? Daftarkan diri Anda sekarang juga sebelum kuota peserta penuh!

KLIK DI SINI UNTUK MENDAFTAR

Berita Terkait

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG
Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran
Terbaru, Siaran Pers Kemdikbud untuk  Guru TK,SD, SMP, dan SMA/SMK Tertanggal 16 Mei 2024, Simak Selengkapnya!
Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Berita ini 18 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:22 WIB

Terbaru, Siaran Pers Kemdikbud untuk  Guru TK,SD, SMP, dan SMA/SMK Tertanggal 16 Mei 2024, Simak Selengkapnya!

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Berita Terbaru