Wajib Dicoba! Berikut Contoh Ice Breaking Seru di Kelas

- Editor

Selasa, 15 November 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Istilah ice breaking pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Karena sudah sering didengar dalam training ataupun pembelajaran. Lalu, apa itu ice breaking? Ice breaking merupakan kegiatan, permainan atau game, serta aktivitas yang digunakan untuk memecahkan “kebekuan” peserta training atau siswa sehingga mereka merasa lebih bersemangat dan siap mengikuti pembelajaran.

Selain itu, kegiatan ice breaking juga dilakukan untuk meningkatkan komunikasi dan partisipasi. Hal tersebut merupakan faktor terpenting dalam suatu kelas, kelompok, atau organisasi. Kegiatan pertama dalam ice breaking adalah perkenalan antar teman atau peserta. Agar perkenalan berjalan lancar dan tidak terasa kaku atau canggung, dibutuhkan suatu aktivitas yang membuat siswa berkumpul, berbaur, dan melakukan sesuatu secara bersama-sama.

Misalnya pada hari pertama masuk sekolah, biasanya siswa masih merasa malu jika diminta untuk memperkenalkan diri. Nah, untuk itu diperlukan ice breaker untuk siswa agar membuat mereka bisa saling berbaur dan mengakrabkan diri dengan aman dan nyaman saat mengekspresikan dirinya. Selain untuk perkenalan, ice breaking sebelum memulai pembelajaran juga sangat dianjurkan. Hal tersebut bisa membuat siswa merasa siap untuk menyerap materi pembelajaran yang akan diajarkan guru.

Yuk pelatihan bersertifikat 32JP dengan judul “Pelatihan Ice Breaking Seru, No Boring & Anti Garing Agar Pembelajaran Menjadi Menarik dan Menyenangkan” Diklat akan diadakan 17- 28 November 2022 dengan instruktur yang luar biasa. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2152/checkout  dan dapatkan seminar gratis serta bonus lainnya.

Tujuan Ice Breaking di Kelas

Kegiatan ice breaking tentu saja memiliki beberapa tujuan. Berikut ini tujuan diadakannya ice breaking di dalam kelas sebelum memulai pembelajaran.

Menciptakan Kondisi yang Equal (Setara) Antar Siswa

Tujuan ice breaking yang pertama adalah menciptana kondisi-kondisi yang setara antar siswa di dalam kelas. Siswa yang datang ke sekolah, memiliki keadaan yang berbeda-beda. Ada siswa yang bersemangat dan ada juga siswa yang meras was-was di hari pertamanya. Kegiatan ice breaking ini bisa membuat siswa mengenal teman yang lain dan merasa aman serta nyaman saat berada di dalam kelas.

Mempersiapkan Siswa untuk Menerima Pembelajaran

Kegiatan ice breaking penting dilakukan untuk mempersiapkan siswa dalam menerima materi pembelajaran. Dengan kata lain, ice breaking merupakan kegiatan pemanasan sebelum memulai kegiatan inti pembelajaran.

Menghilangkan Kebosanan atau Kejenuhan Siswa

Kegiatan ice breaking tidak hanya dilakukan pada awal pembelajaran saja. Saat pembelajaran sedang berlangsung, guru bisa memberikan kegiatan ice breaking di tengah-tengah pembelajaran ketika siswa terlihat bosan dan mengantuk agar kegiatan pembelajaran berlangsung seru dan menyenangkan.

Oleh karena itu, Anda harus pintar melihat situasi dan kondisi serta bisa mengatur ritme pembelajaran. Sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar dan siswa bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.

Meningkatkan Semangat dan Motivasi Siswa

Semangat dan motivasi siswa bisa saja naik atau turun. Solusi ketika motivasi dan semangat belajar siswa sedang turun adalah mengajak mereka melakukan kegiatan ice breaking. Kegiatan ini bisa dijadikan alat untuk menjaga dan meningkatkan semangat dan juga motivasi siswa dalam proses pembelajaran.

Membuat Siswa Lebih Fokus Belajar

Saat berada di dalam kelas, siswa sering kali terdistraksi oleh sesuatu sehingga membuat mereka tidak fokus menerima pelajaran. Kegiatan  ice breaking bisa membantu mengembalikan fokus siswa dalam belajar.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Ice Breaking

Aktivitas  ice breaking tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Guru harus merancang kegiatan ini terlebih dahulu dengan teliti dan hati-hati, agar tujuan  ice breaking bisa tercapai. Ada beberapa hal yang guru perhatikan ketika melakukan aktivitas  ice breaking, antara lain:

  1. Guru harus memiliki feeling (naluri) khusus yang kuat saat melakukan kegiatan ice breaking. Guru harus mengetahui apa tujuan kegiatan ini sudah tercapai atau belum. Jangan sampai menghentikan kegiatan ice breaking sebelum tujuannya terpenuhi. Karena hal ini akan menjadi kendala saat menyajikan materi pembelajaran berikutnya.
  2. Ketika melakukan ice breaking, guru harus bisa mendeteksi siswa, apakah mereka sudah saling mengetahui antara satu dengan lainnya ketika perkenalan.
  3. Guru harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan ice breaking. Waktu untuk melakukan kegiatan ini sangat kondisional, tergantung dari tingkat kebutuhan dan keleburan siswa.
  4. Guru harus mengusahakan bahwa kegiatan ice breaking ini bisa menimbulkan kesan positif bagi siswa.
  5. Tidak perlu berlebihan. Guru harus memperhatikan waktu berlangsungnya kegiatan ice breaking. Jangan sampai kegiatan ini lebih lama dari waktu pelajaran inti.

Halaman Selanjutnya

Contoh Ice Breaking yang Seru

Berita Terkait

Catat Pengumuman Penting Dirjen Nunuk Persiapan PPG Daljab 2024 Tanggal 21 Juni 2024 Jangan Lewatkan!
Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024
Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024
Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data
Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024
CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024
Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru
Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024
Berita ini 146 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:55 WIB

Catat Pengumuman Penting Dirjen Nunuk Persiapan PPG Daljab 2024 Tanggal 21 Juni 2024 Jangan Lewatkan!

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:09 WIB

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:00 WIB

Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 18:09 WIB

Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:23 WIB

CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:35 WIB

Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:58 WIB

Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:30 WIB

Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Berita Terbaru