Home / News

Selasa, 7 Juni 2022 - 12:56 WIB

Variasi Pembuatan Soal AKM

Soal AKM – Program AKM adalah salah satu program unggulan yang diresmikan pemerintah untuk bisa diterapkan dalam berbagai satuan pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP bahkan juga SMA. Hal ini bertujuan agar pelajar dapat memiliki kemampuan setara di bidang literasi dan numerasi.

Fenomena banyaknya pelajar yang kurang berliterasi, mengharuskan pendidik perlu untuk mengerahkan sekuat tenaga agar pelajar mau meluangkan waktu dan membaca. Padahal, berliterasi akan meningkatkan kemampuan dan keterampilan berfikir serta menalar.

Apalagi di era kecanggihan teknologi, berliterasi sangat perlu digalakkan agar tidak salah dalam memahami kehidupan. Maka dari itu, pemerintah dengan cekatan mulai memetakan adanya program AKM yang berfokus pada cakupan literasi dan numerasi.

Apa Saja Variasi yang Bisa Digunakan dalam Pembuatan Soal AKM?

Untuk meningkatkan aspek pengetahuan dan keterampilan, tentu soal AKM akan memiliki ragam variasi. Jadi bukan hanya terpaku pada pilihan ganda atau jawaban esai saja. Adapun di antaranya sebagai berikut :

Baca Juga:  Pengertian, Syarat, Tata Tertib dan Jadwal Asesmen Nasional

1.    Jenis Pilihan Ganda

Pertama, anda bisa menggunakan jenis soal pilihan ganda. Soal tersebut merupakan soal yang paling mudah pengerjaannya sebab pelajar dapat melihat beragam opsi jawaban serta menentukan pilihan.

Hanya saja, agar jenis soal tersebut tak berlalu dengan mudah dan bisa dijadikan alat ukur maupun penilaian, maka bisa saja anda maupun tim soal AKM negeri membuat soal yang HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Soal HOTS merupakan soal yang diusulkan untuk membuat pelajar terkecoh.  Untuk membuat soal serupa, anda bisa mencoba untuk mengunjungi laman Kemendikbud serta melihat beberapa contoh soal yang disediakan.

2.    Jenis Soal Jawaban Uraian

Kemudian anda juga bisa menggunakan soal berjenis uraian. Soal tersebut biasanya akan sedikit membutuhkan kejelian dan meningkatkan nalar peserta didik. Hal ini terjadi lantaran tidak ada special clue pada soal uraian.

Halaman Selanjutnya

Soal Pilihan Ganda Jenis Kompleks…

Share :

Baca Juga

News

Mata Pelajaran untuk Anak-Anak Sekolah di Indonesia Dinilai Masih Terlalu Banyak

News

Akhirnya Terungkap! Inilah Alasan Kemdikbud Menghilangkan Kata Madrasah dalam RUU Sisdiknas

News

Wajib Bersiap Di Tanggal Berikut Ini Untuk Semua Guru PAUD, TK, SD, SMP, SMK, SMA

News

Guru Wajib Tahu! Hasil RDPU dengan DPRD, PGMNI, dan Ketua Forum Dewan Pendidikan Indonesia Terkait Penundaan RUU Sisdiknas

News

Jenis Laporan Publikasi Ilmiah yang Penting Diketahui Guru Untuk Kenaikan Pangkat
urgensi dan kelebihan kurikulum merdeka

News

Download Materi Seminar Parenting Nasional: Kolaborasi Orang Tua dan Guru PAUD

News

Adakah Perubahan Pengangkatan Guru Honorer? Simak Surat Edaran Terbaru KemenPAN RB

News

Tak Ada CPNS, Pemerintah Tetapkan 530.028 Kebutuhan PPPK 2022