Home / News

Minggu, 28 November 2021 - 02:04 WIB

Tutorial Membuat Soal Online dengan iSpring Quiz Maker

 

Untuk saat ini, ada banyak sekali aktivitas guru yang bisa dibantu oleh aplikasi. Salah satunya adalah ketika membuat soal. Kini telah hadir beberapa aplikasi yang memudahkan Anda dalam membuat soal online di antaranya adalah aplikasi iSpring Quiz Maker

Aplikasi satu ini sudah tergolong populer di kalangan guru. Meskipun demikian, tentu masih ada juga beberapa di antara Anda yang mungkin belum tahu aplikasi ini. 

Aplikasi iSpring Quiz maker merupakan aplikasi yang memiliki fungsi untuk membantu Anda dalam membuat kuis latihan soal untuk para siswa atau yang lainnya. Menariknya, aplikasi ini menawarkan penggunaan yang sangat mudah. Sehingga, memungkinkan Anda untuk membuat soal online dengan cepat dan praktis. 

Aplikasi iSpring menawarkan 2 jenis penggunaan. Yakni, yang versi gratis dengan versi premium. Tentu, ada perbedaan ketika Anda menggunakan yang versi gratis dengan yang premium. 

Sebagai pemula yang baru saja menggunakan aplikasi ini, mungkin Anda bisa menggunakan yang versi gratis saja dulu.

Dan berikut ini adalah cara membuat soal online dengan iSpring Quiz Maker

  1. Download aplikasinya. Sebelum melakukan pembuatan soal, pastikan bahwa Anda sudah mendownload aplikasinya terlebih dahulu ke perangkat komputer atau laptop Anda.
  2. Buka aplikasi. Jika sudah terdownload dan sudah diinstall, maka buka aplikasinya.
  3. Pada halaman utamanya, klik ataupun pilih menu graded quiz. Dengan demikian, maka akan terlihat tampilannya. Anda dapat mengganti kalimat welcome to the untitled quiz dengan kalimat yang Anda inginkan. Termasuk ketika ingin menggantinya dengan kalimat yang masih berhubungan dengan tema.
  4. Tambahkan gambar dengan mengklik ikon insert image yang terletak di bagian atas sebelah kanan.
  5. Kemudian klik properties. Di tab main, Anda dapat mengatur passing score, ataupun bisa dengan memilih nilai KKM dengan durasi waktu latihan di bagian time limit.
  6. Sementara di bagian tab navigation, Anda bisa mengatur submit one question at a time agar konfirmasi hasil jawaban pada setiap soalnya. Atau, bisa juga dengan mengklik submit all at once untuk konfirmasi hasil jawaban jika seluruh soalnya sudah dikerjakan. Dan berikutnya tinggal klik ok.
  7. Selanjutnya, Anda bisa mulai membuat kuis. Caranya, klik graded question di bagian kiri bagian atas. Pilih model ataupun tipe soal yang akan Anda buat, baik dalam bentuk pilihan ganda atau yang lainnya. Anda dapat mengklik soalnya di bagian kolom yang disediakan, lengkap dengan jawaban yang benar dengan mengklik kolom correct.
  8. Enter agar bisa menambahkan pilihan jawaban jika memang diperlukan.
  9. Anda dapat mengulangi cara tersebut sampai soalnya selesai.
  10. Terakhir, tinggal terbitkan saja quiznya. 
Baca Juga:  6 Tool untuk Membuat Konten Pembelajaran yang Cocok bagi Pemula

Demikian cara membuat soal online menggunakan iSpring Quiz Maker. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Kebijakan Kemendikbud soal Peraturan Siswi Hamil 

 

Ikuti Diklat “Membuat Soal Online Inovatif Menggunakan Aplikasi iSpring Quiz Maker” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:


DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

News

Sangat Disayangkan, 2 Golongan PNS Ini Dipastikan tidak Terima THR dan Gaji ke 13 di Tahun 2022!

News

Penyebab Tunjangan Sertifikasi Triwulan 1 Gagal Cair

News

Cara Membuat Teka-Teki Silang Online Mudah dan Praktis

News

Perbedaan Evaluasi Pendidikan Dahulu Dan Sekarang Dalam Rapor Pendidikan Indonesia

News

Model Pembelajaran Interaksi Sosial, Tingkatkan Karakter Siswa

News

Masa Kontrak Kerja PPPK Guru Bisa Diperpanjang? Begini Aturannya!

News

Mengenal Lomba Mapsi dan Cabang Perlombaannya

News

Menjadi Guru yang Dirindukan