Home / News

Kamis, 22 September 2022 - 20:58 WIB

TPG Guru Non Sertifikasi Gagal Diwujudkan! RUU Sisdiknas Resmi Gagal Jadi Prolegnas, Ini Penjelasan Kemdikbud

Imbauan Kemdibud Untuk Guru Semua Jenjang mengenai verval UTN dan Uji Kompetensi PLPG

Imbauan Kemdibud Untuk Guru Semua Jenjang mengenai verval UTN dan Uji Kompetensi PLPG

Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) telah resmi gagal untuk menjadi RUU Prolegnas 2023. Keputusan tersebut diambil oleh Badan Legislasi DPR saat menggelar rapat kerja (raker) bersama dengan Kementerian Hukum dan HAM beserta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada hari Selasa (20/9/2022).

Tidak dimasukkannya RUU Sisdiknas dalam Prolegnas dikarenakan DPR tidak ingin kerusuhan yang terjadi bertambah parah. Sehingga, dalam kesempatan tersebut, DPR menyampaikan agar Mendikbud Ristek membuka ruang dialog dengan para pemangku kepentingan sebelum mengajukan RUU tersebut untuk dibahas bersama DPR.

Dengan demikian, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) mengatakan bahwa keputusan Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat (Baleg DPR) RI yang tidak memasukkan Rancangan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) kedalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Perubahan Prioritas tahun 2023.

Berkaitan dengan hal tersebut maka upaya yang dilakukan pemerintah yakni telah mengupayakan kesejahteraan guru dengan memberikan tunjangan profesi guru (TPG) tanpa harus dibuktikan dengan sertifikasi yang bisa didapatkan melalui program pendidikan profesi guru (PPG).

Baca Juga:  Guru Negeri, Swasta, THK II Beserta Lulusan PPG Bisa Gagal Menjadi ASN PPPK 2022 Apabila Hal Ini Terjadi

Pemerintah juga sudah berupaya keras agar mulai tahun 2022 ini guru bisa memperoleh tunjangan meskipun belum memiliki sertifikat PPG. Akan tetapi, hal tersebut akan gagal diwujudkan karena isi dalam Rancangan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional tersebut harus ditunda pembahasannya.

Selain itu, Kemdikbud juga menjelaskan bahwa setiap perubahan kebijakan tidak lepas dari risiko. Untuk protes yang dilayangkan kepada suatu kepemimpinan merupakan bukti bahwa pemerintah telah melakukan terobosan dalam bekerja. Selain itu, suatu perubahan selalu mengundang resistensi dan apabila dalam suatu kepemimpinan tidak ada yang protes maka nantinya akan dikira pihak pemerintah belum melakukan apa-apa dan yang paling penting yakni pemerintah bekerja dengan hati yang tulus dan kinerja yang bagus.

Di sisi lain, Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) mendesak Kemdikbud untuk membentuk Panitia Kerja (Pokja) Nasional dalam RUU Sisdiknas. Hal tersebut dinilai dapat menjadi indikator transparansi perubahan RUU Sisdiknas. Koordinator Nasional P2G juga menyebutkan bahwa Pokja Nasional tersebut nantinya akan merapikan RUU Sisdiknas supaya naskah akademik dapat selaras dengan batang tubuh.

Baca Juga:  Aplikasi Belajar Matematika yang Bermanfaat untuk Guru

Tim Pokja yang akan dibentuk tersebut nantinya juga akan dibekali dengan Surat Keputusan penugasan resmi dari Kemdikbudristek kepada akademisi, tokoh pendidikan, perwakilan organisasi guru dan dosen agar dapat merapikan RUU Sisdiknas yang masih berantakan dan ketidaksinkronan antara naskah akademik dengan batang tubuh RUU.

Selain itu, tim Pokja juga perlu dibentuk dengan suatu dasar landasan spirit gotong royong pendidikan seluruh elemen bangsa. Nama-nama tim Pokja yang ada dalam RUU Sisdiknas juga harus diumumkan secara transparan sebagai bentuk pertanggungjawaban pada publik supaya tidak terjadi kesan elitisme dalam tim.

Halaman Selanjutnya

Hal tersebut juga dapat digunakan sebagai bentuk keterbukaan…

Share :

Baca Juga

News

Sukses Menulis Buku Hasil Penelitian Ber-ISBN

News

Pelatihan 90 JP: Optimalisasi Platform Merdeka Mengajar untuk Kenaikan Pangkat Guru

News

Manfaat Mempelajari Ilmu Perkembangan Psikologi Peserta Didik bagi Guru

News

Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Memenuhi Kebutuhan Murid dalam Merdeka Belajar, Segera Daftar Pelatihannya!
Guru Wajib Mempersiapkan Hal Ini

News

Diklat Ini 100% Gratis dan Bersertifikat 40 JP, Guru Segera Mendaftar Disini!
wajah baru pendidikan pasca pandemi

News

5 Tips Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru dari Mendikbud
https://naikpangkat.com/memahami-enjoyfull-learning-dalam-pembelajaran/

News

Cara Mengganti Virtual Background pada Zoom Meeting dengan Mudah

News

3 Jenis Mata Kuliah Ini Wajib Diambil Guru Dalam PPG Prajabatan Model Baru 2022