Home / News

Rabu, 22 September 2021 - 01:47 WIB

Tips untuk Guru agar Pembelajaran Online Jadi Lebih Menarik

Sampai saat ini, pembelajaran online masih dilakukan oleh banyak sekolah. Meskipun sebenarnya sudah mulai banyak sekolah yang melakukan uji coba pembelajaran dengan tatap muka di sekolah. Meskipun demikian, tentu tidak ada salahnya jika kita tetap belajar mengenai pembelajaran online. Karena kita tidak pernah tahu ke depan model pembelajaran seperti apa yang akan diterapkan mengingat perkembangan dunia digital yang luar biasa. 

Dalam pembelajaran online, seorang guru dituntut untuk bisa mengajar sesuai dengan kondisi. Karena bagaimanapun, mengajar dengan sistem online dengan offline tentu berbeda. Sehingga, dibutuhkan persiapan yang matang dan pembiasaan.

Selain itu, kita memang harus benar-benar mengetahui kiat-kiat dalam melakukan pembelajaran online. Hal ini agar kita bisa menguasai kelas dengan baik, kemudian materi yang disampaikan bisa diterima oleh anak-anak, dan lain sebagainya. Karena bagaimanapun, menjelaskan pelajaran di dalam kelas secara langsung tergolong lebih mudah dan sederhana jika dibandingkan menjelaskan lewat online, bukan?

Jika kita menjelaskan pelajaran di depan kelas, kita bisa mengetahui siapa saja yang tidak memperhatikan, bisa menyampaikan materi secara leluasa tanpa terkendala apapun, dan lain sebagainya. Sementara dalam pembelajaran online, justru sebaliknya. Kadang, ada siswa yang tidak fokus, sulit melakukan pengetesan, sulit menyampaikan materi, dan yang lainnya. Sehingga, mengajar dengan sistem online ini adalah tantangan tersendiri bagi setiap guru.

Berikut adalah beberapa tips bagi guru melaksanakan pembelajaran online yang bisa dicoba.

Petakan Materi

Tips pertama yang mesti kita lakukan adalah dengan memetakan materi terlebih dahulu. Di mana, tips satu ini berkaitan dengan persiapan. Ya, sebelum mengajar, baik online atau offline, Anda meski mempersiapkan beberapa hal. Salah satunya terkait materi ini. Maka, kita perlu melakukan pemetaan materi terlebih dahulu.

Baca Juga:  Memahami Krakteristik Kurikulum Prototipe 2022

Adapun salah satu cara pemetaan materi adalah dengan membuat mind map yang sederhana. Melakukan pemetaan ini akan sangat memudahkan ketika dalam menjelaskan materi kepada anak-anak.

Adakan Kuis

Sebelum masuk ke materi, alangkah baiknya jika kita membuat otak siswa merasa berbahagia dan segar. Salah satunya adalah dengan mengadakan kuis kecil-kecilan yang sederhana. Dengan mengadakan kuis tersebut, fokus anak-anak akan benar-benar terpusat pada guru. Sehingga hal ini akan membuat mereka lebih siap dalam  mengikuti pembelajaran online. Untuk durasinya tidak perlu terlalu lama. Cukup manfaatkan waktu 5 sampai 6 menit saja.

Perbanyak Interaksi

Tips yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak interaksi. Tentunya, interaksi yang masih berkaitan dengan materi. Hanya saja, diperlukan keahlian dalam melakukan interaksi dengan anak-anak. Hal ini karena biasanya, jika kita tidak lihai dalam berinteraksi, maka perbincangan akan melebar ke mana-mana, yang membuat waktu habis tanpa terasa sementara materi yang ingin kita sampaikan pada hari itu belum selesai sepenuhnya.

Dengan interaksi, pembelajaran akan menjadi lebih menyenangkan. Karena dalam proses pendidikan, interaksi juga merupakan poin yang sangat penting untuk dilakukan.

Memberikan Apresiasi

Apresiasi adalah salah satu bentuk bahwa kita bisa menghargai usaha siswa. Tips satu ini terlihat sangat sederhana. Namun siapa sangka, jika ternyata, masih lumayan banyak yang tidak bisa mempraktikkannya.

Dalam memberikan apresiasi, kita tidak meski memberikan benda atau barang apapun kepada anak-anak. Cukup apresiasi mereka lewat ungkapan pujian saja sudah lebih dari cukup. Dan hal tersebut bisa membuatnya lebih semangat dalam belajar.

Adapun apresiasinya sesuaikan saja dengan karakter baik yang dimiliki siswa, sekecil apapun  itu. Misal, jika ada anak yang selalu bertanya, maka apresiasi antusiasnya dengan kalimat-kalimat yang indah. Begitupun dengan anak lain, baik yang selalu masuk kelas online tepat waktu atau yang lainnya.

Baca Juga:  3 Aplikasi Edit Video Pembelajaran yang Mudah Digunakan oleh Guru

Gunaakan Beberapa Platform

Tips yang selanjutnya adalah dengan menggunakan beberapa platform pembelajaran online. Ya, Anda bisa memilih beberapa platform. Kemudian, memadukan platform tersebut. Misal, dengan membuat jadwal hari Senin menggunakan Zoom, Selasa via Google Classroom, dan Kamis menggunakan Quizizz.

Kombinasi beberapa platform ini bisa membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Jadi, tidak melulu bertemu tatap layar via video call. Tapi, ada kalanya mereka meski berdiskusi di Google Classroom, atau yang lainnya.

Buatlah Video Pembelajaran

Tips bagi guru melakukan pembelajaran online yang terakhir adalah dengan membuat video pembelajaran. Video pembelajaran ini bisa kita bagikan kepada para siswa ketika sedang tidak ada jadwal Zoom. Dalam membuat video, usahakan menyajikan materi yang jelas. Dan buatlah semenarik mungkin.

Video menjadi salah satu model pembelajaran online yang sangat menyenangkan. Hal ini karena para siswa bisa mengulang-ulang materi yang didapatnya. Selain itu, ia juga bisa mengaksesnya kapanpun dan di manapun.

Untuk saat ini, sudah banyak aplikasi-aplikasi yang memudahkan  dalam membuat video pembelajaran. Misal, Bandicam atau bahkan menggunakan aplikasi PowerPoint. Anda tinggal download saja aplikasinya, kemudian sampaikan materi yang sudah disiapkan. Gampang sekali, bukan?

Ikuti Diklat “Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint” melalui link berikut ini:

DAFTAR DIKLAT

Diklat ini dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 

Telegram: t.me/CS_eguruid

WhatsApp: 081575345555

Demikian beberapa tips bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran online yang layak dicoba. Jika Anda memiliki cara lain yang lebih efektif, tentu tidak ada salahnya untuk menggunakannya. Karena biasanya, setiap orang memang memiliki kecocokan masing-masing.

Ditulis oleh Rita Indah Purweny,S.Pd, Guru SMPN 18 SEMARANG

Share :

Baca Juga

News

Download Materi Hari Pertama Diklat Gratis “ Penyusunan Perangkat Pembelajaran SiPendi-eRaport PAUD”
Kenali Komponen Desain Grafis

News

Pengembangan Kelas Virtual Dengan Gnomio

News

Guru Menulis di tengah Fenomena Pandemi Covid-19
https://naikpangkat.com/download-materi-pelatihan-gratis-4-jp--membuat-kartu-ucapan-lebaran-di-canva/

News

Rumus Dasar Excel untuk Administrasi Pembelajaran

News

Cara Membuat Presentasi Online Interaktif dengan Microsoft Powerpoint dan Slido

News

Akhirnya Terungkap! Inilah Alasan Kemdikbud Menghilangkan Kata Madrasah dalam RUU Sisdiknas

News

Macam-Macam, Tujuan, dan Fungsi Metode Pembelajaran

News

Tips Menulis Sitasi Karya Ilmiah Dengan Benar