Home / News

Kamis, 23 Juni 2022 - 09:56 WIB

Tips Public Speaking bagi Guru

Tips Public SpeakingKemampuan guru untuk berbicara di depan umum adalah kemampuan yang umum dan mendasar bagi pengajar. Maka dari itu memiliki pengetahuan dalam disiplin ilmunya saja itu tidak cukup. Di sisi lain guru harus memiliki kemampuan public speaking yang bagus untuk komunikasi pada muridnya secara maksimal.

Suara itu dikeluarkan oleh mulut ketika berbicara. Hal ini juga berarti hampir setiap suara yang dikeluarkan dari mulut kita mempunyai aspek dan arti yang sangat mudah untuk dibentuk dan disesuaikan. Setelah itu juga bisa anda kembangkan seperti adanya intonasi dan penekanan.

Seorang guru harus mengolah voice (suara) mereka untuk kepentingan pembelajaran agar suara terdengar jelas dan lantang. Selain itu juga suara yang lantang dan jelas ini akan nyaman di telinga peserta didik. Tujuannya supaya mudah untuk memahami pelajaran yang sedang disampaikan.

Baca Juga:  3 Aplikasi Edit Video Pembelajaran yang Mudah Digunakan oleh Guru

Jadi suara yang dikeluarkan itu tidak asal keras dan lantang saja. Namun harus dibatasi dengan melihat ruangan kelas, banyaknya murid dan juga topik yang sedang dibicarakan. Aspek lainnya dalam suara ini yang harus diperhatikan itu juga adalah kejelasan, penekanan, dan juga bahasa yang tepat.

Selanjutnya, tips public speaking bagi guru ialah terkait kecepatan berbicara bagi seorang guru sebaiknya antara 100-150 kata per menit. Artinya, jika guru berbicara kurang dari 100 kata per menit, maka guru tersebut termasuk ke dalam golongan pembaca yang lambat. Namun, jika jumlah kata yang guru ucapkan 100-150 kata per menit maka guru tersebut termasuk ke dalam pembicara yang baik sehingga dapat menguasai kelas.

Baca Juga:  Strategi Mengajar agar Tersusun Rapi dan Menyenangkan

Potensi diri kedua yang harus dikuasai oleh seorang guru adalah gestur tubuh. Seorang pendidik yang hanya berdiam diri atau mematung di depan kelas akan terlihat kaku dan akan membuat peserta didik yang duduk di bagian sudut belakang akan kurang memperhatikan dan terperhatikan. Dengan gestur tubuh dan gerakan yang berpindah-pindah yang dilakukan oleh guru merupakan salah satu strategi untuk memastikan bahwa setiap semua peserta didik tetap dalam kendali seorang guru.

Halaman Selanjutnya

Maka, seharusnya seorang guru

 

Share :

Baca Juga

News

Pernyataan Resmi Kemnaker Tentang Pencairan BSU BPJS Ketenagakerjaan

News

Standar Kualifikasi Guru dan Tenaga Kependidikan dari Tingkat PAUD-SMA

News

Guru Wajib Tahu, Pendekatan Tematik Tetap Digunakan di Kurikulum 2022!
handara gate uner blue sky

News

Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Perangkat Pembelajaran

News

Rangkaian dan Uraian Pelaksanaan PPG 2022 Dalam Jabatan

News

10 Website Sumber Belajar Buat Siswa Aktif

News

Mengenal Lebih dalam Apa Itu Penilaian Autentik

News

Syarat Kenaikan Pangkat Guru dari III/d ke IV/a