Home / Karya Ilmiah / News

Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:21 WIB

Tips Menyelesaikan Disertasi dalam Waktu Singkat

Proses pembuatan disertasi tentunya tidak mudah dilakukan oleh sebagian orang apalagi yang tidak hobi menulis. Butuh ketekunan dan skill tertentu untuk bisa menulis disertasi dalam waktu singkat dan hasil yang maksimal.

Semua ini karena untuk membuat disertasi harus ada analisa mendalam dan perlu ada terobosan terbaru dari bidang yang dikuasainya. Bagi orang awam tentu proses seperti ini sangat menyulitkan dan menyita waktu dan pikiran.

Tetapi dengan mengetahui tips ini tentu dalam membuat disertasi akan lebih mudah bahkan bisa dilakukan dalam waktu yang cepat. Tips ini tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda yang melanjutkan jenjang pendidikan S3 di kampus-kampus tertentu.

Manajemen Waktu

Dalam menulis suatu karya tentu butuh ketekunan dan kesabaran serta harus dipaksa melakukan kegiatan tersebut. Hal seperti ini memang sering terjadi pada kalangan akademisi di mana ketika tugas akhir biasanya sering malas mengerjakan.

Maka dari itu, manajemen waktu untuk menulis disertasi memang sangat dibutuhkan agar bisa segera selesai. Jadi Anda jangan sampai menunggu waktu luang tetapi selalu sediakan waktu khusus untuk menulisnya meskipun hanya sedikit demi sedikit.

Baca Juga:  Aplikasi Membuat TTS Online untuk Menjadikan Pembelajaran Makin Seru

Komunikasi Intens

Dalam membuat disertasi tentu perlu adanya dukungan dari beberapa pihak termasuk teman, keluarga dan yang lainnya. Dukungan tersebut tentu yang sifatnya positif dan mampu memberikan motivasi kepada Anda dalam menulis disertasi.

Tetapi dalam proses pembuatannya, Anda harus terus meminta bantuan dari dosen pembimbingnya. Bantuan dari pembimbing tentu akan memudahkan terkait seperti apa seharusnya metode penelitian serta hasil penelitiannya.

Disiplin Membaca Jurnal

Dalam menulis disertasi, jurnal harus menjadi teman baik dalam suka maupun duka dalam menulis disertasi. Tanpa jurnal atau membiasakan membaca jurnal tentu disertasi akan bermasalah dan tidak akan kunjung selesai dalam waktu yang cepat.

Anda bisa mencari jurnal-jurnal yang ada kaitannya dengan penelitian yang akan diangkat dalam disertasi tersebut. Untuk mendapatkan jurnal tentu caranya sangat mudah yaitu Anda bisa mendownloadnya di internet.

Baca Juga:  Inilah Layanan dari Google yang Sangat Bermanfaat untuk Dunia Pendidikan

Banyak sekali jurnal yang bisa di download terkait penelitian para akademisi yang akan membantu proses penulisan disertasi. Hal terpenting dalam hal ini adalah pembiasaan bagi Anda untuk selalu membaca jurnal.

Jadi dari ketiga poin di atas tentunya, Anda harus benar-benar bersabar dan melakukan tips tersebut secara terus-menerus. Tips ini tidak akan ada artinya jika hanya diketahui tetapi tidak dipraktikkan dalam kehidupan nyata.

Tanamkan dalam diri Anda untuk bisa membuat disertasi tersebut dilakukan dalam waktu yang singkat. Niat yang kuat juga mampu membuat Anda semakin bersemangat dalam menulis disertasi.

Dari ketiga poin di atas yang terpenting adalah bagaimana Anda membiasakan diri untuk membaca hal-hal terkait disertasi ini. Kedua, harus ada waktu khusus setiap hari untuk menulis disertasi ini meskipun tidak banyak. 

https://www.youtube.com/watch?v=OVZbtzvIQls

Dapatkan info terbaru dan ikuti seminar gratis terkait penulisan ilmiah dengan cara menjadi anggota e-Guru.id. Klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

News

Cek Sekarang! Cara Daftar Seleksi Administrasi PPG 2022 Tahap II
APLIKASI TAP

News

RPP Model Baru dalam Kurikulum 2013

News

Breaking News! BKN Memberlakukan Sanksi Tegas Terhadap PPPK Yang Mengundurkan Diri Pada Seleksi Tahap 1
minat baca masyarakat indonesia

News

Menyusun Diktat untuk Kenaikan Pangkat Guru PNS

News

Prinsip – Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka dan Impementasinya
https://naikpangkat.com/cara-ampuh-mengatasi-learning-loss/

News

Cara Ampuh Mengatasi Learning Loss

News

Peran Guru PAUD di Era Modern

News

Membangkitkan Motivasi Siswa Melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila Upaya Mengatasi Krisis Belajar