Home / News

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:51 WIB

Tips Menjadikan Pembelajaran Menyenangkan di Kelas 

Pembelajaran Menyenangkan – Konsep pembelajaran menyenangkan menjadi salah satu hal yang perlu diwujudkan di lingkungan pendidikan. Kehadiran konsep pembelajaran menyenangkan akan menciptakan suasana dan lingkungan nyaman. 

Misalnya, dengan cara mengatur posisi duduk dengan beberapa variasi dan dijalankan secara berkala berdasar kehendak kedua pemeran utama yakni pendidik dan peserta didik. 

Hal lain yang bisa diwujudkan yakni dengan menciptakan suasana kelas serius tapi santai bahkan bisa juga dengan menciptakan kondisi peserta didik yang tidak takut untuk melakukan kesalahan. 

Beberapa hal yang perlu dilakukan yakni dengan senantiasa memberikan motivasi, perhatian, penguatan, dan pendampingan bila memang dibutuhkan.

Konsep Pembelajaran Menyenangkan yang Perlu Dipahami oleh Pendidik

Pembelajaran menyenangkan merupakan sebuah rangkaian belajar dan berlangsung dalam suasana yang berkesan.  Suasana tersebut tentu akan memberikan kesan positif dan pastinya menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta didik agar terlibat aktif. 

Dengan demikian, tujuan pembelajaran akan mudah diraih dan proses belajar mengajar berjalan maksimal. 

Baca Juga:  Segera Daftar Pelatihan yang Paling Banyak Diminati, Ice Breaking Seru Anti Boring agar Pembelajaran Lebih Menyenangkan!

Beberapa tips untuk membuat pembelajaran menyenangkan yang perlu diketahui yakni :

Pertama, pendidik berupaya mewujudkan lingkungan kelas yang rileks. Lingkungan yang santai akan membuat peserta didik merasa betah dan ingin berlama – lama untuk belajar bersama Anda. Misalnya Anda tambahkan dengan permainan yang tetap berkaitan dengan materi terkait. 

Jangan membuat kelas terasa seperti kelas yang menegangkan walaupun mata pelajaran yang diampu berupa Matematika dan IPA di mana biasanya pendidik terkesan killer. Usahakan selalu tersenyum dan memberikan tanggapan positif pada peserta didik.

Kedua, pendidik memberikan ragam materi yang relevan dengan level perkembangan peserta didik. Selain memberikan buku teks, pastikan Anda mengarahkan peserta didik untuk ikut mengakses beberapa sumber belajar baik luring maupun daring agar bisa belajar di luar kelas. 

Ketiga, pendidik mengupayakan untuk mengarahkan peserta didik agar bisa belajar dengan mengoptimalkan sisi emosional seperti menghadirkan dukungan berupa semangat dan argumen berupa humor.  

Baca Juga:  Download Gratis Disini! Juknis Tunjangan Profesi Guru Tahun 2022

Keempat, pendidik berupaya untuk bisa membuat peserta didik ikut melibatkan keseluruhan indera maupun mengoptimalkan otak kanan (sisi sosial) dan kirinya (sisi analitis). Hal ini penting sebab mereka harus bisa menyeimbangkan aspek pengetahuan dan keterampilan di mana akan berguna di masa depan. 

Kelima, pendidik berusaha untuk senantiasa mendorong peserta didik agar bisa mengekspresikan beragam hal yang mereka pelajari. Hal ini pada awalnya memang terkesan sulit sebab sebagian peserta didik sering merasa ragu bahkan untuk bertanya terkait materi yang sudah disampaikan pendidiknya. Maka dari itu, pendidik dapat melakukan beberapa strategi untuk bisa akrab dengan para peserta didik. 

Nah, demikian sejumlah tips untuk menjadi pembelajaran menyenangkan dan beberapa penjelasan sederhananya. (*)

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

News

Mengembangkan Modul Projek Kurikulum Merdeka Jenjang SMA dan SMK Sederajat

News

Cara Membuat Chat Form untuk Kuis Online agar Lebih Menarik
https://naikpangkat.com/terbaru-struktur-kurikulum-merdeka/

News

Cara Membuat Bahan Ajar yang Menarik

News

Cara Download Format SKP Terbaru 2022

News

Memahami Penggunaan Video Pembelajaran yang Menarik

News

4 Website Penyedia Video Footage Gratis Bebas Copyright

News

8 Keterampilan Mengajar yang Harus Dimiliki Seorang Guru

News

Penting Diketahui Oleh Guru: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar