Tips Menjadi Guru Kreatif dan Inspiratif di Era 4.0

- Editor

Sabtu, 26 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Guru Kreatif dan Inspiratif – Keahlian guru dalam mendesain pembelajaran adalah faktor penting yang dapat membuat siswa nyaman dan mempunyai motivasi untuk belajar. Dengan demikian, untuk dapat mendesain pembelajaran yang menarik, guru harus dapat menguasai skill mengajar kreatif dan menginspirasi.

Peran guru tetap diperlukan, meskipun perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju. Pendidikan di masa lalu dan cara guru mengajar akan berbeda dengan masa saat ini.

Oleh karena itu, guru dituntut untuk bisa mengikuti perubahan zaman dan menyesuaikan diri agar tidak ketinggalan zaman.

Dalam menjadi guru yang sekaligus berperan sebagai pembimbing siswa, guru harus mempunyai karakteristik kreatif dengan berbagai pembaharuan dalam kurikulum, strategi dan metode serta media dan teknologi baru yang lebih bermakna, bermanfaat dan juga beperngaruh terhadap efektivitas pemebelajaran.

Namun, untuk dapat menjadi kreatif tidaklah mudah. Hal ini karena membutuhkan praktek dan evaluasi secara berkala dan mempunyai panduan yang benar dan teruji.

Profesi guru memang terlihat mudah, tetapi sebenarnya menjadi guru perlu banyak mempunyai skill dalam memahami muridnya.

Mengapa Harus Menjadi Guru yang Kreatif?

Kreativitas adalah skill atau kemampuan penting yang harus dimiliki guru. Melalui mengajar secara kreatif, guru tidak hanya bisa membuat siswa terlibat aktif di dalam kelas.

Akan tetapi, kreativitas akan membuat siswa dappat berkembang dalam proses pembelajaran baik akademiknya maupun area penting lainnya.

Siswa yang diajar oleh guru kreatif akan tumbuh menjadi orang yang dapat memecahkan masalah, berpikir secara mandiri, percaya diri, tidak takut untuk melakukan kesalahan, terbuka pada ide-ide baru, haus akan informasi, dan selalu mengupgarde diri dalam hal baru.

Tips Menjadi Guru Kreatif

1. Pelajari Keahlian di Luar Bidang Anda

Kreativitas akan muncul jika mempunyai multi-perspektif, yaitu cobalah untuk mempelajari dan menguasai hal-hal lain di luar bidang keahlian yang dikuasai.

2. Tiru dan Modifikasi

Cobalah untuk mengumpulkan berbagai ide mengajar. Bisa didapat dari youtube, forum guru yang resmi, dan komunitas guru online.

Selanjutnya kuasai kumpulan dan kelompokan ide-ide tersebut, disesuaikan dengan kategori maupun tema yang Anda tentukan.

3. Hilangkan Penghambar Kreativitas

Tingkat kecerdasan dan kemampuan setiap orang berbeda, tetapi semua orang mempunyai potensi yang sama untuk menjadi kreatif.

Cobalah untuk mencaro guru yang lebih senior atau support system dimana guru dapat membagikan rencana, ketertrikan dan hal-hal yang dapat membantu guru menjadi yakin akan potensi dirinya.

4. Mulai Bereksperimen Sekarang Juga

Apabila Anda melihat murid yang kehilangan motivasi belajar, saat itulah guru untuk bereksperimen. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan pendekatan pembelajaran yang berbeda dari biasanya yang digunakan.

Teruslah untuk melatih skill kretaif Anda secara bertahap dan konsisten. Dengan begitu, Anda akan dapat menguasai kemampuan ini.

5. Ubah Layout dan Desain Kelas

Layout ruang kelas yang akan digunakan harus flesibel dan mudah untuk diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

Hal ini karena, siswa akan belajar dengan berbagai macam konfigurasi. Mulai dari diskusi kelompok, presentasi, menyaksikan video tutorial hingga mengerjakan tes.

6. Gunakan Perangkat Pembelajaran yang Berbeda

Gunakan perangkat belajar atau alat bantu belajar yang sesuai dengan kebutuhan rencana kreatif Anda.

7. Terkoneksi dengan Sesama Guru & Bagikan Ide Anda

Karena inspirasi bisa dating dari mana saja, baik dari praktisi pendidikan, penulis, maupun sesame guru lain yang mengampu mata pelajaran sama. Hal ini dapat membantu Anda untuk menjadi lebih kreatif.

Cobalah untuk mengemukakan ide kreatif yang Anda punya. Dengan berbagi ide tersebut, Anda akan mendapatkan masukan dari sudut pandang lain.

8. Mengevaluasi Diri

Hal-hal yang telah dikerjakan juga penting untuk dievaluasi. Contohnya, apakah siswa telah antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas, dan apakah target pengajaran telah tersampaikan dengan baik?

9. Memperluas Wawasan

Pada masa pandemi saat ini, guru dapat memperluas wawasan dengan cara aktif mengikuti berbagai webinar atau pelatihan online.

Guru juga dapat mempelajari berbagai hal baru yang sesuai dengan perkembangan zaman yang bisa diterapkan sebagai dalam proses pembelajaran.

10. Melatih Kreativitas Diri

Kreativitas diri juga perlu dilatih agar tidak hilang dan terus berkembang. Caranya yaitu dengan memainkan beberapa permainan yang membutuhkan konsentrasi dan kreativitas berpikir. Guru juga dapat membuat karya seperti puisi, dan lain-lain.

Apa Itu Guru Inspiratif?

Sedangkan guru insipiratif yaitu apabila guru mampu untuk merubah pola pikir dan perilaku siswa menjadi lebih baik. Akan tetapi, jika guru hanya mentransfer ilmu pengetahuan tetapi pola pikir dan akhlak siswa tidak mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik, maka bisa jadi ada yang salah dalam cara guru mengajar.

Guru inspiratif mengajak siswa melihat sesuatu dari luar (out of the box), mengubahnya didalam, lalu membawa kembali ke luar, ke masyarakat luas.

Berikut ini merupakan kriteria yang dimiliki guru inspiratif, antara lain:

  • Mempunyai rancangan proses pembelajaran yang membuat siswa merasa senang dan nyaman selama berlangsungnya proses pembelajaran
  • Mempunyai metode dan media pembelajaran yang bervariasi
  • Mempunyai karakter yang dapat menghidupkan suasana di kelas dengan cara menginspirasi siswa untuk mengemukakan pendapat
  • Mengajar dengan ikhlas tanpa ada rasa terpaksa atau tuntutan kurikulum

Guru yang inspiratif adalah guru yang terbuka dan membuka wawasan bagi siswa dan dirinya sendiri, guru yang terbuka dengan bermacam-macam pemikiran baru dan cara-cara baru untuk mensukseskan tugasnya yaitu mengajar.

Tips menjadi guru insipiratif, antara lain:

  1. Menunjukan keterbukaan dalam hal perencanaan mengajar dan kegiatan belajar mengajar
  2. Menjadikan materi pelajaran berguna di kehidupan nyata siswa
  3. Mempertimbangkan cara alternatif dalam menyampaikan isi pelajaran kepada siswa
  4. Menggunakan humor secara proposional untuk menciptakan KBM yang menarik
  5. Memandang siswa sebagai partner dalam KBM

Menjadi guru kreatif dan inspiratif harus memiliki komitmen tinggi terhadap perubahan, memahami, dan dapat membawa siswanya memahami dunia melalui dirinya sendiri.

Dengan demikian, Anda dapat menerapkan cara mengajar yang tidak membosankan dan disenangi oleh siswa. Tinggalkan model guru konvensional. Disebut konvensional karena merupakan metode pembelajaran tradisional atau biasa disebut dengan metode ceramah.

Hal tersebut karena dalam metode ceramah, guru lebih banyak aktif daripada siswa. Siswa hanya pasif menerima materi pelajaran dari guru. Hal tersebut tidak sesuai dengan kurikulum sekarang yang berlaku, dimana seharusnya siswa yang mempunyai peran lebih aktif dibandingkan dengan guru.

Tidak hanya dikejar tuntutan kurikulum saja, akan tetapi guru inspiratif juga harus dapat mengajak muridnya agar kreatif.

Menjadi guru inspiratif tidaklah mudah, hal ini karena guru inspiratif tidak permanen dan bisa saja memudar. Namun, bisa saja permanen apabila diimbangi dengan keikhlasan dan semangat tinggi, serta mempunyai dedikasi yang tinggi untuk mengabdi.

Pada dasarnya menjadi guru haruslah totalitas dan penuh dengan keikhlasan dalam menjalankan ammanah yang diberikan karena guru merupakan cerminan dari nilai-nilai kemanusiaan.

Selain itu, guru juga harus mampu untuk memberikan layanan pendidikan kepada siswa dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Dengan menjadi guru kreatif dan inspiratif akan bisa mencetak generasi penerus bangsa yang berkarakter dan bisa menjadi tombak keberhasilan pendidikan.

Daftarkan Diri Anda Sebagai Member e-Guru.id untuk Mendapatkan Seminar Dan Diklat Gratis Setiap Bulannya!

Berita Terkait

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Berita ini 47 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:15 WIB

Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Berita Terbaru