Home / News

Selasa, 24 Agustus 2021 - 23:10 WIB

Tips Menghukum Anak Bandel di Sekolah Supaya Lebih Baik

Sebagai seorang guru, Anda harus tahu betul jika ingin menghukum peserta didik yang melanggar aturan,. Anda harus melakukannya dengan cara yang bersifat mendidik. Sebab dalam menghukum peserta didik itu ada yang membuat efek namun ada juga yang tidak—justru membuat semakin membangkang.

Ketika Anda menghukum peserta didik, jangan lakukan pada saat marah. Akan tetapi akan sangat lebih baik diredakan dulu emosinya karena jika menghukum ketika sedang marah justru dapat berakibat buruk pada peserta didik. Dan tujuan menghukum ini pun sebenarnya adalah untuk mendidik peserta didik menjadi lebih baik bukan malah membuatnya semakin bandel di sekolah.

Sebagai guru, Anda juga harus melihat dari sudut pandang peserta didik. Sebab, sesungguhnya mereka melanggar suatu peraturan itu pasti ada alasan dan sebabnya. Melihat banyaknya kasus pemidanaan terhadap guru, maka Anda yang ingin menghukum anak didik, ada baiknya memperhatikan seperti apa tips menghukum anak bandel di sekolah supaya lebih baik lagi.

Baca Juga:  Cek Segera! Informasi Dan Jadwal PPG Daljab Tahap 2 Tahun 2022

Berikut ini adalah tips menghukum yang mengandung pendidikan dan Anda tidak akan mendapat masalah.  

Menulis permintaan maaf di dalam buku pada beberapa halaman

Memang hukuman ini tidak menyakitkan, akan tetapi hukuman ini pasti akan melelahkan jari tangan dan membuat tangan pegal. Mintalah murid Anda untuk menuliskan kata maaf dan janji tidak akan mengulangi kesalahan di dalam bukunya tersebut pada beberapa lembar. Tips menghukum ini akan jauh lebih baik daripada Anda harus memukulnya.

Mengerjakan soal atau pertanyaan di papan tulis

Siswa yang bandel di sekolah memang sudah seharusnya dihukum namun dengan cara yang mendidik bukan yang menyakitkan. Tips selanjutnya untuk menghukum mereka adalah dengan meminta mereka mengerjakan soal di papan tulis.

Merangkum materi pelajaran tertentu

Ini adalah hukuman yang mendidik, karena bisa membuat siswa yang dihukum semakin pintar dan akan membuat siswa untuk belajar serta memahami materi secara keseluruhan. Walaupun sebenarnya hukuman ini tidaklah begitu berat saat menulisnya, akan tetapi, hukuman ini butuh kesabaran dalam memahami materi yang akan dirangkum.

Baca Juga:  Cara Membuat Kelas Online Makin Profesional dengan VMix

Menghafal materi lalu membacakannya di depan kelas.

Bukan hanya merangkum materi, namun ada juga hukuman yang lebih berat bahkan tidak kalah mendidik yaitu dengan cara menghafal suatu materi kemudian membacanya di depan kelas.

Sebagai guru yang ingin menghukum anak didik yang bandel di sekolah, maka Anda harus melakukannya dengan cara yang tepat. Tips di atas bisa menjadi panduan buat Anda dalam memberi hukuman pada anak didik dengan cara yang baik.

Daftar Diklat “Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Memfasilitasi Belajar Siswa dengan Pendekatan Psikologi” melalui link berikut ini: 


DAFTAR DIKLAT

Diklat ini dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 


DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 

Telegram: t.me/CS_eguruid

WhatsApp: 081575345555

Share :

Baca Juga

News

Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Excel

News

Cara Praktis Berkomunikasi dengan Banyak Siswa di dalam Pembelajaran Kelas Besar

News

Dua Jenis Analisis Butir Soal yang Wajib Diketahui Guru

News

Menggunakan Whatsapp sebagai Media Belajar Daring, Kenapa Tidak?

News

Informasi dari Dirjen GTK Tentang IKM, Guru Wajib Bersiap Tanggal 27 Mei 2022
https://naikpangkat.com/download-materi-pelatihan-gratis-4-jp--membuat-kartu-ucapan-lebaran-di-canva/

News

Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP yang perlu diperhatikan oleh Guru

News

Guru Wajib Paham! Cara Mendapat NUPTK Bagi Guru Tidak Tetap

News

3 Kabar Baik Dari Menteri Pendidikan dan Menteri Keuangan Untuk Guru PPPK Di Awal Tahun 2022