Tips Menggunakan WhatsApp untuk Pembelajaran Online

- Editor

Jumat, 14 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

WhatsApp untuk Pembelajaran – Guru perlu bekerja lebih cerdas dan keras lagi ketika kondisi pandemi menyerang Indonesia. Semua pembelajaran di berbagai jenjang terpaksa harus melakukan PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) istilah barunya itu siswa belajar secara online/daring. 

Hal ini menjadikan guru perlu menggunakan media pembelajaran yang baru, salah satunya aplikasi WhatsApp. Maka dari itu di bawah ini akan dikupas tuntas tentang tips menggunakan WhatsApp untuk pembelajaran online agar efektif. 

Pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk pembelajaran secara online itu ada banyak sekali. Tetapi guru tidak hanya memikirkan untuk materi bisa sampai kepada siswa saja, melainkan perlu mengakomodir siswanya agar semua mendapatkan pembelajaran secara merata. 

Jadi WhatsApp merupakan aplikasi yang efektif untuk bisa mengakomodir siswa ketika guru akan memberikan pembelajaran secara online.

Pilihan untuk menggunakan WhatsApp dalam mengakomodir siswa dan memberikan pembelajaran online lebih efektif bukan tanpa alasan. 

Hingga saat ini WhatsApp merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mengirim pesan secara online. Maka dari itu kemungkinan terbesar yang paling bisa diandalkan adalah aplikasi WhatsApp. 

Menggunakan WhatsApp secara Efektif untuk Pembelajaran Online

Di bawah ini merupakan tips agar pembelajaran menggunakan aplikasi WhatsApp: 

  • Pastikan selalu tepat waktu 

Jangan pernah anda sebagai guru melakukan pembelajaran dengan waktu yang tidak tepat dengan perjanjian. Usahakan bahwa anda juga memberikan waktu toleransi untuk siswa agar pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif. 

Antisipasi juga berbagai macam permasalahan seperti sinyal, siswa yang tidak ada kuota, dan lainnya. Guru harus bisa bijaksana dalam menghadapi berbagai masalah tersebut. 

  • Buatkan grup kelas

Pembuatan grup kelas bisa anda gunakan untuk memantau siswa yang hadir atau tidak. Semua siswa bisa dimasukan sesuai dengan kelasnya. 

Di sini juga anda bisa melakukan pengumuman yang langsung dibagikan ke semua anggota grup. Jika perlu anda atur grupnya agar yang bisa memberikan informasi hanya anda sebagai guru. 

  • Manfaatkan media

Manfaatkan media yang ada dalam ponsel atau laptop yang bisa digunakan menggunakan WhatsApp. Misalnya seperti fitur voice note, gambar, video, PPT, dokumen, dan masih banyak media lainnya yang bisa dikombinasikan dengan WhatsApp. 

  • Beri jeda antar kelas untuk mengajar

Sebagai guru anda jangan memberikan pelajaran secara terus menerus kepada setiap kelas tanpa jeda. Hal ini tentu saja akan membuat anda cepat stress dan bosan ketika mengajar. 

Hasilnya nanti pembelajaran yang diberikan tidak akan maksimal seperti kegiatan yang dilakukan pada kelas pertama. 

Beri jeda sekitar setengah sampai satu jam untuk anda beristirahat dan mempersiapkan kembali diri untuk kelas selanjutnya. Selama rentang waktu itu anda bisa mengintruksikan siswa untuk dipersilahkan mengisi absensi dan mempersiapkan diri mereka.

Jadi untuk para guru yang ingin menggunakan WhatsApp untuk pembelajaran diharapkan bisa disiplin untuk waktu dan energi yang diberikan. Jangan sampai pembelajaran online itu berjalan dengan tidak efektif dan hanya sebatas formalitas untuk mengisi absen dan mendapat nilai. 

Jangan lewatkan pelatihan untuk guru di bulan Januari 2022 tentang “Membuat Soal Praktis Menggunakan WhatsApp Auto Reply” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:

DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Berita Terkait

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!
Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024
Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024
Tugas Tambahan Bagi Guru Setelah Penghapusan Penjurusan di Jenjang SMA
Kebijakan Baru! Jenjang SMA Mulai Tahun Ajaran 2024/2025 Tidak Ada Lagi Penjurusan
Langkah Selanjutnya Jika Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 11:04 WIB

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 10:35 WIB

Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:36 WIB

Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:03 WIB

Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:17 WIB

Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024

Berita Terbaru