Tips Mengajar di Masa Pandemi Paling Efektif

- Editor

Selasa, 3 Agustus 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menghadapi masa pandemi membuat semua kegiatan harus dilakukan secara khusus. Salah satunya adalah kegiatan mengajar yang harus dilakukan secara daring atau online. Pastinya Anda sebagai pengajar menginginkan yang terbaik bagi murid Anda.

Bagi Anda seorang pengajar, ada beberapa tips mengajar di masa pandemi yang bisa diikuti secara efektif. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Membuat Kelompok Belajar

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk memulai proses pembelajaran adalah membagi atau membuat kelompok belajar pada semua siswa yang Anda ajarkan. Dengan pembagian kelompok-kelompok kecil seperti ini tidak hanya mempermudah Anda dalam mengajar dan membagi tugas pada para siswa, tetapi juga memberikan motivasi yang besar kepada siswa-siswa tersebut untuk belajar agar tidak cepat bosan dan stres dengan mendapatkan banyak tugas. Bahkan, siswa-siswa tersebut bisa lebih bersemangat karena memiliki teman diskusi dalam mengerjakan tugas tersebut. Anda pun lebih leluasa mengontrol kemampuan masing-masing siswa.

Membuat Materi Online Yang Kreatif

Begitu Anda sudah memahami silabus yang diberikan untuk diajarkan, mungkin Anda perlu membuat rangkuman tersendiri dan membuat materi online dengan cara yang kreatif dan tidak biasa. Anda bisa melakukan beberapa pencarian melalui browsing mengenai cara membuat materi online yang baik dan efektif.   

Prioritaskan Siswa Yang Tertinggal

Kemampuan setiap anak memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Anda sebagai guru yang lebih memahami karakter masing-masing murid pastinya mengetahui siswa atau murid mana yang lebih membutuhkan banyak perhatian. Terlebih lagi jika siswa tersebut mengalami masa tertinggal dalam memahami pelajaran dan mengerjakan tugasnya dibandingkan yang lain. Prioritaskan pada beberapa murid seperti ini, misalnya  memberikan belajar tambahan di luar proses pembelajaran sekolah meskipun secara online. Cara ini cukup efektif sebagai tips mengajar di masa pandemi.

Fokus pada Waktu, Bukan Target

Biasanya banyak pengajar yang sangat terpaku pada target silabus yang diberikan. Pada dasarnya tidak perlu seperti itu, akan lebih baik jika lebih memfokuskan diri pada waktu yang dimiliki agar siswa lebih mengerti terhadap pelajaran yang diajarkan.

Buat Komunikasi yang Efektif

Tips mengajar di masa pandemi yang efektif selanjutnya adalah Anda juga harus menerapkan komunikasi yang efektif terhadap siswa pada saat proses belajar. Sebelum memulai memberikan pelajaran, sebaiknya Anda sudah mempersiapkan terlebih dulu bagaimana cara menghadapi murid dengan berbagai karakter. Terutama pada saat ada salah satu murid yang bisa mengganggu proses belajar, maka Anda harus tahu bagaimana cara berkomunikasi dan menegur yang baik dan efektif tanpa harus mengurangi waktu belajar.

Interaksi Sesama Pengajar

Untuk para pengajar, coba saling berinteraksi dan berkomunikasi dengan sesama pengajar lainnya yang juga mengajar murid yang sama. Paling tidak Anda bisa saling bertukar informasi berdasarkan cara pandang masing-masing, dan bisa berdiskusi untuk mengatasi masalah yang ada dan terjadi pada murid-murid.

Lakukan Dengan Tenang

Mengajar dengan materi yang begitu banyak pastinya sudah membuat pusing dan stres. Tapi sebagai pengajar yang baik, Anda tetap harus bisa tenang dan mengelola stres tersebut dengan baik. Jangan sampai stres yang Anda alami bisa menular pada siswa yang diajarkan.

Dibuat Senang

Setelah semua tips mengajar di masa pandemi tadi Anda lakukan dengan baik, maka ada satu hal yang bisa mendukung semua cara tadi dan harus dilakukan. Yaitu, buatlah suasana belajar tersebut menjadi menyenangkan. Ciptakan keadaan seperti Anda sedang mengajar anak-anak pra sekolah yang banyak menggunakan permainan. Cara ini bertujuan agar pengajar dan murid menjadi sedikit lebih santai dan tidak terlalu tegang, serta proses pembelajaran pun tidak terasa membosankan.

Setelah Anda mencoba menerapkan tips di atas, bisa dipastikan proses belajar selama pandemi ini tidak akan menjadi masalah besar bagi para praktisi pendidikan. Karena, tujuan pengajar memang ingin mencerdaskan anak Indonesia.

Ikuti pelatihan “Pengelolaan Kelas Masa Daring dengan Model Pembelajaran Active Learning” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link pendaftaran berikut ini: DAFTAR PELATIHAN.
Pelatihan di atas GRATIS untuk member e-Guru.id. Silakan mendaftar sebagai member melalui link berikut ini: DAFTAR MEMBER
Info lebih lanjut silakan menghubungi nomor berikut ini:
WhatsApp: 6281575345555
Telegram: t.me/CS_eguruid

(ctr/shd)

Berita Terkait

Marak Bullying, Jokowi Minta Kepsek dan Guru Lakukan Hal Ini!
Ternyata Guru Sertifikasi Berkesempatan Mendapatkan Double Tunjangan,Simak Penjelasannya!
Pencairan Rapelan Kenaikan Gaji Guru  Januari dan Februari 2024 belum Juga Dicairkan, Bagaimana Sistem Sebenarnya?
Pesan Presiden Jokowi untuk Semua Guru dan Kepala Sekolah Harus menjadi Perhatian Khusus
4 Hal Yang Harus Guru dan Kepala Sekolah Ketahui Jika Akan Mengubah Rencana Hasil Kinerja (RHK)
Guru Kesulitan Memenuhi 32 Poin Kinerja  dari Yang Sudah Direncanakan, Kemdikbud Siapkan Solusi Ini!
Jokowi Hadiri Kongres PGRI, Ketua PGRI Minta Hal Ini
Kabar Baik untuk Guru Usia Tinggi dan Guru Masa Kerja Lama dari Kemdikbud
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 4 Maret 2024 - 13:17 WIB

Marak Bullying, Jokowi Minta Kepsek dan Guru Lakukan Hal Ini!

Senin, 4 Maret 2024 - 11:47 WIB

Ternyata Guru Sertifikasi Berkesempatan Mendapatkan Double Tunjangan,Simak Penjelasannya!

Senin, 4 Maret 2024 - 11:14 WIB

Pencairan Rapelan Kenaikan Gaji Guru  Januari dan Februari 2024 belum Juga Dicairkan, Bagaimana Sistem Sebenarnya?

Senin, 4 Maret 2024 - 10:28 WIB

Pesan Presiden Jokowi untuk Semua Guru dan Kepala Sekolah Harus menjadi Perhatian Khusus

Sabtu, 2 Maret 2024 - 11:57 WIB

4 Hal Yang Harus Guru dan Kepala Sekolah Ketahui Jika Akan Mengubah Rencana Hasil Kinerja (RHK)

Sabtu, 2 Maret 2024 - 11:16 WIB

Jokowi Hadiri Kongres PGRI, Ketua PGRI Minta Hal Ini

Sabtu, 2 Maret 2024 - 10:57 WIB

Kabar Baik untuk Guru Usia Tinggi dan Guru Masa Kerja Lama dari Kemdikbud

Jumat, 1 Maret 2024 - 12:35 WIB

Kabar Update TPG Guru Kemdikbud dan Guru Kemenag di Bulan Maret, Mulai Sinkronisasi Data?

Berita Terbaru