Home / News

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 08:54 WIB

Tips Memilih Platform Cek Plagiarisme untuk Karya Tulis Guru atau Dosen

Sebagai seorang guru atau dosen tentu tidak boleh terlepas dengan platform plagiarisme ini. Platform ini digunakan untuk melakukan pengecekan pada karya yang sudah ditulis baik itu jurnal, artikel ataupun karya yang lainnya.

Karena semakin banyaknya platform tersebut tentunya tidak semua dapat dipilih begitu saja tetapi perlu ada proses seleksi terkait mana yang harus dipilih. Untuk memilihnya pun juga perlu hati-hati karena ada beberapa platform yang proses pengecekan plagiatnya tergolong rendah.

Sehingga, hasilnya pun juga kurang bisa dipertanggungjawabkan dan tentu ini ini juga merugikan Anda sendiri. Untuk itu, Anda perlu mengikuti beberapa tips berikut ini agar tidak salah dalam memilih platform untuk mengecek plagiat ini.

Situsnya Kredibel

Dalam mengecek karya tulisan, khususnya jika untuk menambah nilai KUM untuk dosen, tentu butuh memilih platform yang kredibel. Sebab, jika karya tersebut dinilai plagiat tentu akan lebih bermasalah lagi ke depannya.

Maka dalam memilih situs plagiat, Anda bisa melakukan analisa terkait bagaimana respon pengguna, lamanya situs, jumlah data yang dicek, dan yang lainnya. Ketika respon dari semuanya ini bagus maka Anda bisa memilih situs tersebut untuk cek plagiat.

Baca Juga:  Kiat untuk Guru Matematika dalam Memotivasi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19

Akses Situs

Setiap developer dari situs plagiat tentu akan selalu melakukan pengecekan terkait loading dari website tersebut. Hal ini tentu untuk memudahkan para pengguna agar lebih mudah menggunakan dan tidak pindah ke situs lainnya.

Maka untuk melihat bagus tidaknya situs tersebut, Anda bisa melihat pada loading pada saat cek plagiat. Jika loading lama tentu bisa dikatakan situs tersebut kurang kredibel sehingga Anda bisa memilih situs lain untuk mengecek plagiat pada sebuah karya tulis.

Memilih yang Gratisan

Segala sesuatu yang gratisan tentu tidak selamanya jelek untuk melakukan cek plagiat pada suatu karya. Anda bisa memilih situs tersebut karena proses pengecekan tidak dilakukan setiap hari dan jumlah katanya juga tidak banyak.

Sehingga, ketika Anda tidak memiliki dana yang cukup maka versi yang gratis bisa juga dipilih untuk melakukan pengecekan. Tetapi dalam memilih yang gratisan tentu kembali lagi pada akurasi dalam mengecek plagiat tersebut.

Baca Juga:  Belajar Lebih Variatif dan Menarik dengan Model Pembelajaran Kreatif!

Banyak Direkomendasikan

Cara lain dalam memilih situs plagiat tentu bisa dilakukan dengan banyaknya rekomendasi dari orang sekitar atau dari beberapa teman di sosial media. Dengan banyaknya rekomendasi sudah tentu situs tersebut mudah diakses dan tingkat akurasinya juga bagus.

Model pengecekan seperti ini patut dipilih agar Anda bisa mengetahui bagian mana yang berpotensi ada plagiatnya. Proses ini menjadi penting apalagi karya tersebut digunakan untuk hal-hal yang sifatnya akademisi.

Jadi dalam proses memilih situs untuk plagiat ada baiknya dianalisa terlebih dahulu mulai dari kecepatan situs, banyaknya rekomendasi, dan gratis. Jika ketiga komponen ini terpenuhi maka Anda bisa memilih situs tersebut untuk mengecek hasil karya tulis Anda.

 

Dapatkan info terbaru dan ikuti seminar nasional atau diklat setiap bulan secara gratis dengan cara menjadi anggota e-Guru.id. Klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

News

Diklat Gratis 32 JP Pertemuan Hari Keempat : Implikasi Penerapan Kurikulum Prototipe dalam Pemulihan Pembelajaran

News

Upaya Penguatan Karakter Siswa Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila!
motivasi belajar anak

News

Langkah Menciptakan Sekolah Ramah Anak

News

Hari Terakhir Pendaftaran Diklat 64JP : Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka
Klarifikasi Miskonsepsi Kurikulum Merdeka

News

Pelamar Lulus Passing Grade Wajib Tahu Penempatan PPPK Guru Tahun 2022 Dari Kemendikbud

News

3 Platform Terbaik untuk Membuat Aplikasi Pembelajaran di Android
https://naikpangkat.com/materi-pertemuan-ketiga-pelatihan-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-secara-mudah-gratis-32jp--scanning-jawaban-ujian-tatap-muka-dengan-zipgrade/

News

Pahami Cara Isi Data Perorangan P3K sesuai BKN

News

Membangun Karakter Siswa dengan Model Pembelajaran Jigsaw