Home / News

Sabtu, 4 Desember 2021 - 21:43 WIB

Tips dan Trik Pemilihan Desain Lingkungan Belajar Sesuai Gaya Belajar Siswa Untuk Mendukung Pembelajaran Yang Lebih Optimal

Belajar pada masa pandemi covid 19 merupakan sebuah tantangan yang dialami oleh setiap siswa, jadi tidak mengherankan jika banyak siswa yang tidak nyaman dalam belajar karena berbagai faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketidaknyamanan dalam belajar tersebut salah satunya desain lingkungan belajar yang tidak sesuai dengan gaya belajar siswa.

Cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan sesuai dengan gaya belajar siswa yang dapat digunakan untuk memotivasi siswa untuk belajar secara daring di rumah agar pembelajaran dapat berjalan optimal dapat dilakukan dengan tips berikut ini

Baca juga : Sekolah Pengembangan Keterampilan dan Bakat sebagai Wadah Anak Desa yang Terampil

  1. Siapkan ruang khusus untuk belajar di rumah

Siapkan satu ruang yang dapat digunakan untuk belajar secara khusus. Ruang belajar ini tidak harus ada kamar khusus melainkan juga bisa memanfaatkan ruang tamu ataupun ruang keluarga yang terpenting anak dapat nyaman belajar.

2. Ruang belajar harus dibersihkan secara rutin

Baca Juga:  Kenali Strategi dan Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa

Bersihkan area belajar anak secara rutin agar anak bisa belajar dengan nyaman tanpa adanya gangguan karena kondisi lingkungan yang bersih akan meningkakan fokus dan perasaan senang pada diri anak untuk belajar.

3. Buat area belajar tersebut secara personal

Pada saat anak belajar gunakan ruangan tersebut khusus untuk belajar sementara. Beri ruang untuk anak agar belajar dengan fokus sesuai dengan gaya belajar anak.

4. Gunakan alat pendukung pembelajaran jika dibutuhkan

Apabila dibutuhkan sediakan fasilitas yang mendukung kegiatan belajar anak seperti buku, paket data, ponsel pintar penunjang pembelajaran dan sebagainya. Selain itu ajarkan anak untuk menggunakan ponsel tersebut dengan benar dan positif.

5. Buat jadwal rutinitas belajar

Buat jadwal rutinitas belajar bersama dengan anak yaitu dengan memberikan panduan kepada anak untuk mematuhi jadwal tersebut. Selain itu jika anak mengalami kesulitan dalam belajar orang tua juga perlu memberikan bantuan agar anak memahami materi pembelajaran tersebut.

Baca Juga:  Belajar Makin Seru Berbasis Gamifikasi

6. Berikan waktu luang untuk melakukan aktivitas lain selain belajar

Memberikan waktu luang kepada anak selain belajar akan memberikan dampak yang baik kepada psikologis anak yaitu menghindari kebosanan dalam belajar sehingga anak yang diberikan waktu luang untuk melakukan aktivitas lain akan lebih mudah fokus dan mudah menyerap materi pembelajaran.

7. Berikan target dari setiap sesi belajar anak

Untuk memotivasi anak agar dapat belajar dengan optimal salah satunya yaitu memberikan target pada setiap sesi belajar. Target dapat dilakukan dengan memulai dari target yang kecil ke target yang besar. Apabila anak berhasil mencapai target belajar pada sesi itu jangan lupa berikan apresiasi kepadanya agar anak termotivasi untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Jadilah bagian dari anggota e-Guru.id dan tingkatkan kompetensi Anda sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Penulis : Erlin Yuliana

Share :

Baca Juga

News

Murid Capek Belajar? Kenali Tanda-tandanya!
guru di masa pandemi

News

2 Syarat Jadi Guru Penggerak yang Wajib Diketahui

News

Cara Menggunakan Youtube sebagai Media Pembelajaran Online

News

Breaking News! BKN Memberlakukan Sanksi Tegas Terhadap PPPK Yang Mengundurkan Diri Pada Seleksi Tahap 1
Novia Widyasari R

News

Bingung Menghadapi Siswa Introvert? Ini Solusinya!

News

Implementasi Kurikulum Prototipe PAUD

News

Mengetahui Peran Penting Kurikulum dalam Pendidikan

News

Perbedaan Evaluasi Pendidikan Dahulu Dan Sekarang Dalam Rapor Pendidikan Indonesia