Home / News

Senin, 11 Oktober 2021 - 12:56 WIB

Tips Cepat Menjadi Dosen setelah Lulus Kuliah

Dosen merupakan salah satu profesi yang jika ditekuni tentu akan membawa dampak positif baik secara akademik dan juga ekonomi. Dosen yang ditekuni benar-benar tentu bisa menjadi guru besar di kampus-kampus tempatnya mengajar.

Namun yang menjadi permasalahan terkadang ketika lulus kuliah tidak tahu cara menjadi dosen tersebut seperti apa. Sehingga, banyak dari mereka yang mundur dan tidak meneruskan niatnya untuk menjadi dosen di kampus tertentu.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar ketika lulus dari kuliah bisa membuat Anda segera menjadi dosen di kampus. Dengan mengikuti langkah demi langkah tips ini bukan tidak mungkin dalam waktu dekat Anda juga akan menjadi dosen untuk mewujudkan impian Anda. .

Memantapkan Niat

Untuk menjadi dosen tentu harus dibangun dengan niat yang kuat dan bukan hasil paksaan dari orang tua atau pihak lainnya. Jika hasil paksaan, tentu bisa saja dalam waktu dekat berubah dari yang awalnya ingin jadi dosen malah ingin menjadi pengusaha.

Jadi tanamkan dalam hati untuk benar-benar ingin menjadi dosen ketika lulus kuliah nanti. Hindari pengaruh dari orang-orang lain yang ingin memalingkan niat Anda untuk menjadi dosen di kampus tertentu.

Menyiapkan Kuliah S2

Untuk menjadi dosen tentu tidak cukup hanya S1 saja tetapi harus sampai ke jenjang S2 agar memenuhi kualifikasi. Orang yang hanya tamatan S1 tentu akan sangat sulit sekali untuk bisa menjadi dosen di kampus.

Sehingga, sejak jauh-jauh hari, Anda harus menyiapkan segala sesuatunya untuk melanjutkan kuliah baik dari segi pikiran dan dana. Untuk meraih S2 ini tentunya harus kuliah terlebih dahulu selama kurang lebih 2 hingga 3 tahun ke depan.

Baca Juga:  Cara Membuat Kuis Online Pada Google Form Yang Perlu Diketahui Guru

Menguasai Bahasa Inggris

Sangat tidak mungkin bagi seseorang yang ingin melamar menjadi dosen tetapi tidak paham bahasa Inggris. Meskipun bisa, tentu dosen tersebut nantinya tidak akan bisa naik pangkat dan melakukan sertifikasi dosen.

Syarat utama dalam sertifikasi dosen tidak lain adalah harus memiliki sertifikat TOEFL dan mampu menulis jurnal internasional. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut tentu harus mahir bahasa Inggris baik dalam bentuk tulisan maupun lisan.

Bahkan, dosen tanpa pengetahun bahasa Inggris juga akan sangat kesulitan saat akan menulis jurnal yang berbahasa asing. Padahal syarat untuk kenaikan pangkat dosen tentu harus menulis jurnal khususnya jurnal bahasa asing.

Jadi dalam proses menjadi dosen dalam waktu dekat tentu harus memenuhi kualifikasi di atas. Selain itu, masih ada lagi faktor-faktor terkait menjadi dosen seperti bebas pidana, sehat jasmani dan yang lainnya.

Tetapi hal terpenting dalam menjadi dosen ini tentunya harus rajin menulis dan bisa berbahasa Inggris. Dua poin di atas jika diabaikan tentu akan sulit bagi seseorang untuk bisa melamar pekerjaan menjadi seorang dosen.  

Bagi Anda para calon pendidik atau yang sudah menjadi pendidik, ayo temukan pelatihan-pelatihan gratis khusus untuk anggota e-Guru.id untuk meningkatkan profesionalitas Anda.  Klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

News

Penting Diketahui Guru! Inilah Penyebab Tunjangan Untuk Guru ASN Dihentikan Beserta Jadwal Pembayaran dan Besarannya

News

Kenali Unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru untuk Naik Pangkat

News

Simak Penjelasannya! Puluhan Ribu Siswa Terima Dana PIP

News

Final! Sekolah Negeri Tidak Lagi Menerima Guru Honorer, Begini Nasib Guru Honorer Kedepannya
https://naikpangkat.com/daftar-segera-seminar-gratis-persiapan-guru-dalam-pengimplementasian-kurikulum-merdeka-di-sekolah/

News

Ditjen GTK Kemendikbudristek Konfirmasi Guru Prioritas pada Seleksi PPPK 2022

News

GRATIS! DIklat Nasional 40JP : Semangat Memulai Tahun Ajaran Baru Dengan Kurikulum Baru

News

Tingkatkan Potensi Siswa Dengan Teknik Coaching
Guru Non-ASN Sertifikasi

News

Guru Harus Pahami Kurikulum Pendidikan Guru Penggerak Sebelum Mendaftar