Home / News

Sabtu, 18 Desember 2021 - 14:13 WIB

Tipe Guru yang Disukai Siswa, Anda Tipe yang Mana?

Menjadi guru yang disukai siswa adalah harapan setiap guru. Namun tidak semua guru bisa melakukan itu. 

Setiap siswa di sekolah pasti mempunyai guru favorit masing-masing. Dan kenyataan ini pasti akan terjadi secara terus-menerus. Dalam artian, bukan hanya dialami oleh para siswa zaman dulu. Tapi juga siswa masa kini dan yang akan datang. 

Harapan menjadi guru yang disukai siswa mungkin membuat para guru kerap bertanya-tanya, apa saja tipe guru yang disukai oleh para siswa? Memang, pertanyaan sederhana ini tergolong sangat mudah dijawab, namun susah direalisasikan. 

Nah, dengan mengetahui tipe guru, maka Anda mungkin bisa berubah menjadi salah satu di antara beberapa tipe yang ada. Karena bagaimanapun, ketika anak-anak sudah suka dan juga nyaman dengan gurunya, maka mereka bisa menerima pelajaran dengan lebih mudah. 

Berikut ini adalah beberapa tipe guru yang disukai oleh siswanya: 

Guru yang Sabar

Tipe pertama adalah guru yang sabar. Siapa yang tidak suka dengan guru sabar? Tentu, nyaris seluruh siswa menyukai guru tipe ini. Karena jika Anda memiliki tipe ini, mereka akan merasa lebih aman, nyaman, dan berani mengungkapkan pendapat mereka jika dibutuhkan, baik ketika jam pelajaran atau di luar jam pelajaran.

Humoris

Yang kedua adalah guru  dengan karakter humornya. Guru satu ini saking disukai, banyak siswa yang sampai mendamba bisa diajar oleh guru yang humoris. Yakni, guru-guru yang bisa membuat guyonan dan menyelipkannya ketika proses pembelajaran. Sehingga, seluruh siswa akan merasa lebih santai ketika belajar dan bisa terhindar dari stress. 

Baca Juga:  Jaminan Kemdikbud Bagi Guru Honorer Ini Langsung Diangkat Tanpa Tes

Tentu saja menjadi guru humoris tetap ada aturan dan batasannya. Tidak boleh sampai kebablasan.

Kreatif ketika Mengajar

Adapun tipe yang berikutnya adalah guru yang memiliki kreativitas selama mengajar. Yaitu, guru-guru yang mempunyai cara mengajar out of the box. Alias, kerap membuat media pembelajaran yang menarik dan inovatif. 

Guru yang hanya mengajar dengan model ceramah saja, maka anak-anak pasti akan merasa jenuh atau bosan. Pembelajaran di kelas bahkan tidak berkesan sama sekali.

Tidak Menghakimi

Dan tipe guru yang tak kalah banyak disukai oleh siswa adalah guru yang tidak suka menghakimi siswanya. Karena sejatinya, siswa juga manusia biasa seperti guru yang tidak suka dihakimi. 

Dan biasanya, guru tipe yang suka menghakimi pasti akan membuatnya dijauhi oleh siswa. Sebab mereka merasa tidak aman dan tidak nyaman.

Dekat dengan Siswa

Pernah melihat guru yang dekat dengan semua siswa? Dan itu adalah salah satu tipe guru yang disukai siswa. Karena model guru seperti ini bisa berinteraksi sesuai karakter siswa. Sehingga, seluruh siswa merasa diperlakukan secara spesial dan tidak ada yang merasa diabaikan.

Dari beberapa tipe guru yang disukai siswa di atas, Anda tipe yang mana? 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

News

Kabar Gembira Untuk Para PNS, Gaji Pokok PNS bakal Naik

News

1,6 Juta Guru Diakui Pemerintah Belum Mendapatkan Penghasilan Layak

News

Telah dibuka pendafataran Beasiswa Pendidikan Indonesia Tahun 2022, berikut cara daftarnya!
Pelamar prioritas dan umum PPPK 2022

News

Perbedaan Pelamar Prioritas dan Umum Seleksi PPPK 2022

News

Guru Wajib Tahu! Perbedaan Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, dan Alur Tujuan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka

News

Ingin Dapat Perpanjangan Kontrak PPPK Guru? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

News

Benarkah Tunjangan Guru Dihapus Dalam Sisdiknas Terbaru?

News

Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Jalur Mandiri Diperpanjang! Segera Daftarkan Sekolah Anda