Tempat Wisata Edukasi Daerah Malang Ini Dapat Dijadikan Alternatif Liburan Sekolah

- Editor

Minggu, 15 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Wisata edukasi merupakan sebuah wisata yang dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran bagi siswa. Wisata edukasi tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif liburan akhir semester. Salah satu daerah yang menyediakan wisata edukasi ini yakni daerah Malang Jawa Timur.

Di daerah Malang Jawa timur sekarang ini banyak tempat-tempat wisata edukasi baru baik wisata alam maupun buatan. Wisata edukasi ini sangat menarik dan dapat memberikan manfaat sebagai sarana edukasi. Berikut merupakan tempat wisata edukasi yang ada di daerah malang jawa timur diantaranya:

1. Eco Green Park

Eco Green Park Batu merupakan suatu konsep dari Eco Green Park yang berupa Fun and Study Jungle Adventure. Kawasan yang berada di bawah pengelolaan Jatim Park tersebut bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada wisatawan untuk mengetahui mengenai taman rekreasi yang pas untuk keluarga.

Kawasan wisata Eco Green park tersebut berlokasi di Kota Batu yang mana ketika memasuki Eco Green Park, para wisatawan akan disambut dengan area Kolam Ikan Koi. Selain itu, pengunjung juga akan diberikan informasi tentang bagaimana proses mengolah sumber daya alam hingga menjadi aliran listrik dengan tenaga yang cukup tinggi di PLTA dan juga PLTU serta wisatawan juga dapat mengunjungi wahana Skema Pomba Gravitasi Air atau Hidram.

Selain itu, Eco Green Park juga memiliki 7 Atraksi Utama yaitu:

a. World Of Parrot

World Of Parrot merupakan sebuah atraksi burung pintar yang dapat meniru kalimat yang di ucapkan oleh manusia yang berupa burung Beo. Di Kawasan Eco Green Park ini terdapat 50 spesies burung Beo yang tersebar dari Benua Amerika hingga Asia. Selain itu, di area ini wisatawan juga dapat berfoto bersama berbagai macam burung Beo yang lucu dan usil dan wisatawan juga bisa mengetahui seberapa cerdas dan apa saja kebolehan dari setiap burung Beo.

b. Recycle

Recycle merupakan sebuah kegiatan edukasi yang mana pada zona ini pengunjung akan diajarkan mengenai bagaimana mengolah sampah menjadi bahan layak pakai dan layak untuk dijual.

c. Rumah Terbalik

Rumah Terbalik merupakan sebuah wahana yang mana pada area ini wisatawan akan merasakan sensasi memasuki dunia serba terbalik di Rumah Terbalik. Selain itu, wisatawan juga dapat berfoto didalam rumah dengan desain 180 derajat beserta furniture yang terasa melawan gaya gravitasi.

d. Bird Show

Bird Show merupakan sebuah atraksi yang mana pada area ini wisatawan dapat mellihat penampilan dan keahlian dari burung-burung yang ada di Eco Green Park. Atraksi tersebut sudag dikemas secara spektakuler serta diisi oleh berbagai jenis burung terlatih dan juga berbakat. Selain itu para wisatawan juga dapat berfoto dan menjadi partisipan serta ikut berinteraksi dengan satwa-satwa berbakat tersebut.

e. Exottic White Peacock

Exottic White Peacock merupakan suatu area yang ada di Eco Green Park. Pada area ini wisatawan akan melihat burung merak yang berwarna putih yang mana merak putih tersebut merupakan salah satu spesies burung merak yang langka di dunia.

f. Water Outbound

Water Outbound merupakan suatu wahana bermain yang berada di kawasan Eco Green Park. Pada Kawasan ini, wisatawan dapat bermain air dan menikmati pemandangan sekitar Water World yang dikeliling oleh pepohonan hijau nan rindang dengan suasana yang teduh dan sejuk.

g. Eco Journey

Eco Journey merupakan suatu wahana yang mana wisatawan dapat melihat gambaran-gambaran alam dan juga kerusakan yang dialami alam oleh manusia. Di Kawasan Eco Journey

Ini banyak sekali pengetahuan-pengetahuan baru tentang bagaimana cara merawat alam agar tetap lestari.

2. Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo merupakan sebuah wisata kebun binatang modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Kawasan wisata  ini memiliki tanah seluas 14 hektare dan merupakan bagian dari Jawa Timur Park 2.

Kebun binatang Batu Secret Zoo ini mulai dibangun pada tahun 2008 bersamaan dengan Jawa Timur Park 2 dan diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2010. Pada area Batu Secret Zoo ini terdapat berbagai macam tempat diantaranya :

a. Batu Secret Zoo A

Batu Secret Zoo A merupakan suatu kawasan yang mana pada bagian ini terdapat Reptile Garden, FlyingLemur, Aquarium, dan rumah bagi hewan-hewan.

b. Savannah

Savannah merupakan sebuah terowongan berdinding kaca, yang mana pada bagian ini pengunjung dapat menyaksikan ekosistem dari hewan-hewan afrika seperti Giant Sable Antelope, Scimitar-Horned oryx, Zebra dan para hewan berkuku lainnya.

c. Kampung Afrika dan Gajah

Kampung Afrika dan Gajah merupakan sebuah kawasan yang mana pada bagian ini pengunjung dapat melihat hewan kecil seperti mirkat, marmut, kelinci, dan berbagai hewan lainnya. Selain itu, pengunjung juga dapat memberi makan dan menyaksikan kehidupan bayi Gajah Sumatera di kandang ini.

d. Elang

Elang merupakan seuatu area yang berupa rumah bagi para elang-elang yang di adopsi oleh pihak Batu Secret Zoo. Pada area ini, pengunjung dapat masuk ke bagian dalam rumah elang dengan di pandu oleh petugas.

e. Kuda Nil dan Buaya

Kuda Nil dan Buaya merupakan suatu area yang mana pengunjung dapat menyaksikan kehidupan kuda nil mulai dari habitat, makanan, dan cara bergeraknya. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat buaya dari atas jembatan yang sudah dibuat serta menyaksikan aktivitas buaya.

f. Fantasy Land

Fantasy Land merupakan sebuah area permainan yang cukup luas yang mana pada area ini terdapat beberapa cafetaria, kolam renang yang diberi ember raksasa, dan juga air mancur.

g. River Adventure

River Adventure merupakan suatu area yang mana pengunjung dapat melihat Orangutan yang tinggal di pulau ini dengan menaiki perahu mesin, pengunjung juga melewati Bahtera Nuh dan pulau – pulau Orangutan.

h. Feeding Birds

Feeding Birds merupakan area yang mana pengunjung dapat memberi makan burung-burung koleksi Jatim Park 2 sekaligus berfoto bersama burung-burung tersebut.

i. Tiger Land

Tiger Land merupakan area yang berupa kandang Harimau. Selain harimau di area ini juga terdapat Singa Putih pertama di Indonesia.

j. Mancing Harimau

Mancing Harimau merupakan area yang diperuntukkan bagi para pengunjung yang ingin memberi makan Harimau. Dengan membayar sebesar Rp. 10.000 pengunjung dapat memancing harimau dengan daging segar dan menyaksikan tingkah laku harimau yang ingin meraih daging.

k. Giant Wheel

Giant Wheel merupakan sebuah kincir raksasa terbesar kedua di Indonesia. Pada area ini pengunjung dapat menaiki dan akan merasa kagum dan tegang karena pengunjung dapat melihat pemandangan seluruh kota Batu.

3. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen merupakan sebuah wisata edukasi yang berupa taman yang memiliki luas hingga 350 hektar. Taman ini merupakan Taman Safari terbesar ke 3 yang ada di Indonesia. Dengan mengusung konsep ala Afrika, wisatawan dapat melihat satwa-satwa bebas berkeliaran di alam terbuka.

Taman Safari Prigen ini terletak di kaki Gunung Arjuna dengan menyajikan kawasan yang mana wisatawan dapat merasakan sensasi makan siang bersama hewan buas seperti harimau putih. 

Daftar Sekarang Juga Untuk Menjadi Member e-Guru.id dan Tingkatkan Pengetahuan Serta Kemampuan Anda Supaya Dapat Menjadi Pendidik Yang Hebat dan Dapatkan Berbagai Macam Pelatihan Gratis Serta Berbagai Bonus Lainnya. Daftar Sekarang dan Dapatkan Diskon Hingga 50%

DAFTAR SEKARANG

Penulis : (EYN)

Berita Terkait

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour
Update Terbaru 16 Mei: 100 Lebih Pemerintah Daerah Siap Salurkan TPG ke Rekening Guru. Cek Daerahmu…
Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online
Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024
Berita ini 12 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:29 WIB

Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:35 WIB

Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:12 WIB

Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:35 WIB

OJK: Profesi Guru Paling Banyak Lakukan Pinjaman Online

Berita Terbaru

PPG Angkatan 1 Kemenag Resmi Dibuka pada 15 Mei 2023, Kuota untuk 6.300 Guru Madrasah

News

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB