Seminar Nasional Gratis dan Bersertifikat, Daftar Sebelum Ditutup!

- Editor

Sabtu, 14 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pendampingan Guru – e-Guru.id akan menyelenggarakan seminar bersertifikat dengan judul “Upaya Guru dalam Pendampingan Ujian Siswa” yang diselenggarakan pada tanggal 17 Mei 2022, pada pukul 13.30 WIB. Seminar ini memberikan sertifikat secara gratis dan akan dilaksanakan via Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung Youtube.

Seminar nasional ini akan diisi oleh Sahid Agus Nurhamid, M.Pd. yang merupakan instruktur e-Guru.id yang akan membahas berbagai hal seputar pendampingan guru dalam pembelajaran, termasuk ketika siswa akan melaksanakan kegiatan ujian.

Sekilas Tentang Peran Guru sebagai Pendamping

Salah satu peran guru adalah memberikan dampingan pada anak-anak tanpa melihat adanya perbedaan dalam permasalahan yang terjadi pada diri mereka, karena kewajiban seorang guru adalah mendidik anak dengan adil.

Cara guru dalam mendidik siswa yang baik dan tepat akan menumbuhkan siswa yang teladan serta kebutuhan-kebutuhan dasar anak pada tahap ini mampu menjadikan mereka pribadi yang kuat, berhasil dalam impian dan bahagia ditahapan pertumbuhan selanjutnya.

Begitu juga sebaliknya, siswa yang mengalami kesalahan saat dididik oleh guru maka dia dapat tumbuh menjadi pribadi yang bermasalah misalnya, dapat menganggu orang-orang di sekitarnya.

Sosialisasi guru dengan siswa sebelum pelajaran juga merupakan waktu terbaik untuk dapat menjadikan siswa lebih nyaman dan menumbuhkan perasaan yang penuh dengan kebahagiaan saat berada di dalam kelas.

Salah satu kunci utama kesuksesan dalam pengasuhan adalah komunikasi. Ketika guru mampu berkomunikasi dengan baik pada anak, maka segala permasalahan yang terjadi dalam proses perkembangan anak dapat terselesaikan dengan baik.

Termasuk guru harus mempunyai kreatvitas dalam menciptakan sesuatu yang dianggap “kesenangan” bagi anak agar pendampingan guru tidak terlihat seperti tutor dan peserta.

Misalnya dengan memberikan ice breaking pada waktu-waktu tertentu. Hal ini akan sangat membantu anak dalam meningkatkan semangat belajar, juga sebagai upaya untuk meredakan tingkat stres anak.

Tujuan Pendampingan

Tujuan dari pendampingan ialah untuk membantu anak dalam mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimiliki anak.

Tujuan secara umum guru melakukan pendampingan adalah untuk membantu anak mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, dan meningkatkan potensi akademik maupun non akademik.

Dalam pelaksanaan pendampingan proses pembelajaran, pendidik/guru cenderung menggunakan gaya pendampingan tertentu sebagai wujud dari pandangannya tentang pendidikan anak.

Gaya pendampingan guru dalam pembelajaran dikelompokkan menjadi tiga macam yakni : gaya otoriter, gaya permisif dan gaya demokratis.

Layanan yang diberikan pendamping atau guru terhadap anak disesuaikan dengan prinsip pembelajaran anak berkebutuhan khusus.

Maka berkenaan dengan layanan tersebut, terdapat beberapa bentuk kegiatan spesifik yang dapat dilaksanakan guru dalam kaitan penerapan bimbingan di kelas, antara lain sebagai berikut:

  • Guru membuka kegiatan belajar mengajar dengan upaya melakukan penyesuaian diriterhadap pribadi anak.
  • Dalam proses pembelajaran, guru memperlakukan anak secara hangat, lembut, ramah, tenang, dan tidak menegangkan di kelas.
  • Guru menghargai martabat anak sebagai anak berkebutuhan khusus dengan cara tidakmemperlakukan siswa secara kasar, tidak menekan perasaan anak dengan kata-kata kasar.
  • Guru memberikan perhatian terhadap pribadi anak agar bisa mengembangkan diri untuk mencapai optimalisasi diri dengan memberikan bantuan kepada anak yang mengalami kesulitan belajar, menegerjakan tugas, mengurus dan merawat diri sendiri, menyesuaikan diri, dan komunikasi sosial.
  • Guru menanamkan kesadaran pada diri anak melalui pemberian pengarahan dan pengertianpengertian tentang berbagai perilaku negatif yang ditampilkannya dalam belajar.
  • Guru bersifat empatik, terbuka melayani keluhan anak, menerima dan memperlakukan secara wajar agar dapat mengembangkan diri sendiri untuk mencapai kemandirian.
  • Guru mendorong perkembangan pribadi dan sosial anak melalui pemberian rangsangan dan dukungan untuk meningkatkan aktivitas belajar, latihan, kemampuan sosial, serta menanamkan kepercayaan diri pada anak bahwa meskipun mengalami kekurangan tetapi mereka masih bisa berkembang.
  • Guru memahami pribadi anak yang mengalami kesulitan dalam hal-hal abstrak melalui penyajian berbagai aspek pembelajaran secara kongkrit atau membawa langsung anak pada situasi yang sesungguhnya.
  • Guru menyajikan informasi tentang aspek-aspek yang berhubungan dengan pemahaman anak tentang nilai-nilai kehidupan sosial, kemampuan kerja, kemampuan mengendalikan diri, dan pengembangan pribadi anak menjadi individu yang dewasa untuk mendapatkan penerimaan dan pengakuan dari masyarakat. (mfs)

Segera daftarkan diri Anda dalam Seminar Nasional gratis “Upaya Guru dalam Pendampingan Ujian Siswa” yang diselenggarakan pada tanggal 17 Mei 2022, pada pukul 13.30 WIB melalui Zoom Meeting dan siaran langsung YouTube.

Klik disini untuk mendaftar
Unduh undangan seminar nasional

Daftar juga untuk peserta VIP dengan berbagai fasilitas dan bonus e-book “Kumpulan Ice Breaking Penyemangat Ujian” eksklusif untuk seluruh peserta VIP.

Klik disini untuk mendaftar sebagai peserta VIP

Berita Terkait

CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024
Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru
Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024
Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025
Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024, Lengkap!
Terbaru, Terbit Surat Edaran Kemendikbud Ristek Untuk Calon Peserta PPG Daljab 2024, Cek Segera!
Daftar PPG Daljab 2024 Tidak Perlu NUPTK Tapi Wajib Punya SKCK, Begini Cara Mengurusnya
Persiapan PPG Daljab 2024: Login, Cek Undangan, dan Daftar Akun di SIMPKB
Berita ini 14 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:23 WIB

CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:35 WIB

Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:58 WIB

Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:30 WIB

Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:26 WIB

Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024, Lengkap!

Senin, 10 Juni 2024 - 15:35 WIB

Daftar PPG Daljab 2024 Tidak Perlu NUPTK Tapi Wajib Punya SKCK, Begini Cara Mengurusnya

Senin, 10 Juni 2024 - 12:55 WIB

Persiapan PPG Daljab 2024: Login, Cek Undangan, dan Daftar Akun di SIMPKB

Senin, 10 Juni 2024 - 11:12 WIB

Siap-Siap! Bocoran Jadwal Pendaftaran PPG Daljab 2024 Dibuka Bulan Juli?

Berita Terbaru